#ProtectFromSunSpots, Yuk Tangkal Penuaan Dini dengan 5 Langkah Ini

Iwan Tantomi13 Mar 2021, 00:01 WIB
Diperbarui 13 Mar 2021, 00:01 WIB
#ProtectFromSunSpots, Yuk Tangkal Penuaan Dini dengan 5 Langkah Ini

Fimela.com, Jakarta Hari-hari memang lebih banyak dihabiskan di rumah belakangan ini akibat pandemi. Namun, bukan artinya di rumah terus-terusan, kan? Buat kamu yang perlu bekerja di luar rumah misalnya, tentu harus rela berpanas-panasan juga. Padahal sinar matahari ini, nggak hanya bikin gerah, radiasi sinar ultraviolet (UV) bisa memicu terjadinya penuaan dini. Hal ini biasa ditandai dengan munculnya sunspots, dark spots, kerutan dan kulit kusam.

Selain itu, efek buruk sinar matahari ini masih dapat dirasakan, walaupun kamu nggak banyak melakukan aktivitas outdoor. Sebab, sinar UVA dapat menembus kaca, sehingga tetap memerlukan perlindungan indoor meski nggak pergi ke mana-mana. Walaupun nggak merasa kepanasan, sinar UV tetap dapat merusak kulit.

Itulah kenapa penting banget buatmu untuk #ProtectFromSunSpots agar bisa terhindar dari penuaan dini. Yuk, lakukan dengan beberapa langkah ini.

Hindari Pakaian Warna Gelap

Hindari Pakaian Warna Gelap
credit via shutterstock

Ketika kamu beraktivitas di luar ruangan saat siang hari, jangan sekadar memilih pakaian yang nyaman dan stylish. Akan lebih baik jika kamu menghindari outfit berwarna gelap. Pakaian jenis ini lebih mudah menyerap panas, sehingga sinar matahari yang terserap jauh lebih besar. Gunakan saja pakaian berbahan katun atau linen, serta berwarna terang. Selain bisa menyerap keringat, juga bisa memantulkan sinar matahari.

Asupan Nutrisi Tubuh Nggak Kalah Penting

Asupan Nutrisi Tubuh Nggak Kalah Penting
credit via shutterstock

Pola diet sehari-hari nggak hanya bisa memberikan nutrisi untuk tubuh, tapi juga menjadi asupan penting untuk kulit yang sehat dan glowing. Bahkan, ada juga superfood yang dapat memaksimalkan perlindungan diri dari sinar UV, lho. Misalnya saja tuna yang mengandung Omega 3 untuk menjaga kulit cerah dan glowing alami. Selain itu, tuna juga mengandung vitamin B3 yang dapat meningkatkan level ketahanan kulit dari sinar UV yang mencegah tanda penuaan dini.

Selain tuna, tomat juga superfood yang dapat memaksimalkan kulit untuk menangkal radiasi sinar UV. Kandungan lycopene di dalamnya membantu menghambat kerusakan sel akibat sinar UV. Tomat juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang dapat membuat kulit terlihat glowing, sehat, dan terhindar dari risiko penuaan dini.

Bahan makanan lain yang juga dikenal dapat melindungi kulit dari sinar UV serta mencegah penuaan dini adalah dark chocolate. Kandungan polyphenols di dalamnya dapat meningkatkan perlindungan kulit secara alami dari sinar UV yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

 

Terapkan Gaya Hidup Seimbang

Terapkan Gaya Hidup Seimbang
credit via shutterstock

Sesibuk apapun aktivitas apapun yang dilakukan, work & life balance selalu diperlukan untuk menangkal berbagai gangguan yang bisa menyerang tubuh, nggak terkecuali efek sinar UV dan penuaan dini. Dengan istirahat yang cukup di malam hari, tubuh bisa melakukan regenerasi sel dengan lebih optimal. Kerutan halus yang muncul sebagai tanda sel kulit mengalami kerusakan akan tergantikan oleh sel baru yang lebih sehat, kenyal, dan cerah.

Selain itu, olahraga secara rutin juga membantu mencegah tanda penuaan dini yang bisa muncul akibat radiasi sinar matahari, lho. Menurut penelitian yang dilakukan McMaster University, Ontario, Kanada, menunjukkan bahwa olahraga secara rutin dapat menjaga kulit tetap elastis dan glowing. Olahraga juga dapat membentuk kekebalan tubuh yang menghambat proses penuaan dini akibat paparan sinar UV saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Jangan Lupa Konsumsi Air Putih

Jangan Lupa Konsumsi Air Putih
credit via shutterstock

Saat kamu beraktivitas di luar, apalagi di tengah cuaca yang terik, tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih. Ada banyak sekali manfaatnya yang bisa kamu dapatkan bagi kesehatan.

Salah satunya dapat membantu mengeluarkan beragam racun dalam tubuh, yang bisa mempercepat penuaan dini. Selain itu, cukup minum air putih juga dapat memperbaiki sel-sel kulit, serta dapat menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, sehingga bisa membebaskanmu dari tanda-tanda penuaan.

Wajib Banget Pakai Sunscreen

Wajib Banget Pakai Sunscreen
credit via shutterstock

Sebagai penyempurna dari rangkaian langkah ini, kamu wajib banget menggunakan sunscreen. Pastikan sunscreen yang kamu pakai benar-benar bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB yang dapat menyebabkan terjadi tanda-tanda penuaan dini. Nggak perlu bingung, kamu bisa mengandalkan produk Biore UV Aqua Rich. Produk sunscreen game-changer terpercaya ini dibuat dengan micro defense technology yang dapat melindungi kulit tanpa celah.

Biore UV Aqua Rich juga mengandung Watery Essence yang membuatnya nggak mudah lengket dan ringan seperti air, sehingga nyaman dan mudah diratakan. Kandungan Beauty Essence di dalamnya juga mampu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, Biore UV Aqua Rich juga nggak menyebabkan white-cast serta mampu menghidrasi kulit, agar tetap terjaga kelembapannya.

#ProtectFromSunSpots, Yuk Tangkal Penuaan Dini dengan 5 Langkah Ini
credit: BIORE

Bukan itu saja, Biore UV Aqua Rich juga mengandung SPF 50+ yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV B yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Kandungan PA++++ di dalamnya juga melindungi dari efek negatif UV A yang dapat mengurangi elastisitas kulit.

Lebih lanjut, Biore UV Aqua Rich juga mengandung water capsule yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembap. Di dalamnya juga terkandung Hyaluronic Acid, Royal Jelly Extract dan BG Combination yang juga mampu melembapkan kulit. Produk ini telah lulus uji ketahanan air, bebas pewarna, memiliki kandungan yang mencegah jerawat berdasarkan non-comedogenic test, serta telah lulus uji alergi.

Adapun cara penggunaannya, nggak ribet kok. Gunakan sunscreen Biore UV Aqua Rich 20 menit sebelum beraktivitas dalam jumlah yang cukup. Jangan lupa untuk melakukan re-apply setiap 2 jam agar hasilnya lebih maksimal. Kabar baiknya, kamu nggak harus panas-panasan untuk mendapatkan produknya, karena kamu bisa membelinya secara online di toko resminya dengan klik di sini. #ProtectFromSunSpot, yuk tangkal penuaan diri dari sekarang!

Lanjutkan Membaca ↓