7 Cara Memilih Skincare untuk Pemula

Ayu Puji Lestari28 Jul 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 16:10 WIB
Skincare/mlg

Fimela.com, Jakarta Menjaga kulit agar tetap cantik dan sehat adalah kewajiban. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin menggunakan skincare. Sayangnya tidak semua bisa memilih skincare yang cocok. Seringkali hanya ikut-ikutan.

Sebenarnya bagaimana cara memilih skincare yang benar? Apalagi buat kamu yang baru pertama kali mencoba memakai skincare. Yuk, simak caranya dari Fimela di bawah ini.

Kenali Jenis Kulitmu

Sebelum memilih skincare yang tepat buatmu, pastikan kamu memahami jenis kulitmu. Hal ini penting untuk mengetahui kandungan skincare apa yang cocok buatmu.

Kenali Permasalahan Kulitmu

skincare-kezo
ilustrasi eye cream/Beauty Agent Studio/shutterstock

Kulitmu bermasalah? Kenali permasalahannya. Apakah masalah jerawat, kulit kering, keriput, noda hitam, atau masalah kulit lainnya. Dengan memahami permasalahan kulitmu, maka kamu dapat memilih skincare yang tepat buatmu.

Beli yang Basic Dulu

Ingin memulai rutin memakai skincare? Beli skincare basic dulu, cukup face wash, toner, pelembap, dan sunscreen. Jika dirasa perlu, kamu boleh mencoba untuk membeli serum, cream malam, eye cream, dan lain-lain.

Tentukan Anggaran

Sebelum membeli skincare, tentukan anggaran yang akan kamu gunakan. Jangan berlebihan. Agar tak membuang uang percuma, sebaiknya mulai dengan membeli skincare kemasan mini atau travel, jika memang cocok baru beli ukuran full size nya.

Langsung Coba

skincare-kezo
ilustrasi rekomendasi pelembap kulit kering/itakdalee/pexels

Setelah membeli skincare pastikan kamu untuk segera mencobanya. Ini penting, agar kamu tahu bagaimana reaksi kulitmu terhadap skincare yang dipakai. Ada reaksi negatif atau tidak.

Tak Perlu Memakai Skincare Berbahan Aktif

Bahan aktif seperti vitamin C, AHA, BHA, retinoid, dan acid tidak perlu dipakai dulu untuk pemula sepertimu. Cukup gunakan skincare basic. Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana kebutuhan kulitmu.

Semua Butuh Proses

Penggunaan skincare tidak instan tapi butuh proses. Jadi, pastikan sabar untuk melihat hasil atau efek penggunaan rutin skincare. Jangan gegabah dalam mengklaim. Tunggu dan cek hasilnya secara bertahap.

Sahabat Fimela, tak hanya pemakaian skincare yang rutin saja baik untuk menjaga kesehatan kulit. Pastikan kamu mendapat asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela