Berat Badan Tak Kunjung Turun? Bisa Jadi Kepribadianmu Penyebabnya!

Jessica Esther04 Mei 2015, 10:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2015, 10:00 WIB

Jakarta Diet, menjadi sebuah kata yang paling sering didengar belakangan ini. Beberapa pertanyaan seperti, “Kok, nggak makan?”, “hari ini makan siang di mana?”, semua berujung pada satu jawaban “nggak ah, saya lagi diet.” Tentu kamu pernah mengalaminya.

Namun, sudah berdiet cukup ketat, makan makanan berprotein tinggi, dan kaya akan vitamin tidak langsung membuatmu mencapai berat badan ideal. Yang lebih parah, berat badan bukannya turun melainkan angka timbangan selalu bergerak ke arah kanan. Ouch, what happens actually?

Coba cek, bisa jadi salah satu dari 5 kepribadian ini ada di dalam diri kamu.

Neuroticism

Seseorang yang punya kepribadian satu ini cenderung lebih mudah marah, merasa bersalah, gelisah, dan Depresi. Oleh karena itu, umumnya perempuan dengan neuroticism sifatnya tertutup dan lebih pemalu. Urusan makanan, neuroticism erat hubungannya dengan mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Kenapa? Hanya untuk menutupi rasa bersalahnya terhadap suatu hal. Bagi mereka, food is the best escape.

Conscientiousness

Kepribadian satu ini selalu menunjukkan sikap disiplin, dan tidak bisa melakukan sesuatu kalau tidak terencana. Mereka sangat suka melakukan hal yang melebihi ekspektasi orang lain. Saking disiplin dalam berdiet,  mereka nggak akan mau menyentuh makanan selain sayur dan buah-buahan. Eits, yang perlu kamu tahu, Fimelova. Sikap seperti itu malah mendorong kamu untuk ingin makan makanan lain saat ada kesempatan, dan dalam jumlah yang banyak.

Extraversion

Pernah dengar istilah extrovert? Kebalikan dari introvert, karakter extrovert umumnya sangat suka dunia sosial. Mereka adalah orang-orang yang supel dan suka berinteraksi dengan dunia luar. The ugly truth, kita cenderung makan lebih banyak di saat sedang berkumpul dengan teman-teman. Bukankah begitu? Begitu pula dengan kepribadian satu ini, karena tingkat sosialisasi yang cukup tinggi membuat extrovert jadi makan lebih banyak.

Agreeableness dan Openness

Dua kepribadian ini umumnya membuat seseorang ingin mencoba sesuatu yang baru dan merasakan pengalaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Agreeable dan openness juga suka dengan dunia kecantikan, tidak heran mereka sangat memperhatikan penampilan. Tapi sisi negatifnya, karena selalu penasaran dengan hal baru, membuat mereka ingin mencoba segala bentuk diet jika tidak berhasil dengan cara sebelumnya.