5 Penyebab Wajah Bengkak secara Tiba-tiba saat Bangun Tidur yang Perlu Diwaspadai

Imelda Rahma22 Sep 2021, 17:03 WIB
Diperbarui 22 Sep 2021, 17:36 WIB
Wajah Bengkak

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada bangun di pagi hari dengan penampilan seperti ikan buntal. Terutama jika kamu memiliki rapat kerja penting atau hari istimewa pada jam selanjutnya.

Selain rasa pusing di pagi hari, ada berbagai alasan mengapa kamu mungkin melihat bengkak di sekitar wajah dan mata saat pertama kali bangun. Dan meskipun kamu pasti bisa mengabaikannya, mungkin ada baiknya melihat berbagai alasan mengapa hal itu terjadi. Terutama jika hal itu tampaknya terjadi sepanjang waktu atau jika semakin buruk.

Wajah bengkak saat bangun tidur juga bisa menunjukkan hal-hal lain. Termasuk masalah kesehatan yang mendasari seperti alergi atau ketidakseimbangan hormon. Wajah bengkak di pagi hari mungkin mengganggu, terutama jika itu berlangsung sepanjang hari.

Selain perubahan estetika, pembengkakan sesekali dapat memberikan hasil akhir yang lebih dramatis. Jika kamu melihat gejala yang lebih serius mulai dari sakit kepala terus-menerus, perubahan penglihatan, sakit perut atau sesak napas, kamu harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada yang lebih buruk yang terjadi.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com telah merangkum 5 penyebab wajah bengkak secara tiba-tiba saat bangun tidur yang perlu diwaspadai. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Wajah Bengkak

Penyebab Wajah Bengkak
Ilustrasi Wajah Bengkak Credit: pexels.com/Andrea

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan wajah bengkak saat bangun tidur di pagi hari, diduga juga karena masalah kesehatan yang mendasarinya dan pola makan seseorang. Di bawah ini dilansir dari Merdeka.com, merupakan rutinitas sehari-hari seseorang yang dapat menyebabkan wajah bengkak saat bangun tidur di pagi hari.

Tidur

Bagi banyak orang, bangun dengan wajah bengkak berasal dari retensi cairan dalam semalam, tetapi ini mungkin lebih terlihat jika seseorang terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur.

Berbaring menyebabkan cairan beristirahat dan terkumpul di wajah, dan posisi tidur seseorang juga dapat memperburuk hal ini. Tidur telungkup, misalnya, mungkin memiliki efek ini. Saat orang tersebut memulai pagi mereka dan menghabiskan waktu dengan tegak, cairan ini mungkin pergi.

Riasan

Tertidur dengan riasan dapat menyebabkan reaksi kulit yang disebut dermatitis kontak, yang dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, atau bengkak pada wajah dan mata.

Sebagian besar kasus tidak perlu dikhawatirkan, tetapi siapa pun dengan gejala parah, seperti mata bengkak atau kesulitan membuka mata, memerlukan perhatian medis.

Makanan

Makan makanan tertentu di malam hari atau di malam hari terkadang menyebabkan bengkak ekstra di pagi hari.

Secara umum, mengonsumsi makanan tinggi natrium dapat menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air. Peningkatan natrium ini biasanya membuat orang haus, jadi mereka minum lebih banyak, tetapi tubuh tidak mengeluarkan air ekstra ini melalui urin. Sebaliknya, air terkumpul di berbagai area, termasuk wajah.

Beberapa makanan tinggi natrium yang harus dihindari antara lain:

  • makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, mie goreng, dan pizza
  • daging olahan, seperti bacon dan pepperoni
  • sushi, terutama dengan kecap
  • keripik, nacho, dan pretzel

Alkohol

Beberapa orang terbangun dengan wajah sembab setelah semalaman minum.

Alkohol menyebabkan seseorang lebih sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan dehidrasi ringan. Sebagai tanggapan, tubuh mungkin menahan air di tempat yang memungkinkan, seperti di wajah.

Penyebab Fisik dan Kondisi Kesehatan

Penyebab Fisik dan Kondisi Kesehatan
Ilustrasi Kondisi Fisik Credit: pexels.com/Andrea

Menstruasi dan masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan wajah menahan cairan.

Menstruasi

Menstruasi biasanya menyebabkan retensi cairan, dan sebelum menstruasi, seseorang mungkin melihat bengkak di wajah saat bangun.

Seseorang mungkin mengenali menstruasi sebagai penyebab bengkak jika gejala sindrom pramenstruasi (PMS) juga ada.

Alergi

Terkadang, bengkak pada wajah di pagi hari diakibatkan oleh alergi debu, bulu, atau serbuk sari yang terhirup pada malam hari. Orang tersebut mungkin tidak melihat gejala apa pun sampai mereka bangun.

Gejala lain dari reaksi alergi, seperti hidung tersumbat, pilek, bersin, dan mata gatal atau berair, dapat menunjukkan bahwa alergi menyebabkan bengkak.

Sindrom Cushing

Dalam beberapa kasus, sindrom Cushing dapat menyebabkan wajah bengkak pada pagi hari. Ini melibatkan tubuh yang memiliki kadar kortisol yang terlalu tinggi, dan sering terjadi sebagai efek samping obat.

Sindrom Cushing dapat menyebabkan wajah bengkak setiap saat, tetapi ini mungkin lebih terlihat di pagi hari.

Infeksi Sinus

Wajah sembab di pagi hari bisa jadi merupakan tanda infeksi sinus. Itu juga dapat menyebabkan:

  • nyeri dan nyeri di wajah
  • tetesan postnasal
  • sakit kepala frontal
  • sakit di gigi
  • demam
  • hidung tersumbat

Cara Mengurangi Pembengkakan Wajah Akibat Reaksi Alergi

Cara Mengurangi Pembengkakan Wajah Akibat Reaksi Alergi
Ilustrasi Mengurangi Pembengkakan Wajah Akibat Reaksi Alergi Credit: pexels.com/Polina

Makanan, obat-obatan, sengatan serangga atau lebah, dan bahkan infeksi dapat menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan pembengkakan pada wajah.

Wajah bengkak karena reaksi alergi yang serius bisa berbahaya jika saluran napas membengkak. Ini adalah skenario paling berbahaya karena terkadang dapat mencakup lidah, faring, atau jalan napas. Nesheiwat mengatakan ini bisa mengancam jiwa dan paling sering membutuhkan EpiPen untuk mengobatinya.

Itu sebabnya dia mengatakan jika kamu pernah merasakan bibir, lidah, atau tenggorokanmu bengkak atau menutup, segera pergi ke rumah sakit. Tetapi jika kamu mengalami pembengkakan ringan atau ruam, Nesheiwat mengatakan masuk akal untuk menggunakan antihistamin dan menggunakan kompres dingin.

Namun, dia memperingatkan bahwa jika pembengkakan semakin parah atau kamu hanya melihat sedikit atau tidak ada perbaikan, kamu perlu ke dokter sesegera mungkin. Bergantung pada penyebab reaksi alergi dan pembengkakan, dokter mungkin meresepkan steroid.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela