Sukses

Beauty

5 Cara Perawatan Tepat untuk Kulit Berminyak dan Memiliki Pori-Pori Besar

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit berminyak dengan pori-pori besar secara bersamaan memang sangat menantang dan itu bukan terjadi secara kebetulan. Minyak pada kulit kita dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar lagi.

Jadi, langkah awal perawatan adalah mengatasi kelebihan minyak untuk membantu mengurangi ukuran pori-pori kita. Hal lainnya yang membuat pori-pori bsar adalah jerawat, kerusakan karena sinar matahari, dan kulit kendur.

Melansir dari TLC, berikut perawatan tepat yang dibutuhkan untuk mengendalikan masalah kulit berminyak dan berpori besar;

1. Aturan Cuci Muka

Cuci muka dua kali sehari dan setiap berkeringat. Bersihkan wajah di pagi dan sore hari untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran serta menjaga pori-pori tetap bersih.

Kita memproduksi lebih banyak minyak saat berolahraga dan berkeringat, jadi mandilah setelah berolahraga dan melakukan pekerjaan fisik yang berat. Tujuan mencuci kulit wajah adalah untuk menjaga agar minyak tidak menumpuk, daripada menghilangkan sepenuhnya, sebab meski menjengkelkan, minyak adalah hal normal yang muncul termasuk pada kulit sehat.

 

 

2. Pilih pembersih wajah

Gunakan face wash bebas minyak dan bilang dengan air hangat. Cari juga pembersih non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori kita karena tujuannya adalah memperkecil pori.

Hindari pembersih mengandung alkohol atau bahan keras lain yang justru mengeringkan kulit wajah, seperti pewarna dan parfum. Karena hal itu memberi sinyal pada kulit untuk memompa lebih banyak minyak.

 

3. Pelembap bebas minyak

Setelah mencuci muka, oleskan pelembap bebas minyak. Banyak orang berpikir jika sudah memiliki kulit super oily, tidak lagi butuh pelembap. Tetapi mencuci muka dapat mengeringkan kulit dan merangsang lebih banyak produksi minyak, jadi pelembap harus menjadi bagian rutin dari perawatan kulit wajah kita.

Untuk perlindungan tambahan dari sinar matahari, pilihlah pelembap yang mengandung tabir surya dengan SPF minimal 30. Pelembap mengandung asam hialuronat sebagai bahan aktif yang membantu untuk menjaga kulit kita tetap sehat dan terhidrasi. Asam ini terjadi secara alami dalam tubuh manusia dan membantu mempercepat penyembuhan dan regenerasi jaringan.

 

4. Aturan Pilih Riasan

Pilih riasan water-based, oil-free, dan produk lembut yang dirancang untuk kulit berminyak dan berjerawat. Dengan begitu, kita tak perlu khawatir lagi dengan produksi minyak yang akan menyumbat pori-pori.

Jangan lupa selalu bersihkan riasan sebelum tidur, meskipun jenis makeup yang kita pakai bebas minyak. Hindari kosmetik yang tahan air atau tahan lama karena bisa sangat keras efeknya pada kulit, sebab formulanya sering kali mengering dan riasan sulit dihilangkan.

 

5. Aturan pakai kertas minyak

Pastikan untuk menyimpan kertas minyak saat pergi di tas. Tempelkan face papers tiap kali merasa wajah terlalu berminyak dengan cara menepuk-nepuk lembut di wajah agar menyerap.

Ingat, ditepuk jangan digosok. Menggosok kertas minyak di wajah hanya akan memperluas dan mengolesi minyak di seluruh wajah.

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading