Sukses

Beauty

4 Cara Menggunakan Produk Eksfoliasi agar Tidak Merusak Kulit

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti mendambakan memiliki kulit yang lembap, cerah, ternutrisi dan bebas dari masalah kulit. Sehingga ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat. Ada banyak produk perawatan kulit yang bisa digunakan.

Salah satunya adalah produk eksfoliasi wajah. Produk-produk eksfoliator ini biasanya digunakan untuk membersihkan sisa riasan, mengontrol minyak berlebih, membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati hingga bisa membantu mencerahkan kulit wajah.

Walaupun produk eksfoliator memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, tetapi harus berhati-hati dalam pengunaannya. Sehingga produk ini tidak merusak kulit atau mengiritasi kulit. Berikut cara menggunakan produk eksfoliasi agar tidak merusak kulit:

Mengenal Produk Eksfoliator

Eksfoliasi wajah adalah salah satu cara yang dilakukan perempuan untuk merawat wajah, agar minyak wajah lebih terkontrol, pori-pori bersih dan wajah lebih cerah. Produk perawatan wajah yang berfungsi sebagai eksfoliator ini, terdiri dari dua jenis yaitu eksfoliator chemical. Produknya memiliki kandungan senyawa kimia AHA dan BHA, serta eksfoliator physical yang produknya memiliki bahan dan tekstur dengan butiran halus.

Sebagian orang mengenal produk yang bisa mengeksfoliasi wajah adalah toner. Padahal produk eksfoliator juga terdiri dari serum, facial scrub dan peeling wajah. Produk ini memiliki fungsi dan cara pemakaian yang berbeda.

Agar produk-produk eksfoliator bisa berfungsi dengan baik, Sahabat Fimela  juga harus menggunakan tahapan skincare selanjutnya yang sesuai dengan produk eksfoliator. Pilih kandungannya yang tidak bertabrakan dengan kandungan eksfoliator yang cukup keras untuk kulit.

Cara Menggunakan Produk Eksfoliasi

1. Facial Scrub

Produk eksfoliator yang pertama adalah facial scrub atau masker wajah. Facial scrub memiliki tekstur kasar karena terdapat butiran-butiran di dalamnya, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Sebelum menggunakan facial scrub, ada baiknya untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan double cleansing, yaitu menggunakan micellar water atau milk cleanser yang dilanjutkan dengan menggunakan facial wash.

Setelah wajah bersih, gunakan facial scrub untuk mengeksfoliasi kulit wajah agar lebih bersih dan terhindar dari masalah kulit. Kalau sudah selesai mengeksfoliasi wajah menggunakan facial scrub, bilas wajah hingga bersih menggunakan air saja, tanpa menggunakan facial wash. Setelah itu lanjutkan dengan toner dan pelembap wajah yang memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit. Karena cara penggunaan facial scrub ini harus dengan menggosok kulit wajah, sehingga produk perawatan wajah yang satu ini, hanya boleh digunakan satu kali dalam seminggu, agar tidak merusak kulit atau mengiritasi kulit.

2. Toner

Toner terdiri dari berbagai macam jenis yaitu toner untuk menyegarkan wajah, toner untuk membersihkan wajah, toner untuk menghidrasi kulit dan toner untuk mengeksfoliasi kulit. Toner dengan jenis eksfoliator yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit ini, biasanya terbuat dari senyawa kimia yang mengandung acid seperti AHA, BHA dan retinol.

Kandungan yang terdapat di dalam toner ini, bisa membantu mengangkat kotoran, mengangkat sel kulit mati dan bisa membantu mencerahkan kulit. Toner ini digunakan setelah menggunakan facial wash atau double cleansing. Cara menggunakan toner ini cukup mudah, yaitu dengan menuangkan pada kapas dan di tempelkan ke kulit, atau menuangkan toner ke tangan dan diaplikasikan ke wajah secara langsung. Toner yang berfungsi sebagai eksfoliator ini, bisa digunakan maksimal seminggu tiga kali pada malam hari.

Cara Menggunakan Produk Eksfoliasi

3. Peeling

Peeling merupakan produk perawatan wajah, yang memiliki senyawa kimia lebih kental dari pada toner. Peeling memiliki konsentrasi yang tinggi untuk membersihkan sel kulit mati di kulit, dan bisa membantu mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat. Cara menggunakan peeling adalah setelah membersihkan wajah dengan facial wash atau double cleansing.

Lalu aplikasikan peeling ke kulit wajah dalam kondisi kering. Karena kandungan bahan aktif di dalam produk ini sangat tinggi, sehingga produk ini hanya boleh diaplikasikan di wajah selama kurang lebih 10menit. Tekstur peeling ini bisa menembus kulit dan memberikan sensasi yang agak perih di wajah. Jadi setelah menggunakan peeling, bersihkan wajah hingga bersih menggunakan facial wash, lalu gunakan toner, serum dan pelembap wajah yang berfungsi untuk menghidrasi dan melembapkan kulit.

4. Exfoliating Serum

Produk eksfoliator yang terakhir adalah serum yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. Sebenernya serum ini hampir sama dengan eksfoliasi toner, karena memiliki kandungan AHA dan BHA, yang bisa mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit dan mencerahkan wajah. Hanya saja produk eksfoliasi serum ini digunakan setelah menggunakan toner yang bisa menghidrasi kulit.

Agar eksfoliasi serum bisa bekerja secara maksimal pada kulit, bisa meresap lebih mudah dan mempercepat penyembuhan masalah kulit. Setelah menggunakan serum ini, gunakanlah pelembap wajah yang juga bisa menghidrasi kulit, melembapkan kulit dan untuk mengunci kandungan nutrisi pada skincare. Eksfoliasi serum ini hanya boleh digunakan pada malam hari saja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading