Sukses

Beauty

5 Penyebab Rambut Tipis Yang Sering Dialami Wanita

Punya rambut tebal dan lebat adalah kebanggaan bagi wanita. Banyak sekali wanita yang saat remaja punya rambut tebal dan indah, namun lama-lama menjadi tipis. Kenapa ya?

Wajar dong kalau wanita panik mendapati rambutnya semakin tipis. Jangan sampai rambut yang tipis itu menyebabkan kebotakan. Agar rambut Anda tetap tebal, lebat dan sehat, Anda harus tahu penyebab penipisan rambut. Dengan melakukan pencegahan, Anda bisa mengurangi risiko rambut tipis.

Genetik

Coba perhatikan rambut ayah atau ibu Anda, apakah salah satu atau keduanya punya masalah penipisan rambut? Jika iya, kemungkinan besar Anda akan mengalami hal yang sama. Mayoritas masalah penipisan rambut memang berasal dari genetika atau keturunan.

Anemia

Wanita lebih sering mengalami anemia, maka hal ini jugalah yang akan menyebabkan penipisan rambut. Pada masa kehamilan atau menyusui, wanita lebih berisiko anemia, tidak heran jika wanita hamil sering mengalami masalah rambut tipis. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau multivitamin untuk mengatasi anemia.

Stres

Stres akan mengganggu kesehatan tubuh dari dalam. Pelan-pelan membuat kerusakan, sakit, termasuk rambut tipis. Banyak sekali wanita yang mengalami masalah rambut seperti rambut rontok atau rambut tipis karena stres. Saat terkena masalah berat, rambut juga akan merasakan dampaknya. Biasanya masalah ini akan selesai setelah Anda lebih santai dan melupakan masalah yang ada.

Kesalahan Saat Menata Rambut

Catok rambut, pewarnaan dan penataan rambut lain yang memakai panas dan bahan kimia keras dapat menyebabkan rambut tipis. Ada wanita yang rambutnya kuat, ada juga yang semakin tipis saat memakai peralatan rambut yang bersuhu panas. Untuk mengatasi masalah ini, The American Academy of Dermatology menyarankan agar Anda memakai penata gaya rambut bersuhu panas sekali saja dalam seminggu.

Kekurangan Protein

Hati-hati saat Anda sedang diet, karena wanita yang sedang diet seringkali kekurangan protein. Akibatnya, rambut mulai tipis dan rontok, karena tubuh mengambil protein yang ada di rambut. Karena itu, cukupi kebutuhan protein harian Anda. Protein dari ikan, telur, daging dan kacang-kacangan sangat baik untuk menjaga ketebalan rambut.

Anda punya tips agar rambut tetap lebat? Boleh dong dibagi rahasianya di kolom komentar ;)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading