7 Tahapan Skincare Agar Wajah Tampak Lebih Muda

Anisha Saktian Putri14 Des 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2021, 14:00 WIB
7 Tahapan Rutinitas Skincare Agar Wajah Tampak Lebih Muda

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 30an, tanda-tanda penuaan semakin terlihat mulai dari garis halus di wajah, kantung mata, hingga kerutan. Hal ini memang tidak bisa dihindari, sebab semakin bertambahnya usia kolagen dalam tubuh akan berkurang.

Meski begitu, sahabat Fimela harus tetap mencari strategi anti-penuaan agar wajah tampak awet muda meski bertambahnya usia. Salah satunya caranya dengan rutin menggunakan perawatan wajah dengan produk skincare.

Melansir healthline, berikut ini tahapan menggunakan produk skincare yang dibutuhkan untuk anti aging. Mari simak ulasannya.

1. Mencuci wajah dengan pembersih yang lembut

ilustrasi rekomendasi pencuci wajah/TORWAISTUDIO/shutterstock
ilustrasi rekomendasi pencuci wajah/TORWAISTUDIO/shutterstock

Mencuci wajah tahap pertama yang penting untuk menghilangkan produk perawatan kulit atau riasan yang telah digunakan sepanjang hari, serta minyak kulit alami, polutan, dan bakteri yang terakumulasi.

Membersihkan wajah juga dapat membuat produk perawatan kulit akan lebih masuk ke kulit dan bekerja lebih efektif!

Namun hati-hati dalam memilih produk pembersih, sebab kandungan pH tinggi sangat keras dan dapat membuat kulit rentan terhadap iritasi dan infeksi. Jadi carilah pembersih dengan pH rendah berfungsi untuk menjaga keseimbangan kulit yang optimal.Bahan lain yang harus dihindari adalah sodium lauryl sulfate, karena sangat keras.

2. Toner

ilustrasi eksfolasi wajah dengan toner/Look Studio/shutterstock
ilustrasi eksfolasi wajah dengan toner/Look Studio/shutterstock

Tahap kedua ialah menggunakan toner, sebab di masa lalu toner dibuat untuk mengembalikan pH kulit yang rendah setelah wajah dibersihkan dengan pembersih. Gunakan keseluruh wajah hingga leher. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu.

3. Serum

Serum yang digunakan untuk berbagai permasalahan wajah/dok. Unsplash mathilde
Seperti apa keampuhan serum yang mampu mengatasai berbagai permasalahan wajah dari jerawat hingga kulit kusam?/dok. unsplash mathilde/paulynn/shutterstock

Secara umum, serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap. Bahan anti penuaan terbaik yang harus diwaspadai adalah turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene) dan vitamin C (asam L-askorbat dan magnesium ascorbyl phosphate).  

Selain meningkatkan kolagen di kulit, mereka juga bertindak sebagai antioksidan untuk menyerap stres oksidatif biologis dan lingkungan yang menumpuk hingga menyebabkan penuaan.Gunakan dengan ditepuk-tepuk diseluruh wajah dan leher jangan digosok-gosokan.

4. Moisturizer

Manfaat penggunaan moisturizer pada kulit wajah
Ilustrasi Penggunaan Moisturizer Credit: shutterstock.com

Seiring bertambahnya usia, sebum juga berkurang. Meskipun ini berarti lebih sedikit kemungkinan timbulnya jerawat, itu juga berarti kulit akan lebih mudah kering. Salah satu alasan utama munculnya garis-garis halus adalah hidrasi kulit yang tidak memadai, tetapi untungnya hal ini dapat diatasi dengan mudah dengan pelembab yang baik!

Carilah pelembab yang mengandung humektan yang mengikat air seperti gliserin dan asam hialuronat. Sebuah oklusif seperti petrolatum (secara komersial dikenal sebagai Vaseline, meskipun Aquaphor juga bekerja) dan minyak mineral di malam hari dapat mencegah penguapan air dari kulit. Namun pastikan kulit bersih agar tidak terjebak bakteri!

5. Selalu gunakan tabir surya

Sunburn/sunscreen
Ilustrasi sunburn/sunscreen. (Foto: shutterstock.com)

Tahap selanjutnya, perlindungan matahari adalah salah satu cara jitu untuk menjaga kulit terlihat semuda mungkin.  Matahari bertanggung jawab atas begitu banyak tanda penuaan yang terlihat pada kulit sehingga kerusakan akibat sinar matahari mendapat kategori khusus dalam dermatologi: photoaging.

Sinar UV matahari dapat menyebabkan penuaan dengan: memecah kolagen dan menyebabkan kelainan pada elastin, yang menyebabkan kulit lebih tipis dan keriput dan menyebabkan tambalan berpigmen yang tidak merata untuk berkembang.Jadi gunakan tabir surya, dan bukan hanya untuk pergi ke pantai — gunakan setiap hari. 

Aplikasikan harian tabir surya SPF 30 spektrum luas dapat memudarkan bintik-bintik penuaan, memperbaiki tekstur kulit, dan meratakan kerutan hingga 20 persen hanya dalam tiga bulan, menurut sebuah studi baru-baru ini.  Para peneliti menyarankan bahwa tabir surya memungkinkan kulit beristirahat dari terus-menerus terpapar oleh sinar UV, sehingga kemampuan regeneratifnya yang kuat memiliki kesempatan untuk bekerja.

6. Exfoliant fisik atau kimia

Pemilik Kulit Sensitif Hindari Menggunakan Scrub Wajah
©Shutterstock

Seiring bertambahnya usia, kulit melambat dengan sendirinya. Sel-sel kulit mati tidak segera digantikan oleh sel-sel baru, yang berarti kulit mulai terlihat kusam dan tidak rata, dan bahkan mungkin pecah-pecah. Exfoliant adalah cara yang bagus untuk membantu mengangkat sel-sel mati dari kulit Anda.

Ada dua kategori utama exfoliant: fisik dan kimia. Sebaiknya hindari pengelupasan fisik yang keras, seperti scrub gula dan pembersih dengan manik-manik, karena membuat kulit lebih rentan kendur. Bisa gunakan seminggu sekali untuk kulit sensitif, dan seminggu dua kali untuk kulit normal dan kombinasi.

7. Olahraga

Anti Mager, Ini Dia 6 Tips Mudah Olahraga di Rumah Bagi Pemula
Memiliki panduan olahraga / copyright shutterstock

Selain menggunakan skincare, pola makan yang sehat hingga berolahraga membantu terlihat lebih muda dan membuat tetap bugar. 

Meskipun ini mungkin membutuhkan waktu untuk menunjukkan dan bisa sangat menuntut karena harus tanpa henti untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, tidak ada keraguan bahwa dapat mencapai apa yang diinginkan jika berkomitmen. Lalukan lah gerakan yang sederhana seperti bersepada, lari, zumba, atau yoga.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela