9 Urutan Skincare Malam ala Korea agar Kulit Cerah dan Sehat

Kezia Prasetya Christvidya25 Feb 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 10:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Urutan skincare ala Korea Selatan memang selalu menjadi tren, karena dengan melalukan perawatan ala Korea Selatan, kita bisa mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

Walaupun urutan skincare ala Korea Selatan ini terkesan sangat panjang, tetapi banyak perempuan yang melakukan tahapan tersebut, demi mendapatkan kulit yang cerah dan sehat seperti orang Korea Selatan.

Tak hanya mengikuti urutan penggunaan skincare saja, ada beberapa kebiasaan ala perempuan Korea Selatan yang harus diikuti, untuk merawat kulit wajah. Berikut urutan skincare malam ala Korea Selatan, yang bisa kamu coba.

Urutan Skincare Malam Ala Korea

skincare-kezo
ilustrasi skincare/aslysun/shutterstock

1. Micellar Water atau Cleansing Oil

Setiap malam hari, perempuan Korea Selatan selalu melakukan teknik double cleansing untuk membersihkan wajah. Sebelum menggunakan sabun wajah, gunakan micellar water atau cleansing oil untuk mengangkat makeup, debu dan kotoran yang menempel di wajah.

2. Facial Wash

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil, kamu bisa melanjutkan mencuci wajah dengan facial wash, yang memiliki tekstur foam atau water based cleanser.

3. Toner

Penggunaan toner ala K-Beauty ini ada 2 tahapan, yaitu menggunakan toner yang berfungsi untuk mengeksfoliasi wajah, setelah itu diselingi dengan penggunaan hydrating toner, untuk melembapkan kulit wajah dan membuat kulit lebih sehat.

4. Essence

Sering disamakan, tetapi sebenarnya essence dan serum itu berbeda. Essence memiliki tekstur yang lebih cair daripada serum. Fungsi menggunakan eseence ini untuk membantu skincare lebih meresap ke dalam kulit, serta membantu membentuk lapisan dasar untuk melembapkan kulit. Agar wajah lebih cerah, gunakan essence dengan kandungan vitamin C.

5. Emulsion

Urutan setelah menggunakan essence adalah menggunakan emulsion. Skincare jenis emulsion ini merupakan light moisturizer, yang memiliki tekstur ringan, berwarna putih susu, sedikit kental dan fungsinya untuk melembapkan kulit dan membuat kulit tampak sehat.

Urutan Skincare Malam yang Selanjutnya

skincare-kezo
ilustrasi skincare/metamorworks/shutterstock

6. Ampoule atau Serum

Serum atau ampoule memiliki tekstur yang lebih ringan daripada pelembap. Fungsi serum ini di gunakan untuk membantu melembapkan, menghidrasi kulit, meremajakan kulit dan mencerahkan kulit wajah.

7. Sheetmask

Sheetmask adalah masker wajah yang praktis digunakan. Masker ini tidak perlu dibilas. Masker ini digunakan untuk mengunci semua skincare yang ada, serta menambah nutrisi untuk kulit agar lebih cerah dan sehat.

8. Eye Cream

Urutan yang selanjutnya adalah menggunakan eye creamSkincare ini diaplikasikan pada area mata, untuk membantu mencerahkan mata panda, mengurangi iritasi dan menghilangkan keriput di area mata.

9. Moisturizer

Urutan yang terakhir adalah menggunakan moisturizerMoisturizer memiliki fungsi untuk melembapkan kulit, mengontrol produksi minyak dan mengunci semua skincare di malam hari.

Kebiasaan Merawat Kulit Ala Korea

skincare-kezo
ilustrasi skincare/arina shilyaeva/pexels

Selain melakukan urutan penggunaan skincare yang lumayan panjang, perempuan Korea Selatan juga melakukan beberapa kebiasaan, yang bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Berikut kebiasaannya yang bisa kamu ikuti:

1. 10 Detik Mengaplikasikan Pelembap

Teknik mengaplikasikan pelembap ke wajah ala Korea Selatan, yaitu dengan mengaplikasikan pelembap selama 10 detik, agar kandungan di dalam pelembap lebih cepat meresap ke kulit.

2. Memijat Wajah

Kemudian ada kebiasaan saat mengaplikasikan skincare ke wajah, yaitu dengan memijat wajah dengan gerakan memutar, untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam wajah.

3. Menampar Wajah

Kebiasaan yang cukup unik, tetapi menampar wajah atau menepuk wajah sebanyak 50kali, dipercaya bisa membantuk melancarkan sirkulasi darah dan membuat skincare lebih cepat meresap ke dalam kulit. Sehingga kulit wajah terlihat cerah dan sehat.

4. Menggunakan Air Besar

Agar wajah terlihat lebih cerah dan sehat, kebiasaan mencuci wajah dengan air besar juga bisa kamu lakukan saat di rumah. Karena air besar dipercaya bisa membantu mencerahkan dan mencegah proses penuaan dini pada kulit.

Lanjutkan Membaca ↓