3 Manfaat Menggunakan Eye Cream yang Perlu Diketahui

Kezia Prasetya Christvidya04 Mei 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 10:35 WIB
eye cream-kezo

Fimela.com, Jakarta Ada banyak produk perawatan kulit yang wajib untuk digunakan. Salah satunya adalah eye cream, yang digunakan untuk merawat kulit di area mata.

Kulit di area mata memiliki lapisan yang tipis dan sensitif, sehingga harus dirawat menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Eye cream adalah skincare yang berperan penting untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini, yang dialami kulit di area mata.

Tapi sayangnya, sebagian orang masih melewatkan melakukan perawatan kulit di area mata, dan malah mengaplikasikan produk skincare lainnya di area mata, yang bisa menyebabkan iritasi. Yuk simak artikel berikut ini, dan pahami manfaat menggunakan eye cream, yang dilansir dari berbagai sumber:

Bedanya Eye Cream dan Pelembap

skincare-kezo
ilustrasi kulit area mata/SunKids/shutterstock

Kulit di area mata memiliki struktur kulit atau lapisan kulit yang tipis, sehingga area tersebut sangat mudah muncul tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan, serta banyaknya cairan di sekitar mata yang bisa membuat area bawah mata menjadi bengkak.

Maka dari itu, eye cream atau krim mata sangat penting digunakan untuk merawat kulit area mata. Krim mata memiliki formula yang khusus untuk merawat kerutan, mata bengkak, menyamarkan lingkaran hitam dan melembapkan kulit yang ada di area mata, dengan kandungan yang lebih banyak mengandung minyak yang bisa melembapkan kulit.

Sedangkan pelembap biasanya yang digunakan untuk merawat kulit wajah, hasilnya akan kurang optimal kalau digunakan untuk merawat masalah kulit yang ada di area mata. Pelembap biasa hanya bisa membuat kulit area mata menjadi lebih lembap saja.

Manfaat Menggunakan Eye Cream

ilustrasi kulit area mata/B-D-S Piotr Marcinski/shutterstock
ilustrasi kulit area mata/B-D-S Piotr Marcinski/shutterstock

Eye cream adalah produk yang khusus digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, yang dialami kulit di sekitar area mata. Berikut manfaat menggunakan eye cream:

1. Menghidrasi Kulit Area Mata

Manfaat menggunakan eye cream yang pertama, yaitu membantu menghidrasi kulit yang area mata yang kering. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan minyak alami di kulit akan berkurang, yang menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Maka kandungan yang ada di dalam eye cream, akan membantu meningkatkan produksi cairan di kulit, yang mencegah kulit menjadi dehidrasi.

 

2. Menghilangkan Keriput dan Garis Halus

Keriput dan garis halus merupakan tanda-tanda penuaan dini, yang sering dialami kulit di area mata. Hal ini disebabkan karena elastisitas kulit menurun, akibat produksi kolagen di dalam kulit yang berkurang. Biasanya eye cream memiliki kandungan retinol, peptida dan hyaluronic acid, yang bisa membantu menghilangkan keriput, meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki lapisan kulit yang rusak karena terpapar radikal bebas.

3. Mencerahkan Kulit Area Mata

Di dalam eye cream juga memiliki kandungan yang bisa membantu mencerahkan kulit di area mata. Kantong mata yang menggelap ini, disebabkan karena kurang tidur, peredaran darah kurang lancar, kelelahan dan sering terpapar sinar matahari.

Cara Menggunakan Eye Cream

ilustrasi kulit area mata/Tinatin/shutterstock
ilustrasi kulit area mata/Tinatin/shutterstock

Cara menggunakan eye cream yang benar, yaitu mengaplikasikan eye cream dengan tangan yang bersih, setelah mengaplikasikan toner ke seluruh wajah, termasuk kulit area mata.

Kemudian pilih eye cream yang memiliki kandungan, yang bisa digunakan untuk mengurangi masalah kulit area mata, seperti retinol, peptida, hyaluronic acid dan lain sebagainya. Usahakan untuk mengambil eye cream kira-kira sebesar biji kacang kedelai. Karena kalau terlalu banyak menggunakan eye cream, bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Saat mengaplikasikan eye cream, gunakan jari manis untuk menekan dan memijat area kelopak mata. Teknik ini bisa membuat eye cream lebih mudah di serap kulit dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Lanjutkan Membaca ↓