Sukses

Beauty

Magnificent Environmental Brand - Sensatia Botanicals: Produk Perawatan Tubuh dari Bahan Alami yang Mengedepankan Kesejahteraan Pekerja

Fimela.com, Jakarta Saat ini semakin banyak produk kecantikan yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit dan wajah. Melainkan peduli terhadap lingkungan hingga para pekerja yang memproduksi produk tersebut.

Sensatia Botanicals menjadi salah satu brand kecantikan lokal yang tidak hanya sekedar bisnis. Melainkan berfokus pada kesejahteraan pekerja hingga lingkungan hidup dengan menggunkaan bahan-bahan alami.

Produk ini didirikan sebuah desa nelayan kecil Jasri yang terletak di Karangasem di pantai timur Bali, Indonesia. Pada tahun 2000, dimulai sebagai fasilitas produksi kecil yang berfokus pada pembuatan sabun kelapa alami yang diekspor ke pembeli di luar Indonesia.

Kurangnya pasokan produk kosmetik alami di pasar selama periode itu memicu perusahaan untuk tumbuh menjadi lebih dari sekadar bisnis pembuatan sabun karena mulai menambahkan produk perawatan kulit ke dalam portofolionya.

Dari awal yang sederhana, Sensatia Botanicals telah secara aktif mempekerjakan penduduk lokal Karangasem yang menghasilkan lebih dari 70 persen dari total jumlah karyawan.

Dalam upaya berkelanjutan untuk mendukung masyarakat setempat, perusahaan juga menetapkan sistem bagi hasil yang membuat karyawannya menjadi pemegang saham 20 persen dari perusahaan produksi utama, PT Sensatia Botanicals. Rencana ini memungkinkan perusahaan untuk memfasilitasi personel dengan penghasilan tambahan tergantung pada profitabilitas bisnis untuk mempromosikan kesetaraan di antara pekerja dan administrator.

Hingga saat ini, Sensatia Botanicals memiliki lebih dari 150 varian mulai dari perawatan kulit, perawatan rambut hingga perlindungan dari sinar matahari; yang semuanya menggunakan bahan-bahan murni dan alami. Khusus untuk minyak atsiri, perusahaan memberikan perhatian khusus pada negara asal yang berperan besar pada aroma, bioaktivitas, dan kualitas minyak.

Sensatia Botanicals sudah terdaftar secara resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM) dan mendapatkan Sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP) di bawah Asean Cosmetic Directive yang menjadikannya sebagai perusahaan bersertifikat GMP pertama di Bali di tahun 2013. Serta sudah mendapatkan sertifikasi Halal.

Tujuan yang tidak hanya berbisnis

Sejak awal, Sensatia Botanicals bertujuan untuk menjadi lebih baikdari sekedar merek perawatan kulit. Selain kesejahteraan pekerja, produk ini bertujuan untuk menjaga keberlanjutan dan berdampak sekecil mungkin terhadap lingkungan.

Sambil berkomitmen untuk memberikan kembali kepada masyarakat lokal, Sensatia Botanicals juga menargetkan untuk meminimalkan jejak lingkungan dan menegaskan kembali komitmennya untuk memerangi perubahan iklim.

Upaya tersebut termasuk menahan diri dari penggunaan minyak sawit karena lebih banyak area hutan tropis dan ekosistem lain dengan nilai konservasi tinggi telah dibuka untuk memberi ruang bagi perkebunan kelapa sawit monokultur yang luas.

Ini juga mencakup tidak adanya pengujian hewan dan zat keras seperti paraben dalam proses pembuatan produk, sepenuhnya mengetahui bagaimana pilihan konsumen sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan mereka dan keadaan planet ini.

Perusahaan juga secara aktif mendorong pelanggan untuk membawa kembali botol kosong Sensatia Botanicals ke salah satu toko untuk didaur ulang. Di tingkat industri, ini mendorong klien untuk mengumpulkan botol perlengkapan kosong untuk diambil secara gratis oleh Sensatia Botanicals, kemudian didistribusikan ke pusat daur ulang di mana sampah plastik diubah kembali menjadi barang plastik daur ulang yang dapat digunakan seperti palet industri.

Sensatia Botanicals menyambut para penggemar produk kecantikan alami dengan menjalankan lebih dari 20 toko fisik di wilayah Bali dan Jawa yang menampilkan konsultan kecantikan untuk membantu pelanggan menemukan perawatan kulit yang cocok untuk mengatasi masalah kulit unik individu.

Vote Sensatia Botanicals jadi FIMELA Magnificent Environmental Brand favoritmu

Sensatia Botanicals masuk menjadi salah satu nominasi kategori Magnificent Environmental Brand dalam penghargaan Magnificent 11 Awards Fimela. Bagi Sahabat Fimela yang ingin menjadikan Sensatia Botanicals sebagai environmental brand bisa memberikan voting, silakan klik di sini.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading