6 Perawatan Rambut Kering yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Karla Farhana01 Apr 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 11:30 WIB
perawatan rambut

Fimela.com, Jakarta Masalah rambut kering memang menjadi masalah hampir semua orang. Dilansir dari Medical News Today, rambut kering tidak disebabkan karena batang rambut tidak menyerap atau menyimpan kelembapan yang cukup. Sehingga, rambut tidak hanya menjadi kering tetapi juga kusam dan kehilangan kilaunya. 

Penyebab rambut kering jug bisa karena: 

  • kekurangan nutrisi
  • terlalu banyak terpapar cahaya matahari
  • terkena air berklorin
  • terlalu sering keramas
  • penggunaan heat styling tools
  • dan, penggunaan produk styling yang mengandung bahan-bahan yang kasar bagi rambut.

Namun, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir. Karena, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengembalikan kelembapan rambut. Bahkan, kamu tidak perlu pergi ke salon untuk melakukan perawatan. Lantas, bagaimana caranya? 

1. Hot Oil Treatment

Cara pertama mengatasi rambut kering adalah dengan mengaplikasikan minyak alami yang sudah kamu panaskan terlebih dahulu ke kulit kepala dan rambut 2 jam sebelum keramas. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, kelapa, urang-aring, kemiri, dan lain sebagainya. 

2. Gunakan Haircare untuk Rambut Kering

perawatan rambut
perawatan rambut kering | pexels.com/@cottonbro

Kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis produk haircare yang khusus diperutuntukkan bagi rambut kering dan kusam. Biasanya, produk-produk ini diperkaya akan bahan-bahan yang melembapkan seperti cetearyl alcohol, minyak zaitun, aloevera, atau juga shea butter. 

3. Masker Santan

Pernahkah terpikir olehmu kalau santan yang bikin masakan lezat juga bisa menutrisi rambut? Caranya sangat mudah! Gunakan santan sebagai masker rambut dan diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas dan keramas seperti biasa. \

4. Masker Buah

Selain santan, kamu juga bisa membuat masker rambut dari buah-buahan. Seperti pisang dan juga avokad. Kedua buah ini mampu mengembalikan kelembapan yang dibutuhkan rambut keringmu. 

5. Makan Makanan Sehat

Kesehatan rambut tidak hanya bergantung pada haircare. Tapi, juga pemenuhan nutrisi yang seimbang. Makan makanan yang sehat dan mengandung protein serta omega sangat disarankan. Seperti salmon, makarel, sarden, dan juga tuna. 

6. Omega-3

Jika kamu tidak suka makan makanan laut, kamu bisa mendapatkan vitamin omega-3 dengan mengonsumsi supplement. Sehingga, nutrisi tubuh dan juga batang rambut tetap terpenuhi dengan baik. 

Bagaimana, mudah bukan? Mengatasi rambut kering tidak sulit. Tapi, kamu harus melakukan perawatan di atas secara rutin, ya!

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓