Sukses

Beauty

Parfum Bisa Kedaluwarsa? Begini Tanda-Tandanya

Fimela.com, Jakarta Parfum sering dijadikan barang koleksi bagi para wanita, mulai dari mengoleksi botol hingga mengeksplor wewangiannya. Tetapi, akibat mengoleksi dengan jumlah banyak sering membuat kamu lupa dengan kedaluwarsa parfum tersebut. Apakah parfum kedaluwarsa aromanya bisa hilang?

Tidak ada yang lebih buruk dari aroma parfum favorit telah berubah. Hal ini diduga karena parfum mulai kedaluwarsa dan tak akan mengeluarkan aroma yang maksimal seperti muncul aroma tidak sedap bahkan warnanya tidak lagi sama.

Jika memperhatikan kemasan pada produk skincare, biasanya informasi terkait tanggal kedaluwarsa dapat dengan mudah ditemukan. Namun, apakah Sahabat Fimela pernah menemukan tanggal kedaluwarsa parfum? Benarkah parfum bisa kedaluwarsa? Simak ulasannya disini.

Parfum Kedaluwarsa Menurut Ahli

Dilansir Woman and Home, Senin (11/10/2021), ahli wewangian di the Perfume Shop Rebecca Wilkin menjelaskan parfum bisa bertahan antara 1 tahun hingga 10 tahun. Namun, faktor-faktor seperti kualitas bahan dan cara seseorang menyimpannya akan mempengaruhi pada berapa lama parfum itu bisa bertahan.

“Rata-rata, kamu harus mengharapkan parfum baru bertahan antara tiga dan lima tahun sebelum kamu mulai melihat perubahan pada aromanya. Meskipun sekali lagi, itu tergantung pada seberapa baik kamu merawatnya. Faktor-faktor seperti panas dan sinar matahari langsung dapat menyebabkan bahan tidak stabil dan padam,” ujarnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Parfum Kedaluwarsa?

Tak perlu khawatir jika aroma favoritmu tidak tepat, ada beberapa cara untuk mengetahui parfum sudah kedaluwarsa dengan menggunakan indera penglihatan dan penciuman. “Awasi perubahan warna dan percayai hidungmu. Aroma favorit akan akrab bagi kamu, jika sudah tidak berbau seperti dulu maka hari-hari berikutnya sudah terhitung kedaluwarsa,” tutur Rebecca.

Ketika botol parfum dibuka, maka akan terkena oksigen yang di mana hal ini dapat mengubah molekul parfum dan menyebabkan teroksidasi. Harga dan kualitas juga menjadi salah satu faktor, bahkan barang mewah terbaik sekali pun bisa mulai rapuh jika dibiarkan di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

Rebecca juga menjelaskan, “Parfum dengan aroma lebih berat cenderung bertahan lebih lama, seperti wewangian chypre dengan aroma dasar seperti nilam, out atau amber. Sedangkan aroma ringan seperti bunga, aroma hijau atau jeruk bisa lebih mudah menguap dan mungkin tidak bertahan lama,”.

Cara Parfum Bisa Bertahan Lebih Lama

Kesimpulannya, parfum dapat kedaluwarsa dan sebaiknya Sahabat Fimela mempelajari cara agar parfum favorit bisa bertahan lebih lama. Jauhkan parfum dari sinar matahari langsung. Parfum juga bisa bertahan lebih lama berkat menggunakan stabilisator dan filter UV yang membuat molekul parfum cenderung tidak teroksidasi.

Rebecca menyarankan agar menyimpan parfum di ruangan dengan suhu yang stabil sebab fluktuasi panas dapat dengan cepat mempengaruhi bahan-bahannya. Parfum dapat disimpan di tempat yang sejuk, gelap dan kering seperti laci atau lemari. Jika rumah kamu hangat, lemari es juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Yuk, coba terapkan cara-cara diatas agar parfum favorit Sahabat Fimela bisa bertahan lebih lama!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading