6 Tips Makeup untuk Pemilik Eksim

Annissa Wulan03 Jun 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 03 Jun 2021, 09:30 WIB
6 Tips Makeup untuk Pemilik Eksim

Fimela.com, Jakarta Bagaimana cara menerapkan makeup pada kulit yang mudah teriritasi atau rentan dengan eksim? Sebagai pemilik kondisi kulit tertentu, mungkin akan menjadi tantangan tersendiri menerapkan makeup atau produk skincare tertentu.

Dilansir dari allure.com, berikut ini adalah beberapa tips makeup untuk pemilik eksim. Penasaran?

1. Tenangkan area dengan eksim

Lakukan kompres dingin di area dengan eksim untuk membantu mengurangi peradangan. Merendam oatmeal adalah pengobatan cepat di rumah yang bisa kamu lakukan dalam keadaan darurat.

Campur oatmeal dalam air dan taruh kain kasa di dalamnya. Oleskan kain kasa yang sudah dibasahi ke area eksim yang meradang.

2. Pertahankan makeup yang minimal

Secara umum, sebenarnya tidak disarankan untuk melakukan makeup pada kulit yang meradang aktif, tapi jika kamu melakukannya, itu harus minimal.

Para ahli juga merekomendasikan untuk mencari produk dengan label hipoalergenik dan bebas pewangi. Hipoalergenik adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan produk makeup dengan bahan-bahan yang tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi.

3. Terapkan penghalang

Memiliki eksim berarti penghalang kulit terganggu, yang dapat menyebabkan kemerahan, pengelupasan, dan iritasi.

 

4. Lewati produk bedak

6 Tips Makeup untuk Pemilik Eksim
Simak di sini beberapa tips makeup untuk pemilik kulit dengan eksim, penassaran?

Produk berbasis krim adalah cara terbaik untuk kulit yang rentan eksim. Sedangkan alas bedak cair atau apapun yang mengering dan melekat akan memperburuk tekstur eksim itu sendiri.

5. Gunakan jari

Dalam hal aplikasi, meminimalkan gesekan adalah kuncinya. Sapuan kuas yang kuat dan pencampuran yang terlalu banyak dapat meningkatkan gejala eksim, seperti pengelupasan.

6. Rajin membersihkan kulit

Segera setelah selesai memakai makeup, penting untuk segera membersihkan kulit. Semakin cepat dihilangkan, semakin cepat kamu bisa menerapkan produk perawatan untuk membantu menenangkan dan menutrisi kulit.

Saat mencuci kulit wajah, hindari gesekan dan menarik-narik kulit, terutama saat menghapus makeup. Lanjutkan dengan menerapkan krim pelembap yang mengandung ceramide untuk menarik humektan, seperti asam hialuronat dan gliserin.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela