Sukses

Beauty

3 Makanan Sehat Ini Bantu Atasi Masalah Jerawat Punggung dan Bekasnya

Fimela.com, Jakarta Mengatasi masalah jerawat dan bekasnya memang terkadang menyulitkan. Perlu perhatian khusus, baik dari perawatan hingga kebiasaan yang harus kita ikuti. Dengan merawat diri, kita dapat mencegah masalah jerawat sekaligus meningkatkan penampilan kita.

Masalah jerawat pun dapat datang dalam berbagai jenis. Salah satunya jerawat punggung. Dikutip dari healthline.com, jerawat punggung muncul pada saat kulit menghasilkan sebum yang berlebih. Sebum tersebut akan berpindah ke folikel rambut, yang akhirnya mengakibatkan penumpukan sel pada pori-pori. Penumpukan ini akan menimbulkan terkumpulnya bakteri pada kulit, sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Masalah jerawat punggung dapat disebabkan dari berbagai faktor, mulai dari genetika, pengobatan, hormon, aktivitas gerak, stres hingga asupan yang kita konsumsi. Penting untuk mengetahui penyebab dari timbulnya jerawat sebelum memilih perawatan yang tepat.

Namun, tak perlu khawatir, karena kita dapat mencegah masalah jerawat punggung dari dalam. Melalui asupan yang kita konsumsi, kita dapat meningkatkan upaya untuk mengatasi jerawat punggung. Berikut 3 jenis makanan rekomendasi para ahli, untuk mencegah masalah jerawat punggung dan bekasnya, yang dikutip dari everydayhealth.com.

Makanan antiinflamasi

Tak jarang, jerawat disebabkan oleh inflamasi yang terjadi pada kulit. Maka dari itu, mengonsumi makanan yang mengandung zat antiinflamasi dapat menjadi solusi untuk mengatasi jerawat punggung.

Buah beri, kacang-kacangan, biji-bijian, menjadi makanan antiinflamasi yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dibuktikan oleh studi yang menyatakan, dengan mengonsumsi makanan yang tinggi dengan asam lemak omega-3 dan omega 6, dari kacang-kacangan dan lemak ikan, dapat membantu untuk mengurangi dampak inflamasi, level androgen dan gejala jerawat.

Makanan rendah glikemik

Makanan dengan kadar glikemik yang tinggi seperti permen, minuman kaleng, beras putih, kentang goreng, serta sereal dengan kadar fiber rendah, dapat menjadi pemicu masalah jerawat. Hal ini diakibatkan oleh kadar insulin dalam tubuh yang meningkat, sehingga produksi sebum dan minyak pada lapisan kulit kian meningkat.

Untuk mencegah masalah jerawat sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, konsumsi makanan rendah glikemik dapat memberikan banyak manfaat. Gantilah makanan manismu dengan buah-buahan atau salad sayur untuk mencegah jerawat punggung.

Makanan tinggi zinc

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi zinc dapat membantu tubuh menangkal berbagai radikal bebas agar tidak terserap dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineralnya yang dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Zinc akan membantu tubuh untuk menekan inflamasi dan peradangan pada kulit, serta menahan produksi sebum berlebih.

Sahabat Fimela dapat mengonsumsi zinc melalui makanan sehari-hari seperti roti gandum, bayam dan biji labu, atau dari makanan laut, seperti oysters dan ikan. Dengan mengonsumsi zinc, kita juga mencegah tumbuhnya sel tumor necrosis factor.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading