Sukses

Beauty

10 Tips Perawatan yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki cara merawat kulit mereka masing-masing. Sarannya mungkin tidak terbatas, tapi memang bisa sangat sulit untuk menentukan strategi mana yang terbaik dan teraman untuk kulit, bukan?

Dilansir dari instyle.com, berikut ini adalah beberapa tips perawatan yang cocok untuk semua jenis kulit. Penasaran apa saja?

1. Jangan melewatkan tabir surya

Mengaplikasikan SPF setiap hari, terlepas dari warna kulit atau jenis, adalah satu-satunya langkah pencegahan terpenting yang bisa dilakukan siapapun untuk melindungi diri. Sinar UV bisa menyebabkan penuaan, perubahan pigmen yang berhubungan dengan sinar matahari, kendur akibat kerusakan kolagen dan kanker kulit, lebih dari faktor lingkungan atau genetik lainnya.

Selain manfaat perlindungan terhadap kanker kulit, tabir surya adalah bahan anti penuaan tunggal terbaik yang bisa kamu gunakan. Cukup ingat untuk mengaplikasikan tabir surya setiap hari, walaupun di luar sedang cerah, maupun hujan.

2. Gunakan serum antioksidan

Menggunakan serum berbasis antioksidan setiap hari berfungsi untuk melindungi diri dari agresor sehari-hari dari lingkungan. Salah satu antioksidan paling populer adalah vitamin C. Vitamin C topikal membersihkan radikal bebas yang merusak kulit, serta meningkatkan efek perlindungan matahari dari tabir surya.

3. Eksfoliasi

Pengelupasan kimia menawarkan bentuk pengelupasan kulit yang lebih lembut daripada scrub yang bisa ditoleransi untuk sebagian besar jenis kulit, termasuk yang sensitif. Pengelupasan kulit yang konsisten bisa memberikan kulit yang lebih halus, lebih bersih, dan lebih cerah. Saat dilakukan secara konsisten, eksfoliasi bisa merangsang kolagen untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta membuat kulit lebih bercahaya.

 

 

4. Menggunakan retinol

Retinol adalah bahan yang bisa membantu mengatasi tanda-tanda penuaan dini dan bintik hitam. Mengaplikasikan produk retinol sebelum tidur setiap malam dapat membantu memperbaiki kulit saat kamu tidur. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengatasi kerusakan akibat sinar matahari dan jerawat.

5. Hindari mandi terlalu panas

Mandi dengan air panas bisa mengeringkan kulit dan menghilangkan minyak alami, berpotensi menyebabkan kulit gatal. Suhu air yang paling sehat adalah suam-suam kuku atau mendekati suhu kamar.

6. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Menjaga kulit tetap terhidrasi adalah kunci mendapatkan kulit yang halus, kenyal, dan tampak awet muda. Cara terbaik untuk menghidrasi kulit adalah dengan mengaplikasikan pelembap pada kulit yang masih lembap.

Metode ini dilakukan untuk mencegah kehilangan air transepidermal dan menjadikan pelembap bekerja paling efektif. Cara lain untuk menjaga kulit tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak air sepanjang hari.

7. Pilih produk berbasis air

Gunakan produk perawatan rambut berbahan dasar air. Ya, perawatan rambut.

Produk perawatan rambut berbasis minyak dan lilin bisa menyebabkan jerawat, terutama di sekitar garis rambut.

8. Menambahkan produk perawatan kulit baru secara bertahap

Jangan merombak rutinitas perawatan kulit sekaligus. Mulailah secara konservatif dengan beberapa produk yang sesuai dengan jenis atau masalah kulit dan hanya menambahkan satu produk dalam satu waktu. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan produk apa saja yang menyebabkan iritasi atau perubahan pada kulit.

9. Tetap dengan rutinitas yang bekerja untuk kulitmu

Jika kamu sudah memiliki rutinitas perawatan kulit yang cocok, patuhi, dan sesuaikan formulanya untuk perubahan seperti musim. Produk harus fokus pada perhatian khusus kulitmu dan ini tidak hanya mencegah potensi iritasi atau pori-pori tersumbat, tapi juga membuat rejimen lebih mudah untuk diikuti dan dilakukan.

10. Sabar

Perbaikan kondisi kulit seperti jerawat atau hiperpigmentasi terlihat secara bertahap, seringkali selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading