Sukses

Beauty

Apa Sebenarnya Penyebab Mata Panda? Simak Ini

Fimela.com, Jakarta Bangun dan mendapati mata panda, mungkin hal paling menyebalkan, bukan? Lingkaran hitam di bawah mata adalah masalah yang umum didapati pada kaum pria dan perempuan.

Pertama, penting untuk mengetahui faktor penyumbang terbesar yang menyebabkan mata panda, sehingga kamu bisa menentukan pilihan pengobatan terbaik. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya mata panda, penasaran?

1. Semakin tua

Alasan terbesar mengapa bagian bawah mata semakin terlihat gelap dan cekung adalah karena hilangnya volume secara alami di area wajah. Di bawah mata ada bantal khusus dari jaringan lunak yang disebut SOOF.

Seiring waktu, bantal jaringan ini akan menyusut dan turun, menyebabkan penurunan volume alami di bawah mata dan menciptakan bayangan. Ini salah satu penyebab paling umum dari munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Seiring bertambahnya usia, kulit halus yang menutupi area jaringan itu juga rentan kehilangan kolagen dan elastin, menyebabkan kulit lebih tipis, bahkan kehilangan volume dan bayangan menjadi lebih jelas. Kulit yang menjadi lebih tipis membuat tempat tidur kapiler yang lebih dalam menjadi terlihat, menyebabkan area di bawah mata tampak lebih gelap.

2. Dehidrasi

Jika kamu mengalami dehidrasi parah, jaringan tubuh akan mulai menyusut, termasuk kulit dan jaringan halus di bawah mata. Kafein, alkohol, dan diuretik lainnya bisa menyebabkan dehidrasi dan kamu membutuhkan lebih banyak air untuk pulih.

 

 

3. Tidak cukup tidur

Ini penyebab lingkaran hitam di bawah mata yang cukup terkenal. Ketidakteraturan tidur bisa menyebabkan mata menjadi gelap dan turun.

4. Menajamkan mata

Ketegangan mata tidak hanya merusak penglihatan, tapi juga memengaruhi penampilan bawah mata. Saat kamu berjuang melihat sesuatu dan mata tegang, pembuluh darah membesar di bawah kulit dan terlihat seperti lingkaran hitam.

5. Dermatitis kontak

Dermatitis bisa meninggalkan perubahan pasca inflamasi yang berkontribusi pada munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Cara terbaik untuk memeranginya adalah melakukan uji tempel sebelum menggunakan produk skincare baru dan memodifikasi rutinitas perawatan kulit untuk menghindari iritasi.

6. Alergi musiman

Alergi memiliki dampak umum pada penampilan di bawah mata. Pada dasarnya, peradangan dari konjungtivitis alergi, disertai gesekan sering pada area mata bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan memar.

Saat memar sembuh, hemosiderin berpigmen tertinggal, yang menyebabkan tanda gelap di bawah mata. Terlebih lagi, karena alergi sering disertai dengan peradangan.

7. Ada kondisi medis yang mendasari

Penyebab lingkaran hitam di bawah mata mungkin juga karena ada kondisi kesehatan yang mendasarinya. Ada kondisi seperti anemia, sindrom malabsorpsi, gizi buruk, kekurangan vitamin, hipotiroidisme, dan sindrom metabolik tertentu yang bisa menyebabkan mata panda.

8. Faktor gen

Di antara penyebab yang paling umum, ada faktor gen. Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan untuk menyamarkan tampilan mata panda, seperti menggunakan krim mata yang mengandung kafein, retinol, alga, dan asam hialuronat.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading