Sukses

Beauty

Stretch Mark Muncul di Payudara? Simak di Sini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ketika bicara tentang stretch mark, maka bayangan yang biasa muncul di benak kita adalah garis-garis pada bokong dan paha, benar? Faktanya, stretch mark bisa muncul di manapun di kulitmu yang memiliki kemampuan untuk meregang, tak terkecuali payudara.

Stretch mark yang munculnya di payudara sama halnya dengan stretch mark pada area lain di tubuhmu. Dimulai dengan kolagen dan elastin kulit, protein yang menjaga kulit tetap kencang, memberikan kualitas elastis yang memungkinkannya mengembang dan berkontraksi sebagai respon terhadap fluktuasi moderat dalam bentuk dan ukuran.

Selama periode pertumbuhan atau peregangan yang cepat, dermis mungkin tidak bisa memproduksi kolagen dan elastin secepat kulit diregangkan, menghasilkan robekan yang sangat kecil. Payudara adalah area umum untuk melihat perubahan ukuran yang cepat, karena pubertas, penambahan berat badan, penurunan berat badan, dan melahirkan anak, seperti dilansir dari huffpost.com.

Genetika juga bisa memainkan peran besar dalam menentukan siapa yang mengembangkan stretch mark, serta kondisi hormonal, seperti sindrom cushing, yang menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol. Seseorang dengan payudara yang lebih besar juga lebih rentan terhadap stretch mark karena kulit meregang lebih jauh, daripada mereka yang memiliki ukuran cup lebih kecil.

 

Stretch mark yang muncul di payudara

Bra yang mendukung dalam ukuran yang benar bisa membantu mencegah stretch mark. Tanpa bra dan olahraga tanpa sport bra untuk jangka waktu lama, hanya kan meningkatkan risiko munculnya stretch mark di payudara.

Jika kamu ingin mencegah stretch mark terbentuk atau bahkan memburuk, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit dengan baik. Kebiasaan gaya hidup tertentu, seperti merokok dan paparan sinar UV berdampak negatif pada elastisitas kulit, sehingga kemungkinan besar stretch mark akan terbentuk.

Untuk mencegahnya, hindari merokok dan selalu kenakan pakaian pelindung atau tabir surya di area kulit yang terbuka. Jika kamu sudah memiliki stretch mark dan ingin memudarkannya, lakukan perawatan topikal.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading