Sukses

Beauty

Alasan Mengapa Bibir Selalu Kering dan Pecah-Pecah

Fimela.com, Jakarta Adakah dari kamu yang selalu berurusan dengan bibir kering dan pecah-pecah? Meskipun ada banyak penyebab bibir kering dan pecah-pecah, penyebab paling umum adalah cuaca yang dingin dan kering.

Cuaca dingin dan kering diketahui merisak selaput lendir yang sensitif dan terbuka, seperti yang ditemukan di bibir. Kehilangan kelembapan adalah penyebab utama bibir kering.

Hal ini menyebabkan reaksi berantai, karena kebanyakan dari kita cenderung menjilat bibir untuk melembapkannya, memperburuk keadaan karena air liur bersifat asam dan dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut. Selain itu, kelembapan yang didapatkan sementara dari menjilat bibir akan menguap ke lingkungan yang kering, menarik lebih banyak kelembapan dari bibir dan memperburuk masalah, seperti dilansir dari purewow.com.

 

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Menjilat bibir menjadi kebiasaan karena semakin kering bibir, semakin kamu menjilatnya, dan semakin kamu menjilatnya, akan semakin kering bibir. Singkatnya, untuk mengakhiri siklus ini, berhenti menjilat bibir.

Penyebab lain yang kurang umum dari bibir kering dan pecah-pecah adalah reaksi alergi terhadap produk atau makanan tertentu, infeksi jamur atau kerusakan akibat sinar matahari. Kekeringan yang terus menerus juga bisa menandakan kurangnya asupan vitamin dalam tubuh.

Kamu bisa menggunakan lip balm dengan tekstur yang lebih tebal, seperti petroleum jelly dan kandungan, seperti ceramides yang membantu menyembuhkan kulit rusak. Pelembap sealant adalah yang terbaik untuk merawat bibir kering karena dapat membantu menyegel kelembapan dan mencegah kehilangan air.

Betapapun besar keinginannya, jangan mengelupas kulit kering di bibir. Dan jagalah asupan air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading