Sukses

Beauty

Ketahui Waktu Terbaik untuk Menggunakan Sunscreen dan Cara Pengaplikasiannya

Fimela.com, Jakarta Menggunakan sunscreen merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan sunscreen, kita dapat melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit. Sifat sinar UV dapat menghasilkan sifat radikal bebas yang menimbulkan masalah kulit, seperti kulit kusam, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen yang tepat perlu jadi perhatian. Sunscreen menjadi upaya untuk memproteksi kulit kita, tidak hanya dari debu dan polusi, tetapi juga dari sifat inflamasi yang dapat membakar kulit kita. Paparan sinar matahari, terutama pada siang hari, berpotensi untuk membakar dan mengubah warna kulit asli.

Penting bagi kita untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan sunscreen, serta kapan sunscreen harus diaplikasikan ulang. Pemilihan jenis sunscreen pun menjadi penting dalam melindungi kulit. Berikut informasinya.

Kapan kita harus menggunakan sunscreen

Waktu paling tepat untuk menggunakan sunscreen adalah sebelum keluar ruangan. Namun, tidak berarti kita tidak perlu menggunakan sunscreen pada saat di dalam ruangan. Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan serta blue light dari gadget yang kita gunakan, juga diketahui dapat merusak jaringan kulit.

Dikutip dari webmd.com, kita wajib menggunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar dari rumah. Hal ini dilakukan agar sunscreen dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit sehingga tidak mudah pudar dari kulit.

Jika Sahabat Fimela akan melakukan aktivitas hiburan, seperti berenang atau olahraga, aplikasikan sunscreen pada saat sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Hal ini disebabkan oleh sunscreen yang dapat luntur karena air dan keringat. Maka dari itu, pengaplikasian ulang sunscreen menjadi wajib.

Atau ketika kita melakukan aktivitas luar dalam jangka waktu yang panjang. Kenakan sunscreen secara rutin, dapat menggunakan opsi sunscreen spray agar lebih praktis. Lalu, jangan lupa untuk menggunakan topi atau baju yang dapat menghindarimu dari sinar matahari.

Bagaimana cara menggunakan sunscreen

Cara menggunakan sunscreen yang tepat menjadi kunci penting untuk melindungi kulit kita. Untuk bagian wajah, aplikasikan dua strip tebal sunscreen kepada jari telunjuk dan tengah. Lalu, oleskan sunscreen kepada wajah dan balur hingga merata.

Untuk bagian tubuh, seperti kaki, tangan dan area lainnya, gunakan sunscreen pada keseluruhan tubuh dengan jumlah yang cukup. Aplikasikan sunscreen secara tebal dan balur ke seluruh area. Berhati-hatilah dalam menggunakan sunscreen di area yang sensitif, seperti mata atau luka.

Dikutip dari aad.org, pemilihan sunscreen dengan SPF 30 atau ke atas, menjadi baik bagi tubuh kita. Karena SPF yang tinggi dapat memberi kita perlindungan secara ekstra dari sinar UVA dan UVB. Cermat dalam memilih sunscreen dengan kandungan yang tepat untukmu, agar terhindar dari iritasi maupun alergi.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading