Cara Memilih Foundation yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Imelda Rahma08 Sep 2021, 22:16 WIB
Diperbarui 08 Sep 2021, 22:37 WIB
Salah Memilih Warna Foundation

Fimela.com, Jakarta Foundation merupakan makeup atau alas bedak, yang memiliki warna seperti kulit. Foundation memiliki fungsi untuk meratakan warna kulit dan menutup kekurangan di kulit wajah. Foundation memiliki berbagai varian warna, bahkan memiliki tekstur, serta formula yang beragam yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit perempuan.

Walaupun foundation memiliki banyak warna dan bisa membuat warna kulit rata, namun jika tidak berhati-hati memilih warna foundation, maka foundation bisa membuat kulitmu tampak pucat.

Artikel kali ini akan membahas tentang cara memilih foundation yang tepat sesuai dengan warna kulit, dilansir dari berbagai sumber. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kenali Warna Dasar Kulit

Kenali Warna Dasar Kulit
Ilustrasi Warna Dasar Kulit Credit: pexels.com/cottonbro

Cara memilih warna foundation yang pertama, Sahabat Fimela harus mengenal warna dasar kulit, sebelum membeli atau menggunakan foundation. Warna dasar lapisan baw2ah kulit terbagi menjadi 3, yaitu warm atau kuning, cool atau pink dan netral.

Cara mengetahui warna dasar kulit sangatlah mudah. Angkatlah pergelangan tangan di bawah sinar matahari, dan lihatlah pembuluh darahmu. Jika pembuluh darah berwarna kebiruan atau ungu, berarti Sahabat Fimela memiliki warna dasar kulit, yang berwarna cool atau pink.

Jika berwarna hijau, maka warna dasar kulitmu adalah warm atau kuning. Sedangkan warna pembuluh darah hijau dan biru berarti warna dasar kulit adalah netral.

Menggunakan Foundation di Leher

Menggunakan Foundation di Leher
Ilustrasi Menggunakan Foundation di Leher Credit: pexels.com/cottonbro

Tips memilih warna foundation yang kedua, bisa mencoba foundation di kulit leher, untuk mengetahui warna foundation yang cocok digunakan jenis kulitmu.

Mencoba foundation dengan mengoleskan warnanya di leher atau rahang, bisa membuatmu mudah memilih warna foundation, agar tidak terlalu keputihan di warna kulit wajah.

Mencoba di Tempat Terang

Mencoba di Tempat Terang
Ilustrasi Mencoba di Tempat Terang Credit: pexels.com/George

Tips memilih warna foundation yang selanjtunya, bisa mencoba foundation di tempat yang terang, untuk membantu menyesuaikan jenis kulitmu.

Jika Sahabat Fimela mencoba di tempat yang kurang terang, maka warna foundation akan terlihat lebih gelap, dan tidak akan sesuai dengan warna dasar kulit.

Menggunakan lampu neon berwarna putih, bisa membuat foundation tampak lebih pucat, sedangkat menggunakan lampu kuning akan membuat foundation berwarna kusam. Maka dari itu gunakan cahaya terang yang alami untuk mencoba foundation.

Mencoba Foundation Selama Beberapa Menit

Mencoba Foundation Selama Beberapa Menit
Ilustrasi Memilih Foundation Credit: pexels.com/Karolina

Tips memilih warna foundation yang terakhir, yaitu dengan mencoba foundation selama beberapa menit, agar sesuai dengan jenis kulitmu. Beberapa produk foundation, memiliki efek oksidasi yang bisa membuat warnanya lebih gelap, ketika terkena suhu tubuh.

Untuk itu cobalah foundation selama beberapa menit, untuk melihat perubahan warna foundation, yang menjadi lebih gelap dari warna aslinya.

Kalau merek produk foundation tersebut memiliki efek oksidasi, maka Sahabat Fimela harus membeli foundation, yang memiliki tone warna 1 tingkat lebih cerah daripada warna kulit.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela