3 Cara Menentukan Produk Kecantikan yang Tepat Bagi Kulit Sensitif

Vinsensia Dianawanti24 Okt 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 24 Okt 2021, 15:00 WIB
Kulit sensitif

Fimela.com, Jakarta Butuh perjuangan bagi pemilik kulit sensitif untuk menemukan produk kecantikan yang tepat. Ketika salah memilih produk, bukan tidak mungkin akan mengiritasi kulit dan memberikan sensasi perih yang tidak tertahankan.

Dalam beberapa kasus, pemilik kulit sensitif ditandai ruam kemerahan dan kulit yang terlihat mengelupas seperti eksim. Sehingga diperlukan jenis produk kecantikan khusus yang memang diformulasikan bagi kulit sensitif.

Agar tidak terjebak klaim produk kecantikan, ada beberapa cara untuk menentukan apakah produk ini cukup bagi kulit sensitif, seperti dikutip dari Purewow.

 

1. Perhatikan kandungan

ilustrasi bahan skincare yang tidak boleh digunakan kulit sensitif/Dids/pexels
ilustrasi bahan skincare yang tidak boleh digunakan kulit sensitif/Dids/pexels

Salah satu hal yang paling dihindari oleh kulit sensitif dan dapat menyebabkan iritasi adalah wewangian. Wewangian ditemukan di banyak produk kecantikan. Sehingga kamu harus cermas melihat daftar bahan untuk memastikannya.

2. Fokus dengan kelembapan

Di sisi lain, terhadap beberapa bahan yang dibutuhkan oleh kulit sensitif, seperti asam hialuronat, gliserin, dan ceramide. Bahan-bahan ini dapat menghidrasi kulit dan membantu menarik kelembapan serta menguncinya. Ini yang menjadi penting karena kulit dehidrasi lebih rentan terhadap peradangan.

Jadi sebelum melanjutkan proses makeup, pastikan untuk membersihkan wajah dengan lembut dan aplikasikan pelembap untuk mempersiapkan kulit.

 

3. Lakukan uji patch

Ketika berurusan dengan kulit sensitif atau kondisi kulit seperti eksim atau psioriasis, selalu lakukan uji produk sebelum diaplikasikan secara penuh ke wajah. Baik itu foundation atau blush, oleskan sedikit dalam pergelangan tangan dan lihat apakah ada reaksi dari formula tersebut.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela