Sukses

Beauty

3 Cara Mudah Memperbaiki Skin Barrier dengan Kandungan Skincare yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Lapisan pelindung kulit atau skin barrier adalah lapisan pelindung yang harus dijaga dengan baik. Hal ini dilakukan agar tidak memicu munculnya masalah kulit akibat radikal bebas. Karena bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Penyebab skin barrier rusak yang paling sering terjadi, yaitu salah menggunakan kandungan skincare atau terlalu sering menggunakan produk eksfoliasi. Jika skin barrier rusak, bisa menyebabkan masalah yang fatal untuk kulit. Kondisi ini akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Untuk menjaga skin barrier dan memperbaiki skin barrier yang rusak, Sahabat Fimela bisa menggunakan beberapa produk skincare yang tepat. Gunakan produk skincare secara tepat dan rutin. Berikut cara mudah memperbaiki skin barrier yang rusak dengan skincare yang tepat:

Fungsi Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan kulit yang melindungi kulit dari segala masalah kulit. Skin barrier ini sering terlupakan dan tak dirawat dengan benar. Padahal skin barrier ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk wajah.

Skin barrier memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga kulit tidak terkena masalah hiperpigmentasi pada kulit. Skin barrier juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas, yang bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Selain itu, skin barrier juga membantu melawan bakteri dan kuman yang menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Skin barrier juga bisa membantu melembapkan dan menjaga kadar air di dalam kulit wajah. Skin barrier yang sehat, akan membuat kulit wajah terlihat sehat dan mudah di makeup.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Kalau skin barrier rusak, kulit bisa mendapatkan pengaruh negatif dari berbagai macam faktor internal dan faktor eksternal. Sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi kemerahan, gatal-gatal, ruam dan muncul jerawat. Skin barrier bisa rusak kalau terlalu sering mengeksfoliasi wajah.

Walaupun eksfoliasi baik untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit, tetapi terlalu sering mengeksfoliasi wajah bisa membuat kulit menjadi sangat tipis dan mudah iritasi. Terlalu sering mencuci wajah dan menggunakan facial wash yang bersifat basa, bisa membuat skin barrier menjadi rusak. Hingga terlalu banyak menggunakan produk skincare, dan asal mencampur kandungan bahan aktif dalam skincare juga bisa merusak skin barrier.

Tak hanya itu saja, terlalu banyak pikiran dan perubahan cuaca yang tidak menentu, bisa menyebabkan skin barrier mudah rusak dan memunculkan jerawat serta tanda-tanda penuaan dini. Untuk itu, hindari penyebab yang bisa membuat skin barrier rusak. Jangan lupa untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Cara Memperbaiki Skin Barrier

1. Pilih Kandungan yang Tepat

Cara pertama adalah memperbaiki fungsi skin barrier, dengan menggunakan kandungan skincare yang tepat. Kandungan yang bisa digunakan yaitu ceramide dan niacinamide. Kandungan ceramide bisa membantu menyatukan lapisan kulit yang rusak.

Kandungan ini mempercepat regenerasi lapisan kulit yang baru. Kandungan ini juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres. Sedangkan kandungan niacinamide, adalah kandungan yang berfungsi untuk meregenerasi skin barrier, membantu menjaga kelembapan kulit, menghidrasi kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

2. Menghidrasi Kulit

Skin barrier yang rusak akibat terlalu sering mengeksfoliasi wajah, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering. Gunakan skincare yang berfungsi untuk menghidrasi skin barrier, seperti hyaluronic acid, glycerin dan panthenol. Karena bisa melembapkan kulit, menjaga kadar air di dalam kulit, menjaga sel kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, dapat mencegah zat yang merusak kulit, membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3. Menenangkan Iritasi

Gunakan kandungan skincare seperti aloe vera, centella asiatica dan calendula extract, yang bisa membantu menenangkan kulit yang iritasi. Kandungan ini memiliki sifat sebagai antiseptik dan antiinflamasi, yang bisa menenangkan kulit iritasi dan mencegaha kemerahan di kulit wajah. Manfaat lainnya yaitu menyembuhkan luka, meningkatkan produksi kolagen, dan mempercepat regenerasi kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading