5 Bahaya Penggunaan Jeruk Nipis untuk Wajah, Wajib Tahu

Nabila Mecadinisa27 Mei 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2021, 20:00 WIB
Jeruk Nipis

Fimela.com, Jakarta Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Seperti yang kita ketahui jika vitamin C dipercaya baik untuk mencerahkan kulit. Oleh sebab itu, banyak orang yang mempercayakan penggunaan bahan tradisional seperti jeruk nipis untuk mencerahkan kulit wajah. 

Tapi faktanya, jeruk nipis bisa berbahaya bagi kulit. Lalu, efek buruk apa saja yang diakibatkan jeruk nipis saat digunakan ke kulit wajah? 

1. Membuat kulit jadi sensitif

Jeruk nipis mengandung zat asam yang tinggi, sehingga saat diaplikasikan ke kulit bisa membuat kulit jadi sensitif. 

2. Menimbulkan rasa perih

ilustrasi manfaat jeruk nipis/Lucky Business/shutterstock
ilustrasi manfaat jeruk nipis/Lucky Business/shutterstock

Kulit juga bisa menjadi perih saat diaplikasikan jeruk nipis. Asam yang keras tentu akan bereksi segera saat digunakan pada kulit yang sensitif. 

3. Skin barrier menjadi rusak

Efek lainnya yang bisa terjadi adalah skin barrier yang menjadi rusak. Di saat skin barrier rusak, maka kulit cenderung rentan terhadap ragam masalah kulit yang sangat mungkin terjadi.

4. Kulit yang jadi menghitam

Menggunakan Madu dan Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: freepik.com

Alih-alih menjadi cerah, kulit jadi menghitam akibat jeruk nipis sangat mungkin terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh efek kulit terbakar akibat kerasnya zat asam pada jeruk nipis, sehingga pada beberapa kasus menyebabkan kulit jadi menghitam. 

5. Memperparah kondisi jerawat

Ada juga yang mengandalkan jeruk nipis untuk jerawat. Padahal, kulit berjerawat berada pada kondisi kulit yang sensitif, sehingga saat kamu gunakan jeruk nipis, justru akan memperparah kondisinya dan menyebabkan peradangan semakin parah. 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓