5 Rekomendasi Tinted Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kezia Prasetya Christvidya14 Jun 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 18:35 WIB
Cantik/mlg

Fimela.com, Jakarta Hidup di negara tropis, bisa membuat kulit lebih mudah terkena paparan sinar matahari. Sehingga kulit akan mengalami hiperpigmentasi, yang menyebabkan warna kulit jadi tidak rata dan lebih menggelap.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, beberapa brand kecantikan mengeluarkan produk baru, yang bernama tinted sunscreen. Produk sunscreen ini berbeda dengan sunscreen yang biasanya, karena tinted sunscreen adalah produk sunscreen yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sekaligus bisa membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam.

Tinted sunscreen hampir sama dengan BB cream. Hanya saja tinted sunscreen memiliki tekstur cair yang lebih ringan digunakan di kulit wajah. Berikut rekomendasi tinted sunscreen, dilansir dari berbagai sumber:

Mengenal Tinted Sunscreen

makeup-kezo
ilustrasi foundation/popcorner/shutterstock

Tinted sunscreen adalah produk skincare, yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tetapi tinted sunscreen juga bisa digunakan sebagai pengganti foundation atau BB cream, karena bisa membantu meratakan warna kulit yang belang.

Tinted sunscreen tidak meninggalkan white cast saat digunakan, justru bisa langsung meresap ke dalam kulit dan menyatu dengan pigmen kulit. Karena tinted sunscreen memiliki kandungan filter mineral (ultraviolet), yaitu zinc oxide dan titanium oxide.

Selain itu, tinted sunscreen memiliki beberapa varian shade yang warnanya sesuai dengan undertone kulitmu. Tinted sunscreen ini juga bisa membuat kulit wajah terlihat lebih lembap secara alami, memiliki hasil coverage yang ringan dan tidak mengiritasi kulit. Kamu bisa menggunakan tinted sunscreen ini setiap pagi dan siang hari.

Cara Menggunakan Tinted Sunscreen

makeup-kezo
ilustrasi foundation/RomarioIen/shutterstock

Secara umum, sunscreen yang bagus digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari di negara tropis, yaitu sunscreen yang memiliki kandungan UV Protection SPF 30 PA++ dan SPF 50 PA+++.

Begitu juga dengan tinted sunscreen. Kamu bisa menggunakan tinted sunscreen dengan kandungan SPF 30 PA++ jika sering berada di dalam ruangan. Sedangkan untuk di luar ruangan, kamu bisa menggunakan yang mengandung SPF 50 PA++.

Sebenarnya cara menggunakan tinted suscreen ini sangat mudah, yaitu aplikasikan setelah menggunakan seluruh rangkaian skincare pagi. Tinted sunscreen ini harus digunakan sebanyak 2 jari, aplikasikan dengan jari ke seluruh wajah dan biarkan meresap selama 15 sampai 30 menit, kemudian baru dilanjutkan penggunaan makeup. Jangan lupa juga untuk mengulangan penggunaan sunscreen ini setiap 4 jam sekali.

Rekomendasi Tinted Sunscreen

skincare-kezo
ilustrasi skincare/Orawan Pattarawimonchai/shutterstock

1. BLP Beauty x Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen

Rekomendasi tinted sunscreen yang pertama yaitu  BLP Beauty x Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen. Produk ini bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, meratakan warna kulit, ringan digunakan dan bisa membuat kulit lembap. Tinted sunscreen ini memiliki beberapa shade, yang dijual dengan harga sekitar Rp 189ribuan.

2. Acnes UV Tint

Tinted sunscreen juga bisa digunakan untuk kulit yang berjerawat dan berminyak, seperti sunscreen milik Acnes UV Tint. Produk ini memiliki kandungan SPF 35 PA +++, yang dijual dengan harga sekitar Rp 60ribuan.

3. La Roche- Posay Anthelios Mineral SPF 50 Sunscreen

Rekomendasi yang selanjutnya adalah La Roche- Posay Anthelios Mineral SPF 50 Sunscreen. Produk yang mengandung SPF 50 PA+++ ini tahan air, sehingga cocok digunakan untu beraktivitas di luar ruangan, apalgi jika pergi ke pantai. Harga produk ini sekitar Rp 300ribuan.

4. Avene Complexion Correcting Shield SPF 50+

Produk Avene Complexion Correcting Shield SPF 50+ adalah tinted sunscreen, yang memiliki kandungan vitamin C dan E, yang bersifat sebagai antioksidan. Tinted sunscreen ini memiliki 3 shade yang harganya sekitar Rp 400ribuan.

5. La Mer The Radiant SkinTint Broad Spectrum SPF 30

Rekomendasi tinted sunscreen yang terakhir adalah La Mer The Radiant SkinTint Broad Spectrum SPF 30. Produk ini bisa menyamarkan bekas jerawat, melindungi dari sinar matahari, mencegah hiperpigmentasi, teksturnya ringan digunakan, memiliki 2 shade dan dijual dengan harga sekitar Rp 1jutaan.

Lanjutkan Membaca ↓