5 Minyak Alami Ini Bisa Menjadi Moisturizer untuk Kulit dengan Permasalahan Jerawat

Fimela Reporter30 Agu 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 30 Agu 2021, 07:00 WIB
5 Minyak Alami yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Moisturizer Untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Menemukan pelembap atau moisturizer alami terbaik untuk kulit dengan permasalahan jerawat memang tidak mudah. Biasanya orang yang memiliki jenis kulit berjerawat atau acne prone skin seringkali mengalami permasalahan pada kulitnya terutama ketika menggunakan produk-produk perawatan kulit. 

Kebanyakan orang yang memiliki kulit permasalahan jerawat berlomba-lomba untuk menghilangkan jerawatnya dengan segala cara, agar wajahnya terlihat mulus dan berkilau secara bersamaan. Namun, terkadang trial and errors ketika mencoba setiap produk perawatan kulit, malah memperparah kondisi kulit kita karena ketidakcocokan dengan kandungan produk tersebut.

Terutama dalam memilih moisturizer untuk melembapkan wajah, biasanya hal ini cukup tricky bagi orang yang memiliki kulit berjerawat karena ketidakcocokan moisturizer akan membuat kulit semakin rentan terhadap jerawat, dan membuat produksi minyak berlebih pada wajah. 

Penggunaan bahan-bahan alami bisa menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan kulitmu. Sehingga, memilih moisturizer dengan bahan alami juga bisa kamu pertimbangkan untuk merawat wajahmu tanpa harus khawatir akan penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kulitmu. 

Untuk melembapkan wajah, biasanya kita membutuhkan produk yang mengandung minyak-minyak alami. Dilansir dari Be Beautiful, tak semua minyak akan menyebabkan jerawat dan membuat kulit berminyak. Faktanya, terdapat beberapa minyak yang benar-benar dapat menyeimbangkan minyak di kulitmu. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut Fimela.com berikan 5 rekomendasi minyak alami yang bersifat non-komedogenik yang dapat dimanfaatkan menjadi moisturizer khusus bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat. Simak penjelasan berikut. 

Argan oil

5 Minyak Alami yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Moisturizer Untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat
Ilustrasi minyak argan atau argan oil yang bisa dijadikan sebagai moisturizer ( Photo by Christin Hume on Unsplash)

Minyak argan adalah minyak yang sangat baik untuk kulit dan rambut. Namun, perlu diketahui bahwa minyak argan tak memiliki kandungan non-komedogenik sama sekali, sehingga sangat aman untuk diaplikasikan pada wajah, terutama jika dimanfaatkan sebagai moisturizer.

Minyak argan dapat secara langsung menghambat bakteri penyebab jerawat sehingga ampuh pula dijadikan sebagai obat jerawat. Dilansir dari naturallyorganicskincare.com, minyak argan dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit, sekaligus dapat menghidrasi kulit yang kering.

Shea butter

5 Minyak Alami yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Moisturizer Untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat
Ilustrasi Shea Butter sebagai moisturizer | pixabay.com/unsplash.com

Shea butter adalah salah satu jenis minyak yang memiliki banyak manfaat. Dilihat dari namanya, yakni butter, minyak yang satu ini lebih tebal dan membuat kulitmu lebih lembap dan ternutrisi daripada menggunakan minyak jenis lainnya. 

Shea butter mamiliki sifat anti-inflamasi dan anti-penuaan, sekaligus dapat memblokir sinar UVB sehingga dapat berguna juga sebagai sun-screen untuk dipakai di siang hari. 

Jika kulitmu memang berminyak, cukup gunakan shea butter dalam jumlah yang sedikit sehingga bisa membantu melembapkan kulit sekaligus kulit dapat ternutrisi dengan manfaat-manfaat lain.

Rosehip oil

5 Minyak Alami yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Moisturizer Untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat
Rosehip Oil memiliki sifat pelembap yang kuat dengan vitamin A, C, dan E untuk mengurangi munculnya kerutan dan perubahan warna kulit, sehingga bisa dijadikan sebagai moisturizer. Sering disebut minyak anti penuaan karena kemampuannya menembus jauh ke dalam kulit. Foto: Shutterstock.

Rosehip oil atau minyak rosehip sangat bagus untuk membantu mengatasi kemerahan dan peradangan akibat jerawat. Hal ini dikarenakan minyak rosehip ini memiliki kualitas antioksidan dan merupakan sumber fitonutrien yang baik. 

Tak hanya berguna untuk jerawat dan bekas luka, minyak rosehip juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, dan perubahan warna kulit akibat penuaan. 

Selain itu, minyak rosehip juga membantu menghilangkan bekas luka, dan mengurangi ketebalan bekas luka sehingga memungkinkan mobilitas di area kulit yang terkena luka. Ini juga dapat membantu memperbaiki eksim, psoriasi, dan stretch mark. 

Dengan semua manfaat tersebut, minyak rosehip juga sangat ampuh untuk memberikan kelembapan pada kulit, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai moisturizer.

Sunflower oil

5 Minyak Alami yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Moisturizer Untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat
Ilustrasi sunflower oil untuk dijadikan moisturizer (Foto: unsplash/Sharon Pittaway)

Minyak bunga matahari sangat baik untuk dijadikan pelembap bagi orang yang berjerawat karena memiliki kandungan asam linoleat dan tidak memiliki zat komedogenik yang berdampak buruk bagi kulit. Perlu diketahui, minyak yang mengandung asam linoleat tinggi akan membantu masalah jerawat. 

Selain itu, minyak bunga matahari juga telah terbukti menghidrasi kulit lebih baik daripada minyak zaitun, dan juga dapat memberikan penghalang terhadap bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dan infeksi lainnya.

Hemp seed oil

5 Minyak Alami yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Moisturizer Untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berjerawat
Ilustrasi hemp seed oil untuk dijadikan moisturizer. Foto: Shutterstock.

Minyak yang terakhir adalah hemp seed oil. Minyak ini merupakan favorit bagi orang-orang dengan kulit berjerawat atau dengan jenis kulit acne prone skin. Karena tak memiliki zat komedogenik, minyak ini juga dikenal untuk membantu menyeimbangkan minyak di kulitmu.

Selain itu, minyak ini juga membantu membersihkan komedo dan jerawat kecil, serta membantu mengurangi peradangan, kemerahan dan garis-garis halus pada kulit. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela