3 Cara Menghilangkan Garis Pembuluh Darah di Wajah

Kezia Prasetya Christvidya19 Feb 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 19 Feb 2021, 07:15 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Garis pembuluh darah atau yang sering disebut dengan spider veins, sering muncul di area wajah dan sangat mengganggu penampilan. Tetapi garis pembuluh darah ini juga bisa muncul di area tangan, kaki dan bagian tubuh yang lainnya.

Spider veins memiliki nama medis Telangiectasia, adalah pembuluh darah yang pecah atau membengkak, yang timbul di bawah lapisan kulit dan membentuk seperti jaring laba-laba.

Kondisi ini disebabkan karena faktor keturunan, terlalu sering terpapar sinar matahari, rosacea, kulit yang terkena alergi, cedera, kehamilan dan lain sebagainya.

Sebenarnya kondisi ini tidak terlalu membahayakan, dan dapat ditutupi dengan foundation atau concelear. Tetapi kondisi ini bisa membuat kepercayaan diri menurun, sehingga membutuhkan beberapa perawatan yang bisa memudarkan atau menghilangkannya. Berikut cara menghilangkan spider veins, dilansir dari berbagai sumber:

1. Menghilangkan dengan Medical Treatment

ilustrasi spider veins/Roman Samborskyi/shutterstock
ilustrasi spider veins/Roman Samborskyi/shutterstock

Medical treatment adalah perawatan kulit yang dilakukan oleh dokter. Proses medical treatment ini harus dilakukan dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit, kemudian melakukan perawatan dengan alat yang bisa menyentuh langsung pembuluh darah tersebut. Berikut caranya:

Laser

Medical treatment untuk menghilangkan spider veins, dapat dilakukan dengan cara menggunakan laser. Laser ini dapat menembus lapisan kulit, lalu memperbaiki jaringan pembuluh darah yang pecah. Proses ini dapat membantu menghilangkan spider veins, namun membutuhkan waktu untuk menyempurnakan kulit wajah. Sehingga proses laser harus dilakukan beberapa kali.

Intense Pull Light

Intense Pull Light atau IPL, adalah perawatan yang menggunakan sinar atau cahaya, yang dapat menembus lapisan kulit tanpa merusak lapisan atas kulit. Sebenarnya perawatan IPL ini hampir sama dengan laser. Tetapi bedanya, IPL dapat memperbaiki lapisan kulit menyeluruh, tidak hanya fokus pada satu titik saja.

2. Menghilangkan dengan Skincare

ilustrasi spider veins/kimberrywood/shutterstock
ilustrasi spider veins/kimberrywood/shutterstock

Tentu saja selain melakukan medical treatment, kulit wajah yang memiliki masalah seperti spider veins ini, harus dirawat menggunakan skincare yang tepat, seperti skincare yang memiliki kandungan retinol atau retinoid, yang merupakan turunan dari vitamin A.

Kandungan bahan aktif tersebut, mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit, memperbaiki jaringan kulit yang rusak, memudarkan spider veins, meregenerasi kulit dan menghilangkan peradangan akibat pembengkakan pembuluh darah.

Produk skincare yang memiliki kandungan retinol ini, dapat digunakan pada malam hari saja atau sesuai dengan anjuran dokter kulit. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari, jika malamnya menggunakan retinol.

3. Cara Mencegah

ilustrasi spider veins/ Rido/pexels
ilustrasi spider veins/ Rido/pexels

Selain melakukan upaya untuk menghilangkan spider veins di kulit wajah, Sahabat Fimela harus melakukan upaya pencegahan dengan merawat wajah, agar kulit wajah terhindar dari masalah kulit.

Kamu bisa menggunakan facial wash yang memiliki tekstur gentle, untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan atau iritasi. Hindari menggunakan facial wash yang mengandung scrub.

Kemudian pertahankan kelembapan kulit wajah, dengan menggunakan pelembap yang mengandung vitamin dan antioksidan. Jangan lupa gunakan sunscreen minimal SPF 30 PA+++, untuk melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

Untuk pencegahan, kamu juga bisa melakukan gaya hidup sehat, dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, serta mengonsumsi air putih dengan cukup.

Lanjutkan Membaca ↓