Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Sepele Bisa Membuat Kulitmu Kusam

Fimela.com, Jakarta Semua orang menginginkan kulit bersih dan bercahaya, tetapi menggunakan produk terbaik saja tidak cukup. Rutinitas harianmu juga perlu diperhatikan, sebab terdapat beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bisa membuat memperburuk kondisi kulit, termasuk kulit kusam.

"Percaya atau tidak, banyak hal yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari memang memengaruhi kulit Anda," kata Kontributor RealSelf Dr. Joel Schlessinger.

Membangun kebiasaan perawatan kulit yang baik dapat menghasilkan kulit yang lebih sehat. Mempraktikkan kebiasaan yang berkontribusi pada gaya hidup sehat juga dapat memberikan keajaiban bagi kulitmu.

Untuk itu, berikut ini 5 kebiasaan sepele yang harus kamu hindari agar kulit bebas kusam dan bercahaya.

1. Jarang mencuci kuas makeup

Kebiasaan tidak membersihkan alat makeup bisa bikin kulit kusam. Menggunakan kuas makeup yang sudah kotor nyatanya bisa merusak kulit. Sebab, ada tumpukan kotoran dan sisa makeup pada kuas yang sudah berkali-kali digunakan.

Semakin lama, tumpukan sisa makeup itu bisa memicu bersarangnya kuman dan bakteri. Sehingga saat digunakan, bakteri di kuas bisa berpindah dan memicu berbagai permasalahan kulit, termasuk kulit kusam.

Karenanya, cucilah kuas makeup secara rutin. "Pastikan untuk mencucinya dengan sampo bayi setiap minggu dan biarkan mengering dengan sendirinya." Kata dokter kulit Debra Jaliman, dikutip Bustle. 

 

2. Sering begadang

Kebiasaan sepele berikutnya  adalah sering begadang atau kurang tidur. Apabila jam tidur tergganggu, maka hal ini bisa menyebabkan pergantian sel-sel kulit menjadi terhambat.

Jika demikian, maka kulit akan tampak lebih kusam karena sel-sel kulit yang seharusnya berganti tidak tergantikan akibat kurang tidur. Untuk itu, hindari kebiasaan ini ya, Sahabat Fimela.

“Cobalah untuk tidur tujuh sampai delapan jam per malam. Kulitmu meremajakan dirinya sendiri dan memperbaiki dirinya sendiri saat kamu tidur. Itulah yang membuat kulit bersinar." saran Jaliman.

 3. Mandi air panas dalam waktu yang lama

Mandi air panas memang terasa menyenangkan, tetapi faktanya hal ini tidak ideal untuk kulitmu. “Mandi air panas yang lama juga akan membuat kulit Anda kusam karena akan mengeringkan lapisan terluar kulit kamu,” kata Jaliman.

Karena itu, cobalah mandi sesingkat mungkin dan gunakan air yang paling dingin. Melansir dari Healthline, menurut penelitian mandi dengan air dingin dapat memperlancar aliran darah. Pada gilirannya, peningkatan aliran darah memberi kulit perlindungan yang lebih baik dari radikal bebas, seperti polusi, dan dapat membuat kulit Anda bersinar lebih sehat.

4. Kurang asupan air putih

Kulit yang dehidrasi lebih rentan menjadi kering sehingga tampak lebih kusam. Meskipun sudah menggunakan rangkaian perawatan kulit untuk menjaga kulit terhidrasi, ini tetap tidak akan mempengaruhi tingkat kelembapan kulitmu. 

Oleh sebab itu, asupan air putih bagi tubuh adalah hal penting untuk diperhatikan. “Minum banyak air akan membuat kulit Anda bersinar sehat." Kata Schlessinger.

5. Terlalu sering mencuci wajah

Dokter kulit, Fayne Frey mengungkapkan bahwa terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kekeringan dan kusam. "Menggosok dan mengelupas kulit secara ekstensif bisa membuat kulit kusam." katanya. 

Sebagai gantinya, gunakanlah pembersih non-sabun, dan hindar mengeksfoliasi lebih dari sekali seminggu.

Penulis: Hilda Irach

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading