5 Tips Merawat Rambut agar Kuat dan Berkilau

Fimela Reporter26 Okt 2021, 15:35 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 15:35 WIB
5 Tips Merawat Rambut Agar Kuat dan Berkilau

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti ingin mempunyai rambut yang sehat dan berkilau. Karena rambut merupakan mahkota dari semua perempuan. Merawat rambut agar sehat tidak harus dilakukan di salon kok! Kamu bisa melakukan perawatannya di rumah namun tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Penasaran gimana caranya kan? Yuk cek tipsnya dibawah ini!

1. Sisirlah rambut dalam keadaan kering

Kamu tidak disarankan untuk menyisir rambut dalam keadaan basah. Karena rambut yang basah mempunyai tekstur yang gampang rapuh sehingga mudah sekali patah dan gampang tercabut. Selain itu menyisir rambut dalam keadaan basah juga membuat rambutmu menjadi lebih kusut loh!

2. Kurangi penggunaan alat hairstyling terlalu panas

Buat kamu yang sering menggunakan alat hairstyling seperti hairdryer, catokan, dan alat curly, sebaiknya kurangi penggunaannya. Karena menggunakan alat hairstyling bisa membuat rambutmu rusak jika dipakai dengan temperatur yang terlalu panas. Lebih baik jika kamu ingin menggunakannya pakailah dengan temperatur yang sedang dan gunakan vitamin rambut terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

3. Mencuci rambut dengan air dingin

5 Tips Merawat Rambut Agar Kuat dan Berkilau
Mencuci rambut dengan air dingin / copyright shutterstock

Kamu tahu ga sih jika keramas dengan air dingin sangat bermanfaat dibandingkan dengan air panas? Karena air dingin bisa mencegah rambut rontok dan juga menguatkan akar rambut karena peredaran darah yang lancar. Jadi, usahakan kamu selalu mencuci rambut dengan air dingin yaa.

4. Trimming rambut seperlunya

Rambut bercabang merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami setiap orang. Cara mengurangi rambut bercabang adalah dengan melakukan trimming rambut agar rambut kamu bisa meregenerasi dengan baik. Tetapi, jangan terlalu sering melakukannya karena tremming yang terlalu sering malah akan menghambat regenerasi rambut itu sendiri. Bila kamu ingin tremming, cukup lakukan sebulan sekali saja.

5. Biarkan rambut terurai

Bagi sebagian orang menguncir rambut adalah sebuah kewajiban karena akan membuat penampilan terlihat lebih rapi. Namun, menguncir rambut terlalu sering akan merusak akar rambut sehingga menjadikan rambut kamu mudah rontok. Selain itu, jika kamu menguncirnya terlalu ketat itu akan membuat saraf kepala menjadi tegang dan membuat kamu menjadi pusing.

Buat kamu yang ingin mempunyai rambut yang kuat dan berkilau tapi gamau perawatan di salon bisa banget ikutin tips-tips di atas loh! Dengan melakukan beberapa tips di atas dijamin kamu bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus ke salon.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela