Serba-serbi Moisturizer untuk Kulit Berminyak dan Beruntusan yang Harus Diketahui

Fimela Reporter14 Jan 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 14 Jan 2022, 08:00 WIB
Manfaat penggunaan moisturizer pada kulit wajah

Fimela.com, Jakarta Moisturizer menjadi salah satu rangkaian skincare yang penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Hal tersebut tak hanya berlaku untuk kulit normal saja, namun bagi pemilik kulit berminyak dan beruntusan juga wajib memasukan moisturizer ke list skincare untuk merawat kulit.

Kulit berminyak menyimpan dan memproduksi sebum atau minyak lebih dari yang dibutuhkan, sama halnya dengan kulit berjerawat. Jika melewatkan memakai moisturizer untuk kulit berminyak dan beruntusan, maka ini akan memperburuk masalah kesehatan kulit. Namun, jenis pelembap yang digunakan untuk kedua jenis kulit tersebut harus diformulasikan dengan khusus.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan dalam pelembap atau moisturizer untuk kulit berminyak dan beruntusan? Jangan khawatir, Fimela telah mengulas berbagai penjelasannya dari berbagai sumber, Kamis (30/12).

Bagaimana Cara Kerja Moisturizer?

skincare-kezo
ilustrasi Tips memilih kandungan moisturizer untuk kulit yang berminyak/Pixel-Shot/shuttershock

Sebelum masuk ke pelembap untuk kulit berminyak dan beruntusan, ketahui terlebih dahulu fungsi dari moisturizer.

Pelembap atau moisturizer merupakan salah satu bahan perawatan kulit yang memiliki tugas utama dalam menghidarsi kulit dan memberikan perlindungan pada wajah. Selain itu, ini juga membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit.

Moisturizer mengandung bahan-bahan dengan sifat emolien yang sangat baik sehingga bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi, baik bagi kulit berminyak, kering, berjerawat dan sebagainya.

Moisturizer untuk Kulit Berminyak

ilustrasi Tips memilih kandungan moisturizer untuk kulit yang berminyak/aslysun/shutterstock
ilustrasi Tips memilih kandungan moisturizer untuk kulit yang berminyak/aslysun/shutterstock

Faktor-faktor seperti polusi dan perubahan hormonal menjadi salah satu penyebab kulit berminyak. Ketika membersihkan kulit secara mendalam untuk mengurangi minyak, maka ini akan menghilangkan kelembapan kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit ntuk menyeimbangkan hilangnya kelembapan.

Dikutip Boldsky, moisturizer mampu memberikan dorongan nutrisi pada kulit berminyak dan membantu melawan berbagai masalah. Seperti yang telah disebutkan, bahan atau formulasi yang diperlukan untuk jenis kulit berminyak harus diperhatikan.

Dalam masalah kulit berminyak, maka bahan-bahan yang memberi kulit jumlah hidrasi yang dibutuhkan menjadi salah satu kepentingan. Salah satunya adalah formulasi gel yang terbaik untuk kulit berminyak, sebab bersifat ringan dan tidak membuat kulit berminyak serta dapat mengontrol minyak berlebih pada kulit. Beberapa bahan yang diperlukan dalam moisturizer untuk kulit berminyak, antara lain:

  • Glycerin
  • Jojoba Oil
  • Avocado Extracts
  • Tea Tree Oil
  • Hyaluronic Acid
  • Aloe Vera Extract
  • Squalene

Moisturizer untuk Kulit Berjerawat/Beruntusan

Munculnya Jerawat, Komedo, dan Flek Hitam
Ilustrasi Jerawat Pada Wajah Credit: freepik.com

Moisturizer yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat atau beruntusan adalah dengan menghindari pelembap yang konsistensinya sangat berat dan pilihlah produk bebas minyak untuk mengurangi kelebihan minyak tersebut pada permukaan kulit. Dengan demikian, usahakan untuk mencari moisturizer dengan formula ringan, bebas minyak yang menghidrasi, menenangkan dan membantu mencegah jerawat.

Dilansir Byrdie, inilah hal yang harus diperhatikan dalam moisturizer untuk jerawat:

Humektan

Pelembap berbahan dasar air dengan humektan seperti glistering dan asam hialuronat memiliki peran penting untuk kulit berjerawat, sebab ini akan menarik air ke dalam kulit untuk menjaga kelembapannya.

Bahkan, bahan tersebut tidak bersifat oklusif, yang mana membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit dan menyebabkan pori-pori tersumbat hingga memperburuk jerawat. Biasanya, pelembap jenis ini terasa ringan dan tidak terlalu kental atau berat.

Menenangkan/Soothing

Kulit berjerawat membutuhkan banyak TLC, maka yang terbaik dalam mencari moisturizer adalah dengan formulasi yang menenangkan atau soothing. Dengan demikian, bahan tersebut harus bebas dari wewangian/parfum, pewarna dan tumbuhan (karena dapat menyebabkan alergi atau mengiritasi kulit) serta alkohol.

Tetap menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak dan beruntusan ya! Jangan sampai terlewat.

 

*Penulis: Atika Riyanda Roosni.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela