9 Cara Memilih Makeup untuk Pemula

Kezia Prasetya Christvidya16 Jul 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 07:15 WIB
makeup-kezo

Fimela.com, Jakarta Ada banyak produk makeup yang bisa digunakan untuk mempercantik wajah. Karena banyaknya produk makeup dipasaran, sehingga akan membuat pemula menjadi bingung saat memilih makeup.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih makeup untuk pemula, yaitu memilih makeup dengan klaim non comedogenic agar tidak menyebabkan komedo, tidak memiliki kandungan zat aditif kimia berbahaya, terbuat dari bahan yang waterproof agar tidak mudah luntur, serta memiliki hasil akhir matte atau dewy yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Saat memilih makeup juga harus memperhatikan budget yang dimiliki, sehingga belilah makeup yang sesuai dengan kebutuhanmu. Agar tidak bingung memilih makeup sesuai warna kulit dan jenis kulitmu, berikut cara memilih makeup untuk pemula, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Memilih Complexion Makeup

makeup-kezo
ilustrasi foundation/popcorner/shutterstock

1. Concelear

Cara memilih makeup yang pertama yaitu memilih concelearConcelear adalah produk makeup, yang berfungsi untuk menyamarkan kekurangan di kulit wajah, seperti noda hitam, bekas jerawat dan kantong mata yang gelap.

Concelear ini tidak perlu diaplikasikan keseluruh wajah, hanya diaplikasikan di bagian kekurangan wajah saja. Cara memilih concelear yaitu sesuai dengan undertone kulitmu, lalu pilih tekstur dengan hasil akhir yang matte, dewy, medium atau full coverage, sesuai dengan kebutuhan kulit.

2. Foundation

Sebenarnya cukup menggunakan concelear saja sudah bisa menutup kekurangan di wajah. Tetapi jika ingin hasilnya lebih sempurna, kamu bisa menggunakan foundation, BB cream, CC cream atau Cushion untuk meratakan warna kulit.

Tentu saja kamu harus memilih warna yang sesuai dengan undertone kulit, agar warnanya terlihat bagus dan tidak keabu-abuan. Untuk jenis kulit yang berminyak, gunakan produk dengan hasil akhir yang matte. Sedangkan untuk kulit yang kering, gunakan produk dengan hasil akhir yang dewy. Usahakan untuk memilih produk yang sudah mengandung UV protection, agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

3. Bedak

Untuk menjaga makeup tetap stay dan tidak mudah luntur, gunakan bedak setelah mengaplikasikan foundation dan concelear. Bedak juga memiliki fungsi yang bisa mengontrol produksi minyak, meratakan tekstur dan mengunci makeup.

Kamu bisa memilih bedak dengan klaim hypoallergenic agar aman digunakan semua jenis kulit. Untuk kulit berminyak, gunakan bedak yang teksturnya tabur, serta gunakan bedak translucent powder untuk kulit yang kering. Kamu juga bisa menggunakan bedak berbasis mineral yang aman untuk kulit sensitif dan bedak two way cake untuk kulit kombinasi.

Cara Memilih Eye Makeup

makeup-kezo
ilustrasi eyeshadow/pexels

4. Pensil Alis

Menggambar alis adalah hal yang penting untuk mempertegas bingkai wajahmu. Kamu bisa menggunakan pensil alis, eyebrow gel atau yang spidol, untuk menggambar alismu menjadi tampak natural.

Usahakan untuk tidak memilih pensil alis dengan warna yang hitam pekat, karena alismu bisa terlihat sangat tebal. Untuk itu pilihlah pensil alis yang berwarna, cokelat atau abu-abu agar alis terlihat lebih natural.

 

5. Eye Shadow

Eye shadow adalah kunci makeup terlihat lebih indah, ceria dan berwarna. Biasanya eye shadow dijual dengan bentuk palette dengan berbagai macam shade. Untuk pemula, kamu bisa memilih eye shadow dengan warna dasar yaitu cokelat, pink, nude dan coral. Kamu juga bisa memilih eye shadow dengan hasil akhir yang matte atau shimmer.

6. Eye Liner dan Maskara

Agar eye makeup terlihat lebih tegas, jangan lupa untuk menggunakan eye liner dan maskara. Eye liner berfungsi untuk mempertegas garis mata. Kamu bisa memilih eye line pensil, spidol atau yang cair. Jangan lupa untuk memilih yang bahannya waterproof, agar tidak mudah luntur saat terkena air.

Sedangkan untuk maskara, memiliki fungsi untuk mempertebal dan membuat bulu mata menjadi lebih lentik. Saat memilih maskara, usahakan untuk memilih bulu spoolie yang sesuai dengan kondisi bulu mata. Untuk bulu mata yang lurus dan sedikit turun, gunakan bulu sikat yang melengkung. Pemilik bulu mata yang pendek bisa menggunakan tipe brush maskara. Sedangkan untuk bulu mata yang tipis bisa menggunakan maskara sikat.

Cara Memilih Lipstik, Blush On dan Setting Spray

makeup-kezo
ilustrasi makeup/Element5 Digital/unsplash

7. Lipstik

Agar tampilan tidak terlihat pucat, jangan lupa untuk menggunakan lipstik yang bisa mempercantik penampilanmu. Kamu bisa memilih jenis liptik sesuai dengan kebutuhan, seperti lip cream, lip tint atau lipstick stick, dengan hasil akhir yang satin, matte atau glossy.

Pilihlah lipstik yang memiliki kandungan pelembap alami, yang berfungsi untuk melembapkan bibir agar tidak pecah-pecah. Kamu juga bisa memilih produk lipstik yang mengandung UV protection, untuk mencegah bibir berwarna gelap.

8. Blush On

Blush on adalah perona pipi yang membuat penampilan terlihat lebih fresh. Pilihlah blush on dengan warna pink atau peach, yang memiliki tekstur shimmer dan blendable. Ada beberapa jenis blush on yang bisa kamu gunakan sehari-hari, seperti cream blush, powder blush, blush on stick dan blush on gel.

9. Setting Spray

Cara memilih makeup yang terakhir, yaitu memilih primer makeup atau setting spray, yang berfungsi untuk mengunci makeup, menutup pori-pori dan mengontrol produksi minyak di wajah.

Primer makeup atau setting spray ini bisa digunakan sebelum atau sesudah menggunakan makeup. Cara memilih produk ini yaitu pilihlah yang tidak mengandung alkohol, paraben dan parfum, serta pilihlah yang memilih hasil akhir matte atau dewy.

Lanjutkan Membaca ↓