Sukses

Beauty

Tips Menggunakan Minyak Kayu Putih untuk Merawat Kulit Kepala dan Rambut

Fimela.com, Jakarta Minyak kayu putih berasal dari pohon kayu putih (Eucalyptus globulus) yang berasal dari Australia. Minyak disuling dari daun segar dan pucuk cabang pohon.

Minyak kayu putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur, menjadikannya sangat bermanfaat di banyak produk. Kamu mungkin terkejut jika mendengar bahwa minyak kayu putih juga sangat bermanfaat untuk rambut, dari mengatasi kulit kepala kering dan gatal karena ketombe atau dermatitis, serta mencegah munculnya kutu rambut.

Sebenarnya minyak kayu putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu menyembuhkan dan mengobati berbagai kondisi kesehatan. Karena tanaman ini berasal dari Australia, minyak kayu putih juga digunakan pada luka dan untuk menyembuhkan infeksi jamur, seperti dilansir dari byrdie.com.

 

 

Manfaat minyak kayu putih dalam rutinitas perawatan rambut

1. Menenangkan kulit kepala

Minyak kayu putih bisa membantu meredakan kulit kepala yang gatal dan bersisik. Studi telah membuktikan bahwa minyak kayu putih memiliki sifat anti inflamasi dan bisa membantu menenangkan peradangan di kulit kepala.

2. Membantu mengobati ketombe atau dermatitis seboroik

Minyak kayu putih terkenal karena sifat anti jamurnya, yang menjadikannya bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit kepala kering dan gatal.

3. Berpotensi meningkatkan pertumbuhan rambut

Sifat anti inflamasi yang dimiliki minyak kayu putih bisa membantu pertumbuhan rambut, tapi belum ada data klinis yang mendukung hal ini.

4. Mencegah rambut berminyak

Minyak kayu putih membantu mengatur produksi minyak dan bakteri yang terkait dengan kulit kepala berminyak. Minyak kayu putih membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit kepala dan menyebabkan akar menjadi kurang berminyak.

5. Mengatasi rambut berkutu

Selain membantu menenangkan kulit kepala yang kering, gatal, bersisik, minyak kayu putih juga bermanfaat untuk mengobati kutu kepala.

6. Melindungi dari sinar UV

Minyak kayu putih juga bermanfaat untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari sinar UV. Sebuah studi terbaru bicara tentang potensi minyak kayu putih dalam mengurangi penuaan yang disebabkan oleh UVB.

Pertimbangan jenis rambut dan kondisi kulit kepala

Siapapun yang memiliki kulit kepala kering, gatal, dan bersisik, bisa memanfaatkan minyak kayu putih ke dalam rutinitas perawatan rambut mereka. Namun, ini tidak direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit sensitif, karena terlepas dari semua manfaatnya, minyak kayu putih berpotensi sangat tinggi menyebabkan sensitivitas dan reaksi kulit yang serius saat digunakan dalam jumlah besar.

Minyak kayu putih juga tidak dianjurkan untuk digunakan pada bayi dan anak di bawah usia 5 tahun. Penggunaan minyak kayu putih ini disarankan atas di bawah pengawasan profesional.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading