Sukses

Beauty

7 Jenis Serum yang Cocok untuk Setiap Kulit Sensitif hingga Berminyak

Fimela.com, Jakarta Dalam rangkaian skincare, serum menjadi sorotan dan favorit bagi para pengguna. Dengan konsentrasi yang tinggi, banyak orang meyakini serum sebagai produk yang cukup ampuh mengatasi masalah kulit.

“Serum memberikan konsentrasi tinggi bahan perawatan kulit aktif ke kulit. sifat aktif akan tergantung pada masalah perawatan kulit,” kata Dr Mary Sommerlad, konsultan dermatologis.

Tekstur yang lebih ringan daripada pelembap dan krim, membuat serum lebih cepat diserap kulit. Namun penting untuk mengetahui jenis serum apa yang cocok dengan kebutuhan kulit. Bagaimana cara menentukan jenis serum dengan kandungan yang tepat untuk jenis kulitmu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Kulit dewasa

Untuk kulit dewaa, efek retinol menjadi kandungan terbaik pada serum. Ia akan meningkatkan produk kolagen, meratakan warna kulit, dan meningkatkan pergantian sel. Direkomendasikan juga vitamin C untuk efek antioksidan sebagai faktor pendamping penting dalam produksi kolagen.

Kulit dewasa cenderung mengalami kulit lebih kering dan agak sulit mempertahankan kelembapan. Sehingga disarankan memasukkan asam hialuronat dalam serum, tetapi juga dapat membantu mengimbangi kekeringan yang disebabkan oleh retinol.

 

2. Warna kulit yang lebih gelap

Untuk melindungi, menutrisi, dan merawat warna kulit yang lebih gelap, sangat penting untuk menggunakan serum yang kaya dan antioksidan. Minbyak biji baobab menawarkan kandungan antioksidan tertinggi, meningkatkan produksi kolagen, dan mencerahkan bintik-bintik gelap, serta mengunci kelembapan.

Direkomendasikan juga minyak marula untuk mengatasi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat. Terdapat vitamin C di dalamnya untuk meratakan warna kulit dan menjaga elastisitas kulit.

3. Kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, carilah serum yang menghidrasi dengan ringan. Ia tidak akan menyumbat pori-pori dan meninggalkan residu berminya. Ini efektif dalam menjaga kulit terhidrasi dengan baik.

4. Sensitif

Jika kulitmu mudah bereaksi dengan bahan aktif, direkomendasikan untuk menggunakan serum yang memicu reaksi tertentu. Melainkan menggunakan asam hialuronat untuk menghidrasinya dengan formula ringan.

 

5. Kering

Lagi-lagi asam hialuronat menjadi kandungan yang direkomendasikan untuk kulit kering. Sebagai humektan yang sangat efektif, ia memiliki kemampuan untuk menjebak dan menahan molekul air untuk secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit.

6. Kombinasi

Kulit kombinasi dapat mengalami kekusaman di beberapa area. Sehingga cari serum yang serba bisa. Kamu bisa menggunakan vitamin C yang memiliki manfaat antioksidan serta kemampuan membantu masalah pigmentasi.

7. Acne prone

Pengelpasan kimiawi sangat penting untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Berarti asam hidroksi, seperti asam salisilat, laktat, dan asam glikolat yang menjadi bahan terbaik untuk merawat kulit acne prone. Kamu juga bisa menggunakan niacinamide untuk mengatur produksi sebum serta vitamin C untuk mengurangi pigmentasi kulit.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading