Sukses

Beauty

Alasan Rambut Lepek dan Cara Merawatnya

Fimela.com, Jakarta Jika kamu berurusan dengan rambut lepek, kamu mungkin pernah bertanya-tanya mengapa rambutmu mudah sekali berminyak, benar? Memiliki rambut lepek bisa membuatmu merasa telah melakukan perawatan rambut yang kurang tepat.

Sebenarnya ada banyak alasan berbeda yang membuat rambut lepek atau cepat berminyak. Alasan utamanya adalah kondisi kulit kepala.

Dilansir dari self.com, kulit kepala dipenuhi dengan kelenjar minyak, sama seperti wajah. Produksi minyak ini dikendalikan oleh gen dan ini bukan sesuatu yang bisa kita kendalikan begitu saja.

Walaupun kita tidak bisa mengontrol genetika, yang juga bertanggung jawab untuk prodiksi hormon dan jenis rambut, ada beberapa cara mengelola penumpukan minyak di ujung dan akar rambut. Misalnya, kamu bisa mengubah kebiasaan mencuci rambut atau menyesuaikan sampo yang kamu gunakan untuk mengatasi rambut lepek.

 

 

Kenapa rambut mudah lepek dan cepat berminyak?

Jawaban paling umumnya, adalah karena tidak cukup sering dicuci. Terutama jika kamu cenderung memiliki kulit kepala berminyak, penting untuk mencuci rambut lebih sering daripada yang seharusnya, untuk membantu menghilangkan minyak yang menumpuk dari rambut.

Seberapa sering kamu perlu mencuci rambut sangat bergantung pada hal-hal seperti jenis rambut, seberapa banyak kamu berolahraga, dan banyak hal lainnya. Jika rambut tetap sangat berminyak setelah kamu mencucinya, ada beberapa alasan potensial di balik ini.

Mencuci rambut secara berlebihan akan menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Tubuh memperbaikinya dengan memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan minyak yang hulang, yang kemudian menciptakan penumpukan dan membuat rambut terasa dan terlihat lebih berminyak.

Para ahli menyarankan untuk mencuci rambut setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. Jika kulit kepala yang berminyak terasa membaik, kamu bisa bereksperimen dengan dry shampoo.

Menstruasi adalah faktor lain yang bisa menyebabkan rambut berminyak. Lonjakan kadar hormon yang terjadi di awal menstruasi bisa menyebabkan kelenjar minyak menjadi berlebih dan membuat kulit kepala terasa lebih berminyak.

Mengikat rambut ke belakang terus menerus juga bisa membuat rambut lebih berminyak. Gaya rambut ini menyebabkan akumulasi minyak dan kotoran pada kulit kepala, yang pada dasarnya semua kotoran terperangkap di celah-celah kecil di antara untaian karet.

Produk perawatan yang cocok untuk rambut yang mudah lepek dan cepat berminyak

Para ahli sepakat bahwa produk sampo dengan bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuhan dan minyak bisa membantu mengatasi rambut berminyak. Carilah sampo dengan label "clarifying" yang umumnya merupakan sampo yang bagus untuk rambut berminyak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading