Sukses

Beauty

4 Cara Sederhana Memutihkan Gigi Secara Natural Dengan Bahan Rumahan

Fimela.com, Jakarta Gigi yang putih dan bersih merupakan suatu aset yang paling berharga untuk penampilanmu. Walaupun saat ini penampilan wajah selalu tertutup oleh masker, tapi pentingnya merawat kebersihan gigi juga harus tetap dilakukan di masa pandemi ini. 

Terutama bagi kamu yang sering mengonsumsi teh atau kopi, pastinya mengalami kondisi gigi yang menguning dan membuatmu tidak percaya diri. 

Selain memberikan kesan untuk bisa tampil lebih percaya diri ketika berbicara ataupun ketika hanya tersenyum, namun itu juga merupakan cerminan bahwa mulutmu dalam keadaan sehat. 

Ada banyak produk yang bisa kamu pilih untuk memutihkan gigimu. Namun, sebagian besar produk pemutih menggunakan bahan kimia yang malah menimbulkan masalah kesehatan lain setelah menggunakan itu sebagai produk perawatan rutin yang digunakan setiap hari. 

Jika kamu menginginkan gigi lebih putih tetapi juga ingin menghindari bahan kimia, dilansir dari healthline.com dan Glamour, terdapat 4 cara mudah yang direkomendasikan oleh dokter gigi untuk memutihkan gigimu dengan cara alami.

Oil Pulling

Ini merupakan cara pemutihan gigi secara tradisional yang dilakukan oleh orang India. Teknik pemutihan gigi dengan cara ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mulut secara keseluruhan. 

Caranya sangat mudah, yakni kamu harus mengoleskan minyak wijen, minyak bunga matahari, ataupun minyak kelapa ke gigimu, lalu kumur-kumur lagi dengan air bersih setelah beberapa saat. 

Minyak berguna menghilangkan banyak jenis bakteri dari mulut dan menawarkan manfaat kesehatan lainnya.

Menggosok gigi dengan baking soda dan hydrogen peroxide

Baking soda memiliki sifat memutihkan gigi. Hal itulah yang membuat baking soda lazim digunakan dalam pasta gigi. Selain itu hydrogen peroxide juga merupakan zat pemutih alami yang juga membantu dalam membunuh bakteri dalam mulut. 

Dengan mengambil satu sendok makan baking soda dan dua sendok makan hydrogen peroxide, lalu campurkan dengan sedikit air, dan oleskan pada gigimu saat menggosok gigi, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal jika kamu melakukannya secara rutin. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat obat kumur dengan perbandingan soda kue dan hidrogen peroksida yang sama, dan dicampurkan dengan sedikit air sehingga bakteri dalam mulutmu bisa hilang.

Konsumsi stroberi dan nanas

Stroberi dan nanas merupakan dua buah yang diklaim dapat membantu memutihkan gigi, dilansir dari healthline.com

1. Stroberi

Hancurkan stroberi segar, campurkan dengan soda kue, lalu gosokkan campuran tersebut ke gigimu.

Perli diingat, jika kamu ingin menggunakan stroberi sebagai salah satu metode dalam pemutihan gigimu, perlu diperhatikan bahwa penggunaan stroberi ini harus dibatasi penggunaannya hanya beberapa kali seminggu karena memiliki efek kerusakan pada gigi jika digunakan berlebihan.  

2. Nanas

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain (enzim yang ditemukan dalam nanas), secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda gigi daripada pasta gigi standar, dilansir dari Glamour.com. 

Namun, belum ada bukti bahwa makan nanas akan menghasilkan efek yang sama. Sehingga, cara yang bisa kamu gunakan dalam pemutihan gigi adalah sama dengan metode pada buah stroberi.

Mengolesi gigi dengan kulit pisang, jeruk, atau lemon

Metode ini belum memiliki penelitian ilmiah yang mendukungnya. Namun, orang-orang yang telah mencobanya mendapatkan hasil yang memuaskan. Plus, itu tidak melibatkan bahan kimia yang berbahaya, jadi mengapa tidak?

Dilansir dari Pleasant Family Dentistry, untuk melakukan “trik” ini, ambillah kulit pisang, jeruk, atau lemon, lalu gosokkan dengan lembut pada gigimu. Gosok selama sekitar 2 menit, lalu cuci mulut dan menggosok gigimu. 

Perlu kamu ketahui, kulit buah tersebut mengandung asam nitrat, yang secara teoritis membantu memutihkan gigi. Jika kamu memiliki masalah gigi sensitif, kemungkinan email gigimu lemah dan tidak disarankan dalam menggunakan metode ini. 

Beberapa cara tersebut merupakan cara yang alami dalam membantu memutihkan gigimu. Namun, kebanyakan dokter gigi telah menawarkan perawatan pemutihan yang jauh lebih efektif dibanding metode alami ini. 

Maka dari itu, selalu periksa gigimu ke dokter gigi agar kamu bisa mengerti metode mana yang paling cocok bagi kamu dalam memutihkan gigi. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading