5 Cara Membuat Masker Semangka dan Manfaatnya

Kezia Prasetya Christvidya18 Feb 2021, 15:35 WIB
Diperbarui 18 Feb 2021, 15:35 WIB
masker-kezo

Fimela.com, Jakarta Semangka adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kecantikan. Selain dapat dinikmati buahnya, semangka juga bisa diolah menjadi masker wajah.

Buah semangka memiliki kandungan yang kaya akan likopen, potasiu, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan antioksidan, yang bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Mulai dari jerawat, alergi hingga rusaknya lapisan kulit, dapat disembuhkan dengan masker alami yang terbuat dari semangkat. Berikut cara membuat masker semangka dan manfaatnya, dilansir dari Brilio.net:

Manfaat Semangka untuk Kulit

ilustrasi semangka/Lisa Fotios/pexels
ilustrasi semangka/Lisa Fotios/pexels

Semangka adalah buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan, yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Kandungan di dalam semangka, mampu menghidrasi dan menutrisi kulit wajah yang kering dan kusam, akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

Selain baik untuk dikonsumsi setiap hari, buah semangka dapat diolah menjadi masker wajah, yang bisa membantu mencerahkan wajah, mencegah hiperpigmentasi kulit, menghilangkan kerutan serta membuat kulit wajah menjadi lebih lembap.

Masker buah semangka juga memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan jerawat, menenangkan kulit wajah yang meradang, menghilangkan bekas jerawat, mengontrol produksi minyak di kulit dan menghilangkan mata panda.

Cara Membuat Masker Semangka

ilustrasi semangka/Damir Mijailovic/pexels
ilustrasi semangka/Damir Mijailovic/pexels

1. Semangka dan Madu

Perpaduan semangka dan madu, bisa membantu melembapkan kulit yang kering dan mencegah penuaan dini pada kulit. Cara membuat masker ini cukup mudah, yaitu dengan mencampur 2 sdt jus semangka dan satu sendok madu. Aduk merata kedua bahan tersebut, lalu aplikasikan ke kulit dan biarkan selama sekitar 20 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya.

2. Semangka dan Susu

Masker semangka yang dicampur dengan susu, bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Cara membuatnya, blender semangka dengan susu secukupnya hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

3. Semangka dan Yogurt

Semangka yang dihaluskan dengan yogurt, sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah dan menghilangkan keriput di wajah. Masker ini dibuat dengan cara menghaluskan semangka dan yogurt, lalu aplikasikan masker ke wajah selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Cara Membuat Masker Semangka yang Selanjutnya

ilustrasi semangka/jeshoots/pexels
ilustrasi semangka/jeshoots/pexels

4. Semangka dan Lemon

Lemon adalah buah yang memiliki kandungan asam citrus, yang dipercaya bisa menyembuhkan jerawat yang membandel. Sedangkan semangka bisa membantu menenangkan peradangan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Cara membuat masker ini, cukup campurkan semangka, air perasan lemon dan dicampur sedikit madu, lalu aplikasikan di kulit wajah selama 30 menit.

5. Semangka dan Mentimun

Mencampurkan semangka dan mentimun, memiliki manfaat untuk menghidrasi kulit wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Cara membuat masker ini dengan haluskan semangka dan mentimun, kemudian aplikasikan di wajah dan diamkan selama 30menit, lalu bilas dengan air dingin.

Lanjutkan Membaca ↓