Beri Perawatan Ekstra untuk Kuku dan Area Kulit Tangan Selama Pandemi Virus Corona

Fimela Editor15 Apr 2020, 07:30 WIB
Diperbarui 15 Apr 2020, 07:30 WIB
[Fimela] kuku

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi virus corona, semua orang menjadi lebih intens membersihkan rumah, mencuci semua perlengkapan sehabis digunakan dan membasuh tangan berulang kali guna menjaga kebersihan. Namun untuk pemilik kulit sensitif, area kulit tangan hingga permukaan kuku menjadi lebih cepat kering. Lama kelamaan, jika dibiarkan tanpa perawatan ekstra, kulit dan kuku akan terlihat tidak prima.

Tak hanya itu, area kulit yang kering dan kuku mudah rapuh, hingga mengelupas juga disebabkan oleh berbagai macam faktor lainnya. Seperti beberapa kondisi dari penyakit tiroid, anemia, aterosklerosis, kekurangan vitamin dan faktor lainnya.

Melansir dari bustle.com, berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat kuku dan area kulit tangan lebih sehat dan tidak mudah rapuh selama pandemi virus corona berlangsung.

1. Menggunakan krim tangan Jika kamu memiliki kuku yang kering dan rapuh.

Krim pelembap tangan akan sangat membantu untuk melembutkan kuku dan area kulit dengan maksimal. Sebaiknya pilih krim tangan yang mengandung asam laktat, asam alfa hidroksi yang memiliki sifat pengelupas yang lembut, dan humektan yang dapat membantu menarik air ke dalam lempeng kuku.

2. Mengaplikasikan minyak kutikula

Kamu dapat mengaplikasikan minyak dan memmijatnya di area kutikula. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan kuku dengan sehat dan memberikan nutrisi keseluruhan pada kuku. Jika kamu tidak memilikinya, kamu dapat mencoba menggunakan minyak zaitun.

3. Menggunakan sarung tangan

Untuk beberapa orang yang sering mencuci piring atau menggunakan produk pembersih, ada baiknya untuk melindungi tangan dan kuku dengan sarung tangan karet. Hal ini akan membantu mencegah kuku mengelupas, menjadi rapuh, dan juga mencegah kulit menjadi kering ataupun pecah-pecah.

4. Oleskan Penguat Kuku

Rawat kuku yang kering dan mengelupas dengan penguat kuku, tetapi jangan menggunakan produk yang mengandung formaldehyde. Penguat kuku dapat menjaga kuku tetap kuat dan sehat dengan vitamin yang terkandung didalamnya.

5. Memotong kuku secara rutin dan rapi

Ada baiknya untuk kamu memotong kuku secara rutin untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menumpuk pada kuku. Untuk menjaga keindahan kuku, potonglah kuku dengan rapi. Hal lain juga dapat menghindarkan kuku dari trauma pada kuku seperti, saat memegang kunci, keyboard, ataupun benda-benda lainnya. 

6. Mengaplikasikan cat kuku yang aman

[Fimela] Kuku
Ilustrasi kuku | unsplash.com/@lazargugleta

Untuk kesehatan kuku yang optimal, penting untuk kamu tidak menggunakan cat kuku terlalu sering. Kalau kamu ingin menggunakan cat kuku, pastikan untuk menggunakan cat kuku yang mengandung bahan-bahan kimia aman. Untuk menghapuskan cat kuku tersebut, pastikan untuk memilih penghapus cat kuku yang tepat untuk mencegah kuku dan kutikula menjadi lebih kering.

Penulis: Majdina

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 29 JULI 2021