6 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang tanpa Dipotong

Annissa Wulan17 Apr 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 17 Apr 2021, 16:00 WIB
6 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang tanpa Dipotong

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai faktor fisik dan kimia, baik lingkungan, maupun produk yang digunakan, dapat menyebabkan kerusakan progresif pada kutikula yang biasanya melindungi rambut. Saat ini hilang di ujung rambut, serat di bawahnya akan terpisah.

Alasan bercabang terjadi di ujung rambut adalah karena rambut paling tua ada di sana. Kamu bisa mengalami kerusakan fisik dan kimiawi pada rambut, serta mengetahui perbedaan antara keduanya untuk bisa menemukan cara terbaik mengatasi rambut bercabang.

Kerusakan fisik bisa berasal dari menyikat atau menyisir rambut, sering menggunakan alat panas, seperti pengeriting atau pelurus rambut, elastis rambut, dan gaya rambut ketat seperti kepang. Sedangkan kerusakan kimiawi berasal dari pewarnaan rambut, perawatan relaksasi atau pengeritingan, bahkan perawatan keratin, seperti dilansir dari goodhousekeeping.com.

Cara memperbaiki ujung rambut bercabang

Sebenarnya tidak ada cara untuk memperbaiki rambut yang sepenuhnya telah rusak. Satu-satunya solusi nyata untuk rambut bercabang adalah dengan memotongnya.

Namun, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut bercabang. Penasaran?

1. Jangan menyikat atau menyisir rambut basah

Rambut basah sangat rentan terhadap kerusakan. Air membuat batang rambut bengkak dan renggang, menyebabkan lapisan luar terangkat.

Menambah stres pada rambut dengan menyikat atau menyisirnya dapat menyebabkan kerusakan. Jika kamu harus menyisir rambut setelah mandi, coba keringkan terlebih dahulu menggunakan handuk sampai tidak ada air yang menetes, lalu aplikasikan kondisioner tanpa bilas ke seluruh rambut.

2. Bersikap lembut pada helai rambut

Jangan menarik helai rambut saat menatanya atau menyisir. Mulailah dari ujung dan lanjutkan ke atas rambut dalam beberapa bagian kecil.

Jangan pernah menggunakan karet gelang atau aksesori rambut berbahan logam yang dapat menarik dan merusak rambut. Sebaliknya, carilah aksesori yang terbungkus kain, dan hindari kepang atau kuncir kuda yang ketat, jika bisa untuk mencegah rambut bercabang.

 

 

3. Kecilkan suhu alat penata rambut

6 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang tanpa Dipotong
Simak di sini beberapa cara menghilangkan rambut bercabang, tanpa harus memotongnya.

Panas dapat menyebabkan kerusakan besar pada untaian rambut, terutama jika kamu tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Rambut benar-benar kering sebelum menggunakan alat penata rambut, karena iar yang terperangkap di dalam helai rambut dapat memanas dan mengembang, menyebabkan kerusakan ekstra.

Aplikasikan produk pelindung panas ke seluruh rambut sebelum menggunakan alat panas. Saat kamu menggunakan alat panas apapun, setel panas serendah mungkin untuk mengurangi kerusakan.

4. Mencegah pewarnaan rambut

Bahan kimia dapat menyebabkan kerusakan parah jika tidak diterapkan dengan benar. Pastikan kamu mengaplikasikan warna hanya pada akar saat kamu melakukan retouch agar ujung tidak terkena terlalu banyak bahan kimia.

5. Berinvestasi pada sarung bantal sutra

6 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang tanpa Dipotong
Simak di sini beberapa cara menghilangkan rambut bercabang, tanpa harus memotongnya.

Tidur di atas sarung bantal sutra atau menggunakan topi rambut sutra dapat membantu mengurangi gesekan yang menyebabkan kerusakan rambut dan mengurangi kehalusan. Kain satin akan membuat rambut terlihat sehat, berkilau, dan bebas dari kerusakan lebih lama.

6. Menggunakan kondisioner

Mengondisikan rambut adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membantu menghilangkan ujung rambut bercabang. Saat kamu memiliki ujung bercabang, rambut membutuhkan lebih banyak hidrasi daripada sebelumnya. Kondisioner melapisi rambut basah sehingga lebih mudah diurai, yang dapat mengurangi kerusakan, membuatnya lebih lembut dan lebih mudah diatur. Selamat mencoba!

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓