5 Cara Menyamarkan Garis dan Kerutan di Leher agar Terlihat Awet Muda

Hilda Irach23 Jul 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 23 Jul 2021, 16:30 WIB
Bikin Kelihatan Tua, Ini 5 Cara Menghilangkan Garis dan Kerutan di Leher

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita yang lalai untuk merawat leher. Akibatnya muncul garis-garis dan kerutan di leher yang membuat kita jadi terlihat lebih tua.

Dokter kulit bersertifikat di New York City, Dr. Joshua Ziechner mengatakan garis leher ternyata disebabkan oleh kombinasi penuaan alami dan aktivitas sehari-hari yang kita lakukan, salah satunya adalah kebiasaan menunduk kepala saat bermain gadget atau yang disebut tech neck.

"Meningkatnya penggunaan gadget telah menyebabkan fenomena yang dikenal sebagai tech neck. Kami sekarang lebih sering menundukkan kepala dan melipat kulit di leher. Kemungkinan ini berkontribusi pada peningkatan kerutan leher pada pasien yang lebih muda,” ujar Dr. Zeichner.

Lantas bagaimana cara menghilangkan garis dan kerutan di area leher? Lebih lanjut, berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Jangan menunduk saat bermain gadget

Bikin Kelihatan Tua, Ini 5 Cara Menghilangkan Garis dan Kerutan di Leher
Garis dan kerutan di leher bisa membuat penampilanmu tampak tua. Simak cara mengatasinya berikut ini. (FOTO: Unsplash.com/Docusign).

Untuk mencegah garis leher, sesuaikan gadget di depanmu dan lihat lurus ke depan. Hindari menunduk sebab dapat menimbulkan garis-garis pada leher.

2. Bersihkan leher setiap hari

Bikin Kelihatan Tua, Ini 5 Cara Menghilangkan Garis dan Kerutan di Leher
Garis dan kerutan di leher bisa membuat penampilanmu tampak tua. Simak cara mengatasinya berikut ini. (FOTO: Unsplash.com/Clem Onojeghuo).

Selain wajah, leher juga perlu dibersihkan. Lakukanlah rutinitas yang sama seperti yang kamu lakukan pada wajah. Mulai dari menghapus riasan di leher, menggunakan pembersih sesuai jenis kulit, dan mengoleskan krim pelembap ke leher.

3. Lakukan senam wajah

Bikin Kelihatan Tua, Ini 5 Cara Menghilangkan Garis dan Kerutan di Leher
Garis dan kerutan di leher bisa membuat penampilanmu tampak tua. Simak cara mengatasinya berikut ini. (FOTO: Unsplash.com/Content Pixie).

Selain kebiasaan menunduk saat bermain ponsel, tidur menyamping rupanya juga berkontribusi membuat garis-garis di lehermu.

Untuk mengatasinya, lakukanlah senam wajah. Jika dilakukan secara teratur, senam wajah dapat membantu mengencangkan otot leher dan menghilangkan garis-garis halus.

"Latihan-latihan ini, yang melibatkan memiringkan kepala, meregangkan leher, dan menahan selama lima detik, dapat membantu memperkuat otot sehingga garis-garisnya tidak terlalu terlihat," kata ahli yoga wajah Fumiko Takatsu.

4. Gunakan produk skincare anti-penuaan

Bikin Kelihatan Tua, Ini 5 Cara Menghilangkan Garis dan Kerutan di Leher
Garis dan kerutan di leher bisa membuat penampilanmu tampak tua. Simak cara mengatasinya berikut ini. (FOTO: Unsplash.com/Mathilde Langevin).

Untuk merawat garis-garis yang ada di leher. Dr. Zeichner mengatakan penting untuk menggunakan produk anti-penuaan di leher selain wajah kamu.

Sebab, kulit di leher termasuk yang paling tipis, sehingga lebih rentan terhadap kerusakan.

 

5. Gunakan produk antioksidan dan SPF

Bikin Kelihatan Tua, Ini 5 Cara Menghilangkan Garis dan Kerutan di Leher
Garis dan kerutan di leher bisa membuat penampilanmu tampak tua. Simak cara mengatasinya berikut ini. (FOTO: Unsplash.com/Mathilde langevin).

Paparan sinar matahari dan sinar biru dari ponsel, dapat merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kulit kehilangan kelenturannya.

Pada gilirannya, mengakibatkan garis-garis dan kerutan di leher. Untuk mengatasinya, gunakanlah produk krim leher yang mengandung antioksidan dan SPF.

Sementara untuk malam hari, Dr. Zeichner menyarankan untuk menggunakan krim berbasis retinol yang diformulasikan untuk wajah dan leher.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela