Cara Membedakan Psoriasis Kulit Kepala dengan Ketombe

Annissa Wulan20 Jan 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 16:00 WIB
Cara Membedakan Psoriasis Kulit Kepala dengan Ketombe

Fimela.com, Jakarta Jika kulit kepala terasa gatal dan kamu sering menemukan ketombe di bahu, apakah ini benar-benar ketombe atau bisa jadi psoriasis kulit kepala? Memang benar bahwa kedua kondisi di atas bisa menyebabkan munculnya serpihan putih yang mengganggu, tapi ketombe dan psoriasis kulit kepala muncul dari penyebab yang berbeda dan membutuhkan perawatan yang berbeda juga.

Ketombe adalah kondisi yang sangat umum pada kulit kepala yang menyebabkan munculnya serpihan kulit kering. Menurut American Academy of Dermatology, umumnya ketombe tidak memerlukan perawatan medis, tapi bisa terasa gatal dan tidak nyaman, seperti dilansir dari thegoodhousekeeping.com.

Penyebab ketombe

1. Ketidakseimbangan ragi

Ada sejenis ragi di seluruh tubuh yang disebut malassezia, bagian dari mikrobioma normal tubuh. Ketombe atau seborrhea disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari itu.

2. Kulit kepala berminyak

Ketombe juga bisa dikaitkan dengan peningkatan produksi minyak di kulit kepala.

3. Kulit kepala yang terlalu kering

Ketombe juga bisa disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu kering. Pengelupasan juga dapat disebabkan oleh penggunaan terlalu banyak produk di rambut atau tidak mencuci kulit kepala dan rambut dengan benar.

 

 

 

Apa itu psoriasis kulit kepala? Penyebab dan gejalanya

Cara Membedakan Psoriasis Kulit Kepala dengan Ketombe
Simak di sini penjelasan perbedaan antara psoriasis kulit kepala dengan ketombe, penasaran?

Psoriasis kulit kepala adalah kondisi yang sama sekali berbeda dari ketombe. Psoriasis bisa muncul di mana saja di tubuh dan menurut National Psoriasis Foundation, 45 hingga 56% orang yang menderita psoriasis memilikinya di kulit kepala.

Ini bisa terasa sangat gatal dan terkadang terasa terbakar atau nyeri. Berikut ini adalah penyebab psoriasis kulit kepala.

1. Psoriasis adalah hasil dari proliferasi berlebihan epidermis lapisan atas kulit, yang mengakibatkan plak tebal dan bersisik.

2. Penyebab proliferasi berlebihan adalah disregulasi kekebalan di sekitar sel-sel kulit. Menurut Journal of Psoriasis and Psoriatic Arthritis, psoriasis adalah penyakit yang dimediasi kekebalan, yang berarti bahwa penyebab yang tidak diketahui menyebabkan disregulasi sistem kekebalan yang menyebabkan peradangan. Sistem kekebalan yang terlalu aktif meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit, yang menumpuk menciptakan plak.

3. Umumnya, pada psoriasis kulit kepala, plak biasanya sangat kering, tidak berminyak, dan ada kemerahan.

4. Psoriasis kulit kepala bisa sangat mengganggu gaya hidup seseorang.

Bagaimana membedakan antara psoriasis kulit kepala dengan ketombe?

Cara Membedakan Psoriasis Kulit Kepala dengan Ketombe
Simak di sini penjelasan perbedaan antara psoriasis kulit kepala dengan ketombe, penasaran?

Warnanya, sangat membedakan psoriasis kulit kepala dengan ketombe. Psoriasis kulit kepala juga bisa menyebar di luar garis rambut dan di belakang telinga.

Ketombe tidak terkait dengan masalah sistemik dalam tubuh. Psoriasis dikaitkan dengan peningkatan risiko radang sendi kecil atau punggung bawah, yang disebut radang sendi psoriatik, serta masalah kardiovaskular yang berkaitan dengan peradangan.

Pengobatan untuk ketombe

Ada sampo khusus yang dujual bebas, dirancang untuk mengobati ketombe. Produk ini mengandung bahan yang berbeda, termasuk asam salisilat, seng pyrithione, tar batubara, dan selenium sulfida.

Perawatan untuk psoriasis kulit kepala

Psoriasis kulit kepala bisa sulit diobati karena rambut menutupi plak. Dokter biasanya memulai dengan dasar-dasar dalam mengobatinya, seringkali dengan resep obat radang topikal, suatu bentuk steroid.

Jika kamu memiliki psoriasis kulit kepala, carilah produk yang mengandung asam salisilat atau tar batubara. Sampo yang ditargetkan untuk psoriasis juga bisa membantu, seperti sampo dengan asam salisilat untuk mengatasi proligerasi berlebihan dari lapisan atas kulit di kulit kepala. Fototerapi, yang menggunakan sinar UV untuk memperlambat pertumbuhan sel, juga digunakan untuk mengobati psoriasis.

Jika psoriasis kulit kepala yang dialami dalam kategori sedang hingga parah, ada obat sistemik orang yang tersedia, yang menargetkan molekul dalam sel kekebalan. Tapi perlu diingat bahwa obat-obatan ini memiliki efek samping, jadi selalu konsultasikan dengan dokter kulit untuk mempertimbangkan pilihan terbaik.

Jika itu psoriasis kulit kepala, ini faktor gaya hidup yang harus dipertimbangkan

Cara Membedakan Psoriasis Kulit Kepala dengan Ketombe
Simak di sini penjelasan perbedaan antara psoriasis kulit kepala dengan ketombe, penasaran?

Stres bisa memperburuk psoriasis, karena stres meningkatkan hormon kortisol, yang pada gilirannya meningkatkan peradangan. Selain itu, seseorang dengan psoriasis kulit kepala harus mempertimbangkan untuk menghindari mewarnai rambut mereka.

Produk pewarna rambut, penataan rambut, dan bahan kimia bisa menyebabkan trauma pada kulit. Apa kamu juga menghadapi masalah yang sama, Sahabat FIMELA?

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela