Pagi atau Malam? Ini Waktu Terbaik Menggunakan Serum Vitamin C

Fimela Reporter05 Okt 2021, 13:05 WIB
Diperbarui 05 Okt 2021, 13:46 WIB
serum-kezo

Fimela.com, Jakarta Semua perempuan tentu ingin produk skincare-nya bisa ampuh sehingga mendapatkan hasil terbaik. Namun dalam merawatnya, produk tersebut harus dijauhkan dari sinar matahari langsung. Beberapa produk skin care seperti cream, toner dan serum memiliki konsistensi kandungan zat aktif yang lebih tinggi namun lebih cepat meresap. Salah satu yang populer adalah vitamin C.

Vitamin C sendiri dapat meningkatkan kolagen dan mencerahkan kulit. Selain itu, vitamin C bekerja untuk melindungi kulit dari radikal bebas serta faktor lingkungan yang merusak lainnya seperti polusi dan sinar UV. Vitamin C juga terkenal dalam menghambat produksi melanin dan membantu memudarkan perubahan warna kulit dan bintik hitam.

Jadi, serum vitamin C sangat cocok bagimu yang memiliki masalah pada seputar warna kulit tidak merata, kulit gelap dan kusam hingga kulit yang terpapar polusi serta memiliki kerutan-kerutan halus. Jika menggunakan serum vitamin C secara teratur, maka kulit menjadi kencang, bercahaya dan bebas dari garis kerutan.

Nah, dalam hal vitamin C, masih banyak perbedebatan terkait waktu terbaik untuk menggunakan serum vitamin C tersebut. Apakah sebaiknya vitamin C digunakan sebagai bagian dari rutinitas pagi atau digunakan sebelum tidur hingga dapat bekerja sepanjang malam?

Dilansir My Imperfect Life, Selasa (5/10/2021), berikut manfaat dari kedua cara untuk membantu Sahabat Fimela dalam membuat keputusan kapan memakai serum vitamin C yang tepat untuk jenis kulitmu.

Manfaat dan Cara Pemakaian Vitamin C di Pagi Hari

Ilustrasi Perawatan Wajah
Ilustrasi Perawatan Wajah di Pagi Hari/credit: freepik

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan paling kuat. Hal ini berarti saat siang hari vitamin C dapat bekerja melindungi kulit dari unsur-unsur berbahaya seperti polusi, radikal bebas, sinar UV dan faktor lainnya yang dapat membuat kulit tampak kusam. Jika menggunakan serum vitamin C di siang hari, maka harus selalu diikuti dengan minimum SPF30 untuk membantu melindungi dari paparan sinar matahari.

Namun jika kulit kamu sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi, maka kamu dapat menggantinya dengan menggunakan antioksidan lembut di siang hari dan beralih menggunakan vitamin C di malam hari. Selain itu, kamu dapat memilih serum vitamin C dengan kadar yang lebih rendah dan cenderung tidak menyebabkan sensitivitas atau reaksi apapun.

Manfaat dan Cara Pemakaian Vitamin C di Malam Hari

Ilustrasi Perawatan Wajah
Ilustrasi Perawatan Wajah di Malam Hari/credit: pexels

Ketika tidur, kulit akan mengalami proses perbaikan alami. Selama tidur pun aliran darah meningkat dan membangun kembali kolagen serta memperbaiki kerusakan seperti garis halus, kerutan dan bintik penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Artinya, menggunakan serum vitamin C pada malam hari akan memberikan dampak paling efektif pada kulit.

Jika kamu memilih untuk menggunakan vitamin C di malam hari, kamu harus selalu memastikan bahwa kamu menggunakan SPF pada hari berikutnya guna memastikan hasil yang maksimal.

Manfaat Pemakaian Vitamin C di Pagi dan Malam

Skincare/mlg
Ilustrasi Ferulic Acid/copyright shutterstock

Jika menggunakan vitamin C di pagi dan malam hari, kamu bisa mendapatkan manfaat dari sifat antioksidan kuat vitamin C tersebut. Namun perlu diingat, kulit memiliki batas untuk menyerap vitamin C. Setelah batas tercapai, produk tambahan pada dasarnya akan terbang sia-sia. Jadi, ketika kamu menggunakan produk yang lebih lembut dan memiliki kadar vitamin C lebih rendah, kamu sebaiknya menggunakan dalam dua kali sehari. Tetapi jika serum kamu memiliki tingkat lebih tinggi dan kuat, maka sebaiknya gunakan pendekatan “less is more” dan tetap menggunakan sekali saja.

Jadi, Harus Menggunakan Vitamin C di Pagi atau Malam?

Pada dasarnya, pemakaian skin care tentu saja bergantung pada kulit masing-masing individu. Sebagian besar lebih suka menggunakan serum vitamin C di pagi hari akibat sifat antioksidannya dan dapat melindungi kulit dari polusi serta radikal bebas. Namun, tak lupa diikuti dengan SPF dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Jika kulit kamu cenderung sensitif, maka penggunaan vitamin C pada malam hari sangat disarankan. Selama tidur, proses perbaikan kulit paling optimal sehingga penggunaan vitamin C di malam hari lebih baik.

Sahabat Fimela biasanya pakai serum Vitamin C di pagi atau malam hari, nih?

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela