Mengenal Manfaat dan Cara Menggunakan Ceramide untuk Kulit

Annissa Wulan16 Jan 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 16 Jan 2022, 16:00 WIB
Mengenal Manfaat dan Cara Menggunakan Ceramide untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Ceramide ada di tubuh secara alami dan membentuk setengah dari penghalang kulit. Pertanyaannya, jika tubuh sudah memiliki ceramide, mengapa kita perlu menambahkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit juga?

Ceramide dikenal sebagai bagian dari keluarga kompleks lemak atau lipid yang disebut sphingolipid. Salah satu cara terbaik untuk memahami bagaimana ceramide berfungsi adalah dengan membayangkan stratum korneum atau lapisan terluar epidermis, yang terbuat dari batu bata dan mortar.

Sel-sel kulit pada dasarnya adalah batu bata dan lipid atau lemak berada di antaranya, dan inilah yang disebut mortar. Mirip dengan bagaimana tumpukan batu bata tidak akan seefektif perlindungan tanpa mortar yang menyegel semuanya, begitu juga sel-sel kulit tanpa ceramide, seperti dilansir dari bustle.com.

Sangan penting agar struktur stratum korneum tetap utuh karena ia berfungsi sebagai penghalang untuk melindungi bagian kulit yang lain dan menjaga semua hidrasi tetap masuk. Ceramide secara alami berasal dari kulit, tapi juga bisa dibuat secara sintetis untuk digunakan dalam produk perawatan kulit, mengisi kembali apa yang hilang.

 

 

 

Apa kegunaan ceramide untuk kulit?

Mengenal Manfaat dan Cara Menggunakan Ceramide untuk Kulit
Simak di sini manfaat dan cara terbaik menggunakan ceramide untuk kulit, penasaran?

Seseorang akan kehilangan jumlah ceramide yang meningkat di usia 30-an dan 40-an. Dengan kata lain, menambahkan ceramide ke dalam rutinitas perawatan kulit seiring bertambahnya usia diperlukan untuk menjaga kulit yang terlihat dan terasa sehat.

Ceramide paling sering ditemukan dalam produk pelembap, tapi terkadang juga ada di pembersih, toner, dan serum berbahan aktif seperti retinoid dan asam glikolat, yang dimaksudkan untuk memungkinkan penetrasi ceramide lebih dalam ke kulit. Ceramide paling efektif dalam kemasan vakum, seperti wadah dengan dispenser pompa, yang mencegah udara masuk dan menjaga formula tetap stabil.

Ceramide bisa muncul pada label produk dengan berbagai nama, seperti ceramide AP, ceramide EOP, atau ceramide NP, yang terkadang menyebabkan kebingungan. Ada sembilan ceramide berbeda yang ditemukan di kulit dan perbedaannya didasarkan pada panjang rantai karbonnya. Walaupun struktur ceramide mungkin berbeda, fungsinya hampir sama.

Manfaat ceramide untuk kulit

Mengenal Manfaat dan Cara Menggunakan Ceramide untuk Kulit
Simak di sini manfaat dan cara terbaik menggunakan ceramide untuk kulit, penasaran?

1. Mengembalikan penghalang kulit. Hilangnya ceramide, baik karena penuaan, penggunaan exfoliant yang berlebihan dan sabun keras yang mengelupas kulit, atau sesuatu yang lain, menyebabkan stratum korneum terganggu dan memungkinkan bakteri masuk lewat celah-celah kecil dan menyebabkan iritasi. Mengisi ulang ceramide akan menjaga penghalang tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

2. Mengunci kelembapan. Penghalang kulit yang sehat menyegel kelembapan dan mencegah terjadinya kehilangan air, yang menyebabkan kulit kering.

3. Melindungi kulit. Ceramide bekerja melindungi kulit dari agresor lingkungan dan polusi.

4. Membuat kulit lebih tahan terhadap bahan aktif. Ceramide juga berfungsi melindungi kulit dari bahan kimia yang dipakai, yang cenderung menyebabkan iritasi.

5. Mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat. Penipisan dan penuaan kulit tidak hanya karena hilangnya atau rusaknya kolagen dan elastin, tapi penghalang kulit juga luar biasa penting untuk melindungi dan memelihara bagian kulit lainnya.

6. Membantu kondisi kulit inflamasi. Saat stratum korneum kulit tidak bekerja dengan baik, maka kulit bisa mengalami dehidrasi dan menyebabkan kehilangan air epidermal sementara. Hal ini membuat kulit kering, meradang, dan berisiko mengalami kondisi kulit inflamasi, seperti eksim, rosacea, jerawat, dan psoriasis.

7. Membuat kulit lebih halus. Ciri-ciri umum dari penghalang kulit yang terganggu adalah kekeringan, pengelupasan, dan garis-garis halus akibat dehidrasi. Mengembalikan lipid yang hilang bisa meningkatkan hidrasi di kulit dan meningkatkan tampilan secara keseluruhan.

Efek samping ceramide

Mengenal Manfaat dan Cara Menggunakan Ceramide untuk Kulit
Simak di sini manfaat dan cara terbaik menggunakan ceramide untuk kulit, penasaran?

Ceramide tidak memiliki efek samping yang diketahui. Tapi, kamu bisa menghindari reaksi alergi dan sensitivitas produk dengan menguji sejumlah kecil pada kulit terlebih dahulu.

Cara menggunakan

Sebagai pelembap ceramide bisa bekerja paling baik jika dioleskan segera setelah mandi untuk mengunci kelembapan ekstra. Ceramide juga bagus digunakan sebelum tidur.

Gunakan ceramide dua jali sehari. Gunakan pembersih terlebih dahulu, diikuti toner, dan serum, serta pelembap sebagai langkah terakhir di malam hari atau sebelum SPF di siang hari.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela