Sukses

Beauty

7 Tanda Kulit yang Super Sensitif dan Butuh Penanganan Khusus

Sahabat Fimela, penting sekali untuk mengetahui apakah kulit kita ini sangat sensitif dan mudah iritasi. Mengabaikan kulit kita yang ternyata sangat sensitif dan mudah iritasi bisa semakin memperburuk kondisi kulitmu. Mengabaikan kulit sensitif bisa menyebabkan masalah kulit yang berbahaya. Mulai dari luka hingga lecet.

Seperti yang dilansir dari skincare.allwomenstalk.com, ada sejumlah tanda yang memperlihatkan bahwa kulit kita ternyata sangat sensitif. Berikut adalah 7 tanda kulit sensitif yang perlu kamu ketahui.

 

 

 

1. Bercak-Bercak Merah

Jika kamu melihat ada bercak merah di kulit kamu, itu tandanya kulit kamu mudah sekali terkena iritasi. Misalnya, ketika ada bagian tubuh yang tertutup baju meninggalkan bercak merah, mungkin detergen yang kamu gunakan untuk mencuci baju tersebut tidak cocok.

2. Ruam di Kulit

Berbeda dengan bercak merah, ruam ini biasanya terlihat merah dan bisa jadi sangat gatal. Ruam ini bisa menimbulkan benjolan atau bentol-bentol di kulit. Penyebab ruam ini bisa beragam, seperti pelembab yang kita gunakan, riasan wajah, atau jenis kain tertentu.

3. Pembuluh Darah yang Terlihat Pecah

Karena kulit sensitif itu biasanya tipis, kamu mungkin bisa melihat ada pembuluh darah yang pecah. Jika kamu melihat hal ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter karena ada kemungkinan ini disebabkan oleh masalah yang lebih besar.

4. Bengkak dan Radang

Iritasi kulit bisa membuat kulit membengkak dan meradang. Untuk mengatasinya, biasanya kita harus menggunakan krim atau pelembab khusus.

5. Lecet

Lecet di kulit memang rasanya bisa perih sekali. Lecet ini disebabkan oleh jenis kain dari baju yang kamu kenakan atau karena duduk di atas perabot tertentu. Salah satu tindakan untuk mencegah lecet di kulit ini adalah dengan memakai baju yang longgar atau menggunakan baju berbahan kain yang lembut.

6. Sakit dan Gatal

Kulit yang sensitif bisa membuat kamu merasa lebih sering gatal atau sakit di bagian kulit tertentu. Kulit yang sensitif juga bisa membuat kamu merasa sangat gatal. Rasa gatal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di kulit kamu. Jika rasa gatal itu tidak hilang juga dalam waktu yang lama, sebaiknya segera hubungi dokter.

7. Kulit Mudah Bereaksi dengan Berbagai Produk

Kulit yang sensitif membuat kulitmu mudah bereaksi dengan produk skincare atau perawatan tubuh. Reaksinya bisa kulit menjadi merah, jerawat, hingga muncul ruam di kulit.

Sahabat Fimela, demikian 7 tanda kulit sensitif. Gunakan produk khusus untuk kulit sensitif agar terhindar dari masalah kulit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading