3 Tips Memilih Makeup Foundation untuk Kulit Kombinasi

Fimela Editor09 Mei 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 15:00 WIB
Tips Memilih Makeup Foundation untuk Kulit Kombinasi

Fimela.com, Jakarta Jika kamu memiliki kulit kombinasi maka mungkin perlu menyiasati beberapa hal saat akan menentukan pilihan makeup foundation, agar hasil riasan tidak terlihat belang. Memiliki beberapa bagian wajah yang berminyak sementara bagian lainnya kering memang sulit, tetapi bukan tidak mungkin untuk mewujudkan riasan makeup yang terlihat prima.

Masalah utama di sini adalah bahwa beberapa area berminyak dan beberapa kering, oleh karena itu diperlukan jenis alas bedak dan riasan dasar yang mungkin berbeda untuk kedua area ini.

Biasanya bagian yang berminyak berada di sekitar zona-t, sedangkan pipi serta dagu adalah bagian yang lebih kering atau normal. Jadi ketika kamu memiliki kulit kombinasi, perhatian terbesar adalah mengelola produksi minyak di zona-T tanpa mengiritasi atau mengeringkan pipi dan dagu.

Dilansir dari Futsany.com, yuk kita simak beberapa tips makeup untuk kulit kombinasi dan cara memilih produk makeup alas bedak yang tepat.

1. Tips untuk Memilih Foundation Bagi Jenis Kulit Kombinasi

Kamu mungkin ingin menggunakan makeup foundation yang berbahan dasar air atau bebas minyak. Produk dengan spesifikasi ini memiliki hasil akhir yang dapat memantulkan cahaya, begitu juga dengan foundation. Triknya adalah mencoba menemukan sesuatu yang tidak terlalu mengeringkan atau terlalu berminyak. Jadi hindari alas bedak yang terlalu matte sehingga tidak menempel pada tambalan kering. Kemudian, cari alas bedak yang tahan lama untuk meminimalkan produksi dan transfer minyak.

2. Rekomendasi Produk Foundation untuk Jenis Kulit Kombinasi

Ada beberapa produk makeup yang bisa dicoba. Seperti, Bare Minerals Original Loose Powder Mineral Foundation SPF 15, Shiseido Synchro Skin Self-Refreshing Foundation SPF 30, Estée Lauder Double Wear Stay-in-Place Foundation, dan Dior BACKSTAGE Face & Body Foundation.

 

3. Bagaimana cara mengaplikasikan Foundation untuk Jenis Kulit Kombinasi

Ilustrasi makeup
Ilustrasi makeup. Sumber foto: unsplash.com/Roberto Delgado Webb.
  • 1. Pastikan kamu melakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menghilangkan bercak kering dan kulit mati. Untuk menciptakan lebih banyak keseimbangan pada kulit, cobalah untuk tetap konsisten dengan rutinitas perawatan kulit harian. Seperti melembapkan dan membersihkan dua kali sehari.
  • 2. Gunakan toner yang sangat lembut atau micellar water saat mempersiapkan kulit sebelum mengaplikasian makeup. Hal ini dilakukan untuk memastikan kulit bersih dari penumpukan dan minyak berlebih.
  • 3. Pilih tekstur pelembap yang lebih ringan dan lekas menyerap untuk area dahi. Dengan cara ini kulit akan tetap lembap tanpa terlihat terlalu berminyak.
  • 4. Tambahkan makeup primer bebas minyak atau mattifying pada bagian atau zona-t yang berminyak. Kemudian gunakan primer yang menghidrasi di area di mana kamu mengalami kekeringan. 
  • 5. Konsentrasikan alas bedak yang lebih menghidrasi pada area kering dan gunakan alas bedak yang bebas minyak atau mattifying pada bagian yang berminyak. Pastikan kamu membaurkannya secara merata pada permukaan kulit.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Lanjutkan Membaca ↓