Sukses

Beauty

5 Urutan Menggunakan Serum untuk Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat yang membandel harus segera diatasi dengan skincare yang tepat. Salah satu produk skincare yang bisa membantu menyembuhkan jerawat adalah serum. Namun sering kali, serum dilupakan saat mengaplikasikan skincare.

Serum adalah produk skincare yang bertekstur ringan, dengan konsentrasi kandungan bahan aktif yang tinggi. Serum sangat mudah diserap kulit wajah dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Sehingga serum wajib untuk digunakan.

Serum diaplikasikan setelah menggunakan toner dan sebelum pelembap. Pastikan untuk menggunakan produk skincare secara lengkap. Agar tidak salah saat mengaplikasikan serum dan agar serum bekerja secara optimal di kulit wajah, berikut urutan menggunakan serum untuk jerawat:

Kandungan Serum untuk Jerawat

1. Salicylic Acid

Kandungan bahan aktif salicylic acid cocok digunakan untuk jerawat. Karena kandungan tersebut termasuk kelompok BHA. Fungsi dari kandungan ini adalah bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah, membersihkan pori-pori tersumbat dan meredakan iritasi.

2. Niacinamide

Niacinamide adalah bahan aktif yang sering digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan ini berfungsi untuk menguatkan lapisan kulit wajah dan meredakan kemerahan akibat jerawat. Selain itu, mampu membersihkan pori-pori dan mencerahkan bekas jerawat.

3. Retinol

Retinol adalah bahan aktif turunan vitamin A yang terkandung di dalam serum untuk jerawat. Kandungan ini bisa mempercepat penyembuhan jerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengontrol produksi minyak. Pastikan menggunakan produk dengan kandungan retinol pada malam hari.

4. Green Tea

Kandungan greentea di dalam serum bisa membantu menenangkan jerawat, meremajakan kulit, mencegah terbentuknya jerawat baru dan mengontrol minyak. Green tea adalah salah satu ekstrak yang berbahan alami. Kandungan ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

5. Hyaluronic Acid

Walaupun jerawat sering muncul pada kulit yang berminyak, tetapi kulit berminyak juga membutuhkan serum yang bisa melembapkan kulit. Sahabat Fimela bisa menggunakan serum yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini sangat aman untuk digunakan dan tidak mengiritasi.

 

Urutan Menggunakan Serum untuk Jerawat

1. Bersihkan Wajah

Sebelum menggunakan serum, usahakan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan teknik double cleansing di malam hari. Kemudian gunakan facial wash bertekstur gentle di pagi hari. Agar kandungan serum dapat diserap maksimal.

2. Gunakan Toner

Agar kandungan serum lebih meresap di kulit, lakukan eksfoliasi dengan toner terlebih dahulu. Selingi juga dengan menggunakan toner hidrasi agar jerawat cepat sembuh. Eksfoliasi bisa dilakukan setiap 3 kali seminggu di malam hari.

3. Aplikasikan Serum

Setelah menggunakan toner, biarkan toner meresap ke dalam kulit seama 10 hingga 15 menit. Kemudian aplikasikan serum ke seluruh wajah yang berjerawat. Aplikasikan dengan tangan sambil memijat wajah secara lembut.

4. Aplikasikan dengan Tangan

Gunakan serum sebanyak 3 hingga 5 tetes, kemudian aplikasikan serum menggunakan tangan yang bersih. Hindari menggunakan serum di area kulit mata. Sahabat Fimela bisa menggabungkan beberapa kandungan yang ada pada serum.

5. Pelembap

Setelah serum meresap ke dalam kulit, gunakan pelembap untuk mengunci serum. Pelembap memiliki fungsi yang dapat melembapkan dan mengontrol produksi minyak di wajah berjerawat. Lanjutkan penggunaan sunscreen saat pagi hari.

Teknik Layering Bahan Aktif Pada Serum

Agar kandungan bahan aktif di dalam serum bisa bekerja secara optimal, kamu bisa memadukan beberapa bahan aktif di malam hari. Cara ini bisa disebut dengan menggunakan teknik layering. Teknik ini bisa membuat jerawatmu cepat sembuh.

Langkah pertama, gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan kulit. Kemudian layer dengan serum yang mengandung niacinamide. Terakhir gunakan serum yang mengandung retinol.

Teknik layering ini bisa digunakan pada malam hari saja. Berikan jeda selama 10 menit untuk layering setiap bahan aktif. Jangan lupa gunakan sunscreen di pagi dan siang hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading