Cara Memilih Skincare yang Tepat Sesuai Tipe Kulit, Menurut Dermatologis

Fimela Editor25 Mar 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 25 Mar 2021, 18:30 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang sehat dan terawat merupakan impian setiap para perempuan. Untuk mewujudkannya, bahkan banyak orang yang rela membeli produk skincare yang mahal.

Tak sedikit pula orang yang hanya sekedar mengikuti tren, terutama di era influencer kecantikan. Padahal, belum tentu produk yang direkomendasikan mereka cocok untuk kulit Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh dokter kulit, Jennifer David, MD, "Apa yang berhasil untuk mereka mungkin tidak berhasil untuk Anda." jelasnya. Lalu, bagaimana cara memilih skincare yang tepat untuk kulit?

Menurut ahli kulit kosmetik Michele Green, MD, faktor terpenting dalam menentukan produk skincare yang cocok untuk kulit adalah dengan mengenali tipe kulit masing-masing. Sebab, skincare yang tidak sesuai dengan tipe kulit, justru bisa menimbulkan masalah baru pada kulit.

“Tidak ada produk yang buruk, tetapi terkadang orang dengan jenis kulit berbeda menggunakan produk yang salah untuk jenis kulit mereka,” kata Green.

Berikut ini Green telah merekomendasikan kandungan skincare yang cocok untuk masing-masing tipe kulit. Baik itu untuk kulit sensitif, berminyak, kombinasi, hingga kering. Dengan kandungan ini, dapat dipastikan Anda bisa terhindar dari bencana kulit reaktif saat mencoba produk di masa mendatang.

Memlih sesuai jenis kulit

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Tipe kulit berminyak

Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, Green menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung asam alfa hidroksi (asam glikolat atau asam salisilat), benzoyl peroxide, dan asam hialuronat.

Menurutnya, ketiga bahan ini efektif mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga Anda terhindar dari masalah kulit seperti bruntusan dan jerawat.“Bahan-bahan ini efektif untuk mengontrol produksi sebum berlebih sementara asam hialuronat akan menghasilkan hidrasi hanya di area yang dibutuhkan,” ujar Green.

Tipe kulit kering

Untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering, produk dengan kandungan shea butter dan lactic acid direkomendasikan oleh Green karena dapat menghidrasi kulit sehingga tampak lebih sehat dan bercahaya.

“Bahan-bahan ini memberikan hidrasi dan pengelupasan ringan untuk menjaga kulit kering tampak bercahaya,” kata Green.

Memlih sesuai jenis kulit

Kecantikan
Tips memilih skincare yang tepat

Tipe kulit sensitif

Anda yang memiliki tipe kulit sensitif, Green menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung aloe vera, oatmeal, dan shea butter. “Mereka pelembab yang baik dan biasanya tidak merusak siapa pun.” jelasnya.

Sedangkan kandungan yang harus dihindari adalah skincare yang mengandung bahan tambahan seperti wewangian atau parfum. Sebab, bahan tersebut memiliki prevalensi tinggi sehingga bisa menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit sensitif.

Tipe kulit kombinasi

Sementara untuk Anda yang memiliki tipe kulit kombinasi, khususnya berminyak di area T-zone dan kekeringan di pipi, Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York, menyarankan untuk memilih produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat, asam salisilat, asam laktat, emolien, dan antioksidan.

"Kandungan perawatan kulit tersebut bersifat melembabkan tanpa meningkatkan sifat berminyak," tutur Zeichner, kepada Healthline.

Memeriksa daftar bahan merupakan cara terbaik untuk memastikan produk skincare bekerja dengan baik di kulitmu. Tidak peduli berapa banyak ulasan positif atau bintang yang dimiliki produk secara online, selalu pertimbangkan memilih produk sesuai dengan tipe kulit.

Penulis: Hilda Irach

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓