Manfaat Aloe Vera dan Bawang Merah untuk Menumbuhkan Rambut

Hilda Irach21 Jun 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 17:00 WIB
Manfaat Aloe Vera dan Bawang Merah untuk Menumbuhkan Rambut

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu menginginkan rambut yang sehat dan berkilau. Namun sayangnya tak sedikit yang menghadapi rambut rontok, kebotakan dini, rambut patah, dan banyak masalah terkait rambut lainnya.

Rambut kita juga membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh lebih sehat dan kuat, sama seperti bagian tubuh lainnya. Dengan nutrisi yang tepat, kualitas rambut kamu dapat meningkat.

Kabar baiknya, hal tersebut bisa kita wujudkan melalui perawatan rambut rumahan dengan menggunakan aloe vera dan bawang merah. Lidah buaya telah lama dipuji sebagai produk perawatan kulit dan rambut. Tanaman ini adalah harta karun berupa asam amino esensial dan enzim proteolitik yang secara efisien membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sementara, bawang merah efektif untuk rambut rontok. Bahan dapur satu ini juga bisa mengembalikan kilau rambut. Secara lebih lanjut berikut ini manfaat aloe vera dan bawang merah untuk pertumbuhan rambut

Manfaat aloe vera dan bawang merah untuk kesehatan rambut

Cara membuat masker rambut dari aloe vera dan bawang
Simak apa saja manfaat aloe vera dan bawang merah untuk menumbuhkan rambut dan cara pakainya. (Foto: Unsplash.com/K8).

Aloe vera

Aloevera atau lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi pada pergantian sel, mendorong pertumbuhan sel yang sehat dan rambut berkilau.

Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat menjaga rambut Anda agar tidak rontok.

Namun, tidak ada penelitian yang mengkonfirmasi secara meyakinkan bahwa lidah buaya memiliki manfaat dalam mencegah kerontokan rambut.

Meski begitu, lidah buaya lembut dan menjaga integritas rambutmu. Menggunakan lidah buaya adalah cara yang bagus untuk mendapatkan rambut yang terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut

Bawang merah

Bawang merah mengandung asam amino, yang merupakan komponen protein, terutama keratin. Kandungan ini dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang kuat.

Ketika ditambahkan ke rambut dan kulit kepala, jus bawang merah dapat memberikan tambahan belerang untuk menopang rambut yang kuat dan tebal, sehingga mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2002, Kelompok yang mencuci rambut mereka dengan jus bawang mengalami pertumbuhan rambut lebih banyak daripada mereka yang mencucinya dengan air keran. Pria juga ternyata merasakan manfaat yang lebih besar daripada perempuan

Selain membantu mempercepat pertumbuhan rambut, bawang merah juga dapat mengatasi ketombe, rambut kering, rambut beruban, hingga infeksi kulit kepala.

 

Cara membuat masker rambut dari aloe vera dan bawang

Cara membuat masker rambut dari aloe vera dan bawang
Simak apa saja manfaat aloe vera dan bawang merah untuk menumbuhkan rambut dan cara pakainya. (Foto: Unsplash.com/Nataliya Melnychuk).

Agar pertumbuhan rambut lebih maksimal, kamu bisa mencampurkan keduanya sebagai masker rambut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya seperti yang dikutip dari Food NDTV.

  1. Ambil beberapa jus bawang merah dan campurkan gel lidah buaya di dalamnya.
  2. Pijat campuran tersebut ke kulit kepala hingga ujung rambut
  3. Biarkan selama satu jam sebelum mencucinya dnegan sampo dan kondisioner
  4. Jus bawang akan meningkatkan pertumbuhan rambut, sementara lidah buaya akan merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih terhidrasi.

 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓