Fakta Penggunaan DMDM Hydantoin dan Formaldehyde dalam Perawatan Rambut yang Viral di TikTok

Annissa Wulan18 Jan 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 20:30 WIB
Fakta Penggunaan DMDM Hydantoin dan Formaldehyde dalam Perawatan Rambut yang Viral di TikTok

Fimela.com, Jakarta TikTok memang saat berisi banyak hal, mulai dari konten yang membuat orang tertawa terbahak-bahak, inspirasi kreatif, dan daftar panjang tips dan trik yang bisa mengubah hidup. Baru-baru ini, viral di TikTok tentang penggunaan DMDM hydantoin pada perawatan rambut, pernah dengar?

DMDM hydantoin adalah bahan pengawet yang digunakan dalam produk kosmetik. Bahan ini mendapatkan banyak perhatian mengingat beberapa gugatan terhadap perusahaan perawatan rambut besar, karena menggunakan DMDM hydantoin, yang diduga menyebabkan kerontokan rambut.

Saat pengguna TikTok mengetahui tentang tuntutan hukum tersebut, tiba-tiba banyak video di aplikasi tersebut yang mengklaim bahwa DMDM hydantoin menyebabkan kerontokan rambut dan iritasi kulit kepala, harus dihindari dengan cara apapun. Akhirnya, instyle.com bicara dengan beberapa pakar untuk membahas bahan ini.

Menurut Gretchen Friese, trichologist bersertifikat di BosleyMD, DMDM hydantoin adalah pengawet pelepas formaldehyde antimikroba yang ditemukan dalam produk seperti sampo, kondisioner, gel rambut, dan produk perawatan kulit. Menurutnya, bahan ini bekerja untuk membantu mencegah pertumbuuhan jamur, ragi, dan bakteri berbahaya, dan karenanya bisa memperpanjang umur simpan produk kosmetik.

 

Jadi, apakah DMDM hydantoin aman digunakan?

Fakta Penggunaan DMDM Hydantoin dan Formaldehyde dalam Perawatan Rambut yang Viral di TikTok
Ini dia fakta penggunaan DMDM hydantoin dan formaldehyde yang viral di TikTok.

Kandungan formaldehyde menjadi perhatian karena bisa menjadi karsinogen, bila digunakan dalam konsentrasi tinggi, menurut CDC. Ini juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit, terutama pada mereka yang alergi terhadap formaldehyde.

Konon, DMDM hydantoin hanya melepaskan sedikit formaldehyde, kira-kira setara dengan jumlah yang secara alami ditemukan dalam buah pir atau apel berukuran sedang. Menurut para ahli, DMDM hydantoin aman sebagai bahan kosmetik pada tingkat penggunaan normal dalam produk.

Menurut Cosmetic Ingredient Review, aman menggunakan DMDM hydantoin sebagai bahan kosmetik pada kadar 0,074% atau kurang. Digunakan pada tingkat tertentu, bahan ini dianggap aman.

Tapi beberapa produsen memilih untuk menghilangkannya karena kekhawatiran konsumen yang meningkat. Yang harus mewaspadai penggunaan DMDM hydantoin dalam produk perawatan adalah mereka dengan kulit sensitif, karena bahan ini dikenal sebagai alergen, bukan semata karena viral di TikTok.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela