5 Cara Membuat Lulur dengan Bahan Alami, Praktis dan Mudah untuk Perawatan Kulit

Imelda Rahma30 Jul 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 08:50 WIB
Lulur

Memiliki kulit yang sehat dan cantik merupakan dambaan setiap orang. Tak heran bila kemudian banyak dari mereka rela menghabiskan banyak uang untuk merawat kulitnya di salon kecantikan atau dengan membeli produk perawatan kulit yang mahal.

Padahal ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk merawat kesehatan kulit. Selain lebih aman, menggunakan bahan-bahan alami juga dapat menjaga kelestarian alam sekaligus lebih hemat. Jadi kamu bisa menabung uang lebih banyak untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

Jika kamu masih ragu untuk merawat kulit dengan lulur alami karena proses pembuatannya yang ribet, buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Sebab kamu bisa membuatnya dengan sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama.

Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas 5 cara membuat lulur dengan bahan alami. Pastinya ulasan ini akan membuatmu semakin bersemangat untuk membuat lulur yang dapat mempercantik dan menjaga kulit. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Membuat Lulur Oatmeal

Lulur Oatmeal
Ilustrasi Lulur Oatmeal Credit: pexels.com/Alesia

Cara membuat lulur alami yang pertama dengan memanfaatkan oatmeal sebagai bahan dasarnya. Oatmeal telah terkenal sebagai salah satu eksfoliator alami terbaik.

Tidak hanya membantu mengangkat sel kulit mati tetapi juga menenangkan dan menyembuhkan kulit yang bermasalah.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir Oatmeal mentah
  • 1 cangkir brown sugar (kamu bisa menggunakan gula rafinasi putih jika tidak punya brown sugar)
  • 1/2 cangkir Madu Mentah
  • 1/4 cangkir Minyak Jojoba (opsional)
  • 2 sendok makan susu biasa

Cara menggunakan:

  1. Tempatkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk menjadi satu. Jika konsistensi tidak dapat disebarkan, tambahkan beberapa tetes minyak atau susu.
  2. Lulurkan pada kulit tubuh sambil memijat dan menggosok dengan lembut. Oleskan dalam gerakan melingkar ke tubuh dan leher. Lakukan selama 5-10 menit. Diamkan lulur selama 10 hingga 15 menit.
  3. Bilas dengan air hangat untuk melembabkan kulit, bersihkan hingga semua kotoran luruh.

Lulur Kopi

Lulur Kopi
Ilustrasi Lulur Kopi Credit: pexels.com/Monstera

Cara membuat lulur alami berikutnya kamu bisa memanfaatkan kopi yang telah dimanfaatkan banyak orang sebagai bahan utama membuat lulur alami. Butirannya kecil lembut di kulit dan efektif menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit.

Ada beberapa bukti ilmiah bahwa kafein dapat membantu mengurangi penampilan selulit. Kopi kaya akan antioksidan yang membantu melawan selulit dan penumpukan sel kulit mati. Berikut cara membuatnya. 

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir bubuk kopi
  • Air hangat secukupnya
  • 1 sendok teh minyak kelapa, dihangatkan.

Cara menggunakan:

  1. Tambahkan bubuk kopi dan air hangat ke mangkuk. Aduk rata dengan sendok.
  2. Tambahkan minyak kelapa. Jika perlu, tambahkan lebih banyak ampas kopi atau lebih banyak minyak untuk mendapatkan konsistensi pasta.
  3. Bersihkan tubuh dan luluri kulit dengan campuran ini. Gunakan jari-jari untuk memijat lulur dengan lembut, dengan gerakan memutar pada kulit. Pijat selama 5-10 menit untuk eksfoliasi kulit. Luangkan 1-2 menit untuk setiap bagian tubuh.
  4. Bilas hasil luluran dari tubuh setelah didiamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat untuk melembabkan kulit.

Lulur Kunyit

Lulur Kunyit
Ilustrasi Lulur Kunyit Credit: pexels.com/Julia

Selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah mengaitkan kunyit dengan khasiat penyembuhan dan manfaat kecantikan. Kunyit mengandung komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Komponen ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami kulit.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir tepung beras
  • 2 sdt Bubuk Kunyit
  • 1 1/2 cangkir Minyak Kelapa

Cara menggunakan:

  1. Campurkan bahan sampai mendapatkan pasta kasar.
  2. Basahi kulit dengan air hangat dan oleskan lulur kunyit ini.
  3. Gosok kulit secara lembut dengan gerakan memutar. Sifat anti-inflamasi bubuk kunyit akan menenangkan kulit. Lakukan pemijatan selama 5-10 menit. Diamkan maksimal 10 menit.
  4. Bilas tubuh yang sudah diluluri dengan air hangat. Keringkan dengan handuk dang gunakan hand body untuk melembabkan kulit.

Lulur Teh Hijau

Lulur Teh Hijau
Ilustrasi Lulur Teh Hijau Credit: pexels.com/Mareefe

Cara membuat lulur alami selanjutnya dengan memanfaatkan teh hijau yang terkenal kaya akan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Menurut sebuah studi tahun 2013, produk yang mengandung teh hijau dapat mengurangi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. Teh hijau dapat dengan mudah ditambahkan ke lulur buatan sendiri bersama-sama dengan bahan lainnya.

Bahan-bahan:

  • 2 kantong teh hijau
  • 1/2 gelas air panas
  • 1 cangkir brown sugar (kamu bisa menggunakan gula rafinasi putih jika tidak punya brown sugar)
  • 1/4 cangkir minyak kelapa, dilelehkan

Cara menggunakan:

  1. Seduh teh dengan air panas, biarkan hingga dingin.
  2. Setelah dingin, tambahkan brown sugar ke mangkuk. Tambahkan minyak kelapa dan aduk rata hingga membentuk pasta. Pastikan bahwa tehnya dingin agar gula tidak larut. Jika terlalu lembek, tambahkan lebih banyak brown sugar.
  3. Luluri tubuh yang sudah dibersihkan. Lakukan pemijatan dan eksfoliasi dengan menggosok halus kulit selama 5-10 menit. Diamkan lulur selama 10 hingga 15 menit.
  4. Bilas dengan air hangat, bersihkan hingga semua kotoran luruh.

Lulur Yoghurt

Lulur Yoghurt
Ilustrasi Lulur Yoghurt Credit: pexels.com/Dana

Jika kamu memiliki jenis kulit yang kering, kamu dapat menggunakan lulur yoghurt untuk membersihkan kulitmu tanpa membuatnya merasa lebih kering. Kamu bisa menambahkan bahan lainnya ke dalam lulur yoghurt buatanmu seperti madu, minyak zaitun dan gula. Campuran tersebut sedikit banyak akan bekerja untuk memberikan kelembapan alami untuk kulitmu.

Cara membuat lulur yoghurt pun terbilang sangat mudah, caranya kamu hanya perlu mencampurkan 1 sdm yoghurt original dengan 1/4 cangkir minyak zaitun, kemudian tambahkan 1 sdt madu dan 3 sdm gula pasir. Aduk rata hingga membentuk adonan pasta, kemudian segera oles dan pijatkan pada kulit sebelum gula yang menjadi srub mencair.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela