11 Fakta DNA Salmon Membuat Wajah Awet Muda dari Korea Selatan

Anisha Saktian Putri24 Jun 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 24 Jun 2021, 20:30 WIB
DNA salmon dari korea mampun membuat wajah awet muda/dok. shutterstock

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, perawatan suntik DNA salmon tengah menjadi perbincangan dikarenakan Krisdayanti dikabarkan melakukan perawatan tersebut seharga Rp1 Miliar.

Lalu benarkah DNA Salmon sangat mahal dan apa yang membuatkan spesial? Dr. dr. Yulia Siskawati, Sp.KK dari ZAP Premiere pun menjelaskan fakta-fakta mengenai tren kecantikan terbaru dari Korea Selatan ini.

1. DNA salmon identik dengan DNA manusia

Pertama, Dr.dr. Yulia mengatakan DNA salmon dikembangkan karena kemiripannya dengan DNA manusia. Perawatan yang lebih tepat disebut dengan Rejuran Healer ini menggunakan ekstrak DNA yang diambil dari sel benih ikan salmon.

Terdapat proses pemurnian ketat yang dilalui untuk menghilangkan antigen, protein, dan kandungan lain sehingga polynucleotides (PN) bisa didapatkan.

Kandungan polynucleotides secara alami terbentuk pada jaringan baru yang berperan sebagai pelindung dan penyembuh atas kerusakan yang dialami kulit. Sebelumnya, molekul ini telah dikembangkan untuk mengatasi masalah pigmentasi, kerontokan rambut hingga pencangkokan kulit. Dapat dikatakan kalau polynucleotides ini adalah aktivator penyembuhan kulit yang ampuh.

"Sel benih ikan salmon diambil karena mirip dengan DNA manusia," kata dr. Yulia.

2. Dikembangkan di Korea Selatan, populer hingga Singapura

Injeksi DNA salmon/dok. ZAP
Injeksi DNA salmon/dok. ZAP

dr. Yulia mengatakan Rejuran Healer dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal Korea Selatan dan telah mengantongi izin BPOM setempat. Treatment ini teruji sangat aman karena tidak memicu respon imun.

Menjadi alternatif terbaru untuk mendapatkan kulit glowing yang banyak diidamkan, popularitasnya meningkat di Korea Selatan, hingga diminati sampai Singapura. Di negara tetangga tersebut, Rejuran Healer juga telah mendapatkan izin dari Singapore Health Sciences Authority. Belakangan, treatment ini juga semakin ramai diperbincangkan di Indonesia.

"Sebenarnya DNA salmon ini sudah ada sejak 5 tahun silam, namun baru-baru ini dibicarakan kembali," ujarnya.

3. Perbedaan dengan filler

Walaupun Rejuran Healer dan filler merupakan alternatif perawatan non-invasif yang dilakukan secara injeksi, keduanya memiliki perbedaan.

Pertama, bahan utama filler biasanya didominasi dengan asam hialuronat atau hyaluronic acid. Pada Rejuran Healer mengandung polynucleotides yang memberikan efek regenerasi yang sangat baik, sehingga dapat menawarkan kelebihan yaitu fokus meningkatkan hidrasi kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

Kandungan Rejuran Healer bekerja pada lapisan dermis untuk merangsang pertumbuhan sel fibroblast yang secara aktif akan meningkatkan produksi kolagen sehingga ketebalan dan kepadatan sel-sel kulit di lapisan dermis dapat meningkat. Dengan demikian, elastisitas dan penampakan kulit yang sehat serta natural bisa didapatkan.  

"Biasanya DNA salmon ada pada krim dalam kandungan skincare, namun ada juga injeksi. Injeksi efeknya lebih terasa karena langsung masuk ke dalam kulit membuat kualitas kulit lebih baik. Misalnya kepadatan kulit 62 persen yang membuat kulit halus dan kenyal, 42 persen membuat pori-pori lebih mengecil, dan 22 persen perbaikan freckles halus. Jadi baik untuk regenerasi kulit dan tampak awet muda," paparnya.

4. Teruji efektif untuk perawatan anti aging

DNA salmon untuk anti aging/dok. shutterstock
DNA salmon untuk anti aging/©Shutterstock

Efek regenerasi seperti yang telah dijelaskan membuat Rejuran Healer cocok bagi mereka yang menginjak usia 30 tahun ke atas atau merasakan tanda-tanda penuaan. Sebuah penelitian menemukan jika pasien berusia 40-an merasakan adanya perbaikan terhadap keluhan kulit keriput dan kendur setelah melakukan perawatan Rejuran Healer.

“Di Korea, Rejuran Healer populer juga dengan nama youth vaccine karena memang mampu menambah volume, menghaluskan garis dan kerutan, serta mengurangi penampakan age spots,” terang dr. Yulia.Oleh sebab itu, selain menyasar area wajah, treatment Rejuran Healer juga dapat dilakukan di area rawan keriput seperti leher, kerah leher, hingga belakang telapak tangan.

5. Melembapkan kulit

“Walaupun demikian, treatment Rejuran Healer tak hanya cocok bagi wanita yang mengalami tanda penuaan. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan wanita muda, atau bahkan pria. Di antaranya untuk meningkatkan kelembaban kulit, mengecilkan pori-pori, memperbaiki skin tone & dark circle, hingga membantu penyembuhan luka,” lanjut dr. Yulia.

6. Do’s & don’ts treatment Rejuran Healer

Sebelum mencoba perawatan terbaru ini, konsultasi dengan dokter harus dilakukan untuk memastikan kontraindikasi. Ibu hamil, penderita penyakit autoimun dan kanker adalah beberapa kondisi yang tidak memenuhi syarat tindakan. Pasien juga harus menghindari penggunaan produk eksfoliasi hingga dilarang mengkonsumsi obat aspirin, antikuogulan dan NSAIDs setidaknya tiga hari sebelum treatment.

Sebelum tindakan dilakukan, wajah pasien akan diolesi dengan krim anestesi agar rasa sakit ketika injeksi dapat diminimalisir. Proses tindakan membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Pasien disarankan untuk tidak menggunakan make up, produk eksfoliasi, menghindari aktivitas fisik berat dan paparan sinar matahari langsung selama beberapa saat setelah melakukan perawatan.

“Adapun efek samping yang mungkin dirasakan pasien adalah kemerahan, nyeri, bengkak, lebam dan reaksi alergi. Pada titik injeksi, akan muncul papul atau benjolan kecil yang akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu. Jika alergi seafood sebaiknya jangan dulu,” terang dr. Yulia.

7. Hasil treatment terlihat dengan cepat

Injeksi DNA salmon/dok. ZAP
Injeksi DNA salmon/dok. ZAP

Injeksi awal direkomendasian sebanyak 3-4 kali dengan interval 1 bulan. Perbaikan kondisi dan penampakan kulit setelah melakukan perawatan Rejuran Healer dapat mulai terlihat mulai dari sejak hari kelima pascatindakan.

Namun hasil yang signifikan biasanya akan terlihat maksimal pada minggu kedua. Efek dari Rejuran Healer dapat bertahan 6-12 bulan dan dianjurkan untuk melakukan maintenance setiap 6 bulan.

"Injeksi awal tujuanya memperbaikiki sel kulit. Jadi butuh 3 bulan untuk membangun atau memperbaikinya. Namun tergantung kulit wajah seseorang, ada juga sekali bisa langsung terlihat hasilnya." tambahnya.

8. Harga sepadan dengan hasil

Harga tidak sampai miliaran. Treatment Rejuran Healer di ZAP Premiere dihargai sekitar Rp8 Juta per 2 mL. Namun hasil yang dijanjikan akan sepadan.

"Harga segitu akan terasa juga untuk jangka panjang, jadi worth itu. Untuk wajah sekitar Rp8 juta, beda lagi kalau untuk leher hingga tangan," ujarnya.

9. Bagian tubuh yang perlu di injeksi DNA salmon

Mencegah Penuaan/shutterstock.com
Ilustrasi Kulit Wajah Awet Muda Credit: shutterstock.com

Selain wajah, injeksi DNA salmon bisa digunakan pada wajah, leher, dada di tengah, dan tangan. Semua perawatan dilakukan tanpa pembedahan.

10. Pastikan ditangani oleh dokter SpKK profesional

Selalu pastikan untuk mendapatkan tindakan dari dokter profesional yang telah memahami pemetaan pembuluh vena dan jaringan wajah. Injeksi yang dilakukan sendiri atau secara sembarangan dapat berakibat fatal. Di ZAP Premiere, perawatan Rejuran Healer akan ditangani oleh dermatologis yang telah terlatih dan berpengalaman. Para dokter ini juga siap menjawab seluruh pertanyaan dan memberikan konsultasi kepada pasien.

11. Akan segera menjadi tren

Para selebriti dan influencer mulai melirik dan mencoba Rejuran Healer. Banyak yang dibuat gembira dengan hasil dan manfaatnya. Pasti tak butuh waktu lama untuk kemudian Rejuran Healer menjadi satu tren bagi perempuan.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021